Agama

12 Keajaiban Waktu Sholat Tahajud Beserta Cara Pelaksanaannya

Santrigaul – Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan waktu malam hari sebanyak-banyaknya atau tidak dibatasi sama sekali pada jumlah rakaatnya, tetapi setiap 2 rakaat tetap diakhiri dengan salam. Adapun Waktu untuk mengerjakan sholat sunnah tahajud adalah setelah mendirikan sholat isya’ sampai terbitnya fajar. Syarat dari mendirikan sholat tahajud adalah harus tidur terlebih dahulu atau selepas tidur baru bisa mendirikan sholat tahajud, walaupun tidur itu hanya sebentar.

Jadi, apabila mendirikan sholat tahajud tanpa melaksanakan tidur terlebih dahulu maka sholat tersebut bukanlah sholat tahajud, melainkan hanya sholat sunnah biasa atau sholat sunnah witir. Waktu untuk mendirikan sholat tahajud dikerjakan setelah sholat isya dan bangun tidur, tanpa kedua faktor tersebut maka tidak sah sholat tahajudnya.

Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

waktu sholat tahajud ada pad sepertiga malam

maramissetiawan.wordpress.com

Waktu sepertiga malam merupakan waktu terbaik untuk mendirikan sholat tahajud. Walaupun tidak ada ayat Al-Qura’an ataupun Hadits yang menerangkan waktu yang tepat untuk mendirikan sholat tahajud, namun ataurannya tetap untuk mendirikan sholat tahajud, yaitu selepas sholat isya dan harus tidur terlebih dahulu walaupun hanya sebentar.

  • Sepertiga malam pertama dari sekitar jam 19.00 sampai dengan jam 22.00. Ini merupakan saat-saat yang utama untuk mendirikan sholat tahajud. Ada juga yang mengatakan bahwa sholat tahajud dapat didirikan mulai dari jam 19.30 sampai dengan 22.30.
  • Sepertiga malam kedua dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00 pagi. Ini merupakan waktu yang lebih utama dari pada sepertiga malam yang pertama.
  • Sepertiga malam yang terakhir adalah dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu sholat shubuh. Ini merupakan waktu yang paling utama dibandingkan sepertiga malam yang pertama dan yang kedua.

Salah satu amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW adalah sholat tahajud. Berdasarkan hadits riwayat Ahmad Aisyah R.A mengatakan: “Rasulullah SAW mengerjakan sholat malam (tahajud) setelah beliau mengerjakan sholat isya hingga waktu fajar menyingsing.” Dalam riwayat yang lain juga mengatakan bahwa Rasulullah SAW tidur sedikit dan waktu malamnya banyak digunakan untuk beribadah.

Sholat tahajud ibadah Rasulullah yang tidak pernah putus

www.fiqhmenjawab.net

Rasulullah SAW bersabda; “Setiap malam Allah turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terakhir. Ia (Allah) berkata: “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang ia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hambaku yang beristighfar sehingga Aku ampuni dosanya?” (H.R Al Bukhori nomor 1145 dan Muslim nomor 758)

Cara Mengerjakan Sholat Tahajud

Cara mendirikan sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat-sholat sunnah lainnya. Pada umumnya setiap sholat diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam, bedanya hanya pada niatnya saja. Tidak ada batasan rakaat pada sholat tahajud, tetapi setiap dua rakaat dipisah dengan salam.

  • Diawali dengan Niat
bacaan-niat-shalat-tahajud

rukun-islam.com

Bacaan niat sholat tahajud:

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah tahajud 2 rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Membaca Surat Al-Fatihah.
  • Membaca surat-surat pilihan atau surat-surat pendek.
  • Membaca doa setelah sholat tahajud.

Doa-doa yang dibaca setelah sholat tahajud ialah diawali dengan bacaan dzikir seperti Istighfar, tahlil, tasbih, tahmid, takbir beserta sholawat kepada Nabi. Usahakan setiap dzikir dihitung sebanyak seratus kali yang kemudian dilanjutkan dengan membaca sholawat.

Doa setelah Sholat Tahajud

doa setelah sholat tahajud

fazaw zenciko.blogspot.com

Jika doa ini terlalu panjang dan sulit untuk menghafalkan, maka cukuplah dengan apa yang diyakini dan apa yang ingin dipanjatkan kepada Allah SWT. Setelah selesai mendirikan sholat tahajud dan jika masih merasa ngantuk, maka tidak ada salahnya untuk tidur kembali. Sebelum tidur hendaknya membaca ayat kursi, surat Al-Ikhlas, Al Falaq, An-Naas. Jika tidak ingin tidur lebih baiknya dengan membaca Al-Qur’an.

12 Keajaiban Sholat Tahajud

  • Sholat tahajud merupakan tiket menuju surga.

Abdullah bin Muslin berkata: “Kalimat pertama yang aku dengar dari Rasulullah SAW ketika itu adalah, “Hai manusia sekalian! Sebarkanlah salam, berikanlah makanan (kepada fakir miskin), sambungkanlah silaturrahmi, dirikanlah sholat malam ketika manusia  yang lainnya tertidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (H.R Ibnu Majah)

  • Amalan yang menolong ketika di Akhirat

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata arit, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah melakukan hal-hal yang baik (di dunia). Mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam hari dan diakhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (Q.S Az Zariyat: 15-18)

  • Pembersih hati dan Jasmani.

Salman Al-Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Dirikanlah sholat malam, karena sesungguhnya sholat malam itu adalah kebiasaan orang-orang yang sholeh sebelum kamu, (sholat malam) mendekatkan kamu kepada tuhanmu, (sholat malam) sebagai penebus perbuatan buruk dan mencegah perbuatan dosa dan menghindarkan dari penyakit yang menyerang tubuh.” (H.R Ahmad)

  • Sarana meraih kemuliaan

Rasulullah SAW bersabda: “Jibril mendatangiku dan bersabda, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah apa yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah sholat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain. (H.R Al-Baihaqi)

  • Jalan mendapatkan Rahmat Allah

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam kemudian melaksanakan sholat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak ia memercikan air kewajahnya. Juga merahmati bagi wanita yang bangun malam kemudian mendirikan sholat dan membangunkan suaminya. Jika suaminya menolak percikkanlah air kewajahnya.” (H.R Abu Dawud)

  • Sarana pengabulan doa.
doa setelah tahajud adalah mustajab

www.islam.com

Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan sholat tahajud dengan ikhlas. Dari Jabir berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya malam hari ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat pasti Allah SWT akan memberinya, itu berlangsung setiap malam.” (H.R Muslim)

  • Penghapus dosa dan kesalahan.

Dari Abu Umamah Al-Bahili berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Lakukanlah qiyamul lail, karena itu kebiasaan orang sholeh sebelum kalian, bentuk dari pendekatan (kepada Allah SWT), penghapus dosa dan penghalang berbuat salah.” (H.R At-Tirmidzi)

  • Penjaga kesehatan rohani.

Allah SWT menyatakan bahwa orang yang sering mendirikan sholat tahajud memiliki sifat rendah hati dan ramah kepada orang lain. Ini karena Ketenangan yang didapat dari setiap malam, sholat tahajud sendiri merupakan refleksi ketenangan jiwa.

Allah Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64)

  • Menjaga kesehatan jiwa.

“Hendaklah kalian bangun malam, sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah Swt, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tarmidzi)

  • Waktu yang mustajab untuk berdoa.

Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”, Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalat waktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)” (HR. Abu Daud)

  • Melepaskan belenggu setan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengan cukup lama. Apabila seseorang itu bangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila ia berwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila di shalat akan terbukalah ikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa.”

  • Jalan untuk mendapatkan jalan yang terpuji.

Allah SWT berfirman, ““Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>