Ilmu

10 Daftar Sungai Terpanjang Di Indonesia

Santrigaul.net – Indonesia merupakan negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Negara Indonesia diapit oleh dua benua besar yaitu Asia dan Australia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 13.000 pulau dari ujung ke ujung negara dan nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.

Indonesia sendiri juga termasuk negara yang memiliki jumlah penduduk ke-4 terbesar di dunia dengan jumlah populasi sebanyak 237 juta jiwa penduduk pada tahun 2010. Indonesia memiliki alam yang luar biasa di setiap pulaunya. Flora dan fauna yang sangat beragam membuat negara Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki Flora dan Fauna terbanyak di dunia.

10 Sungai Terpanjang Di Indonesia

Karena Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam pulau, di setiap pulaunya terdapat keunggulannya masing-masing, salah satu yang menjadi kebanggaan adalah memiliki sungai yang panjang. Di Indonesia terdapat 10 sungai terpanjang yang menjadi kebanggaan dan landmark daerah tersebut.

Berikut 10 sungai terpanjang di Indonesia:

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas termasuk sungai terpanjang di Indonesia

iandini.wordpress.com

Panjang sungai : 1.143 km
Mata air : Pegunungan Muller
Hilir : Selat Karimata
Lokasi : Kalimantan Barat

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km. Sungai ini memiliki perang yang penting dalam transportasi dan mencari nafkah dan makan. Karena sungai ini sangatlah panjang dan lebar, sungai ini sering digunakan sebagai jalur transportasi air oleh penduduk sekitar hilir sungai tersebut.

2. Sungai Mahakam

Sungai mahakam merupakan sungai terpanjang kedua di Indonesia

www.jayanjayan.com

Panjang sungai : 920 km
Hilir : Selat Makassar
Mata air : Gunung Cemaru
Lokasi : Kalimantan Timur

Sungai mahakam merupakan sungai terpanjang kedua di Indonesia dan juga sungai terpanjang kedua di pulau Kalimantan. Dengan panjang mencapai 920 km sungai tersebut juga digunakan sebagai transportasi air sebagai jalur utama penduduk sekitar hilir sungai sama seperti sungai Kapuas. Di sungai ini terdapat ikan pesut mahakam yang kini terancam punah.

3. Sungai Barito

sungai barito merupakan sungai terbesar ketiga di Indonesia

dianakusumaa.blogspot.com

Panjang sungai : 909 km
Mata air : Pegunungan Muller
Hilir : Laut Jawa
Lokasi : Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan

Sungai Barito atau ada juga yang menyebutnya dengan sungai Banjarmasin dan ada juga yang menyebutnya dengan sungai Banjar Besar. Barito sendiri diambil dari nama tanah Barito yang berada di hulu sungai tersebut yang mana wilayah tersebut juga termasuk wilayah Kalimantan Tengah.

Sebagai sungai terpanjang ke-3 di Indonesia dan di Kalimantan dengan hulu sungai menuju laut Jawa, sungai ini sering di manfaatkan sebagai sarana transportasi air dan tempat jual beli di pasar apung.

4. Sungai Batang Hari

sungai batang hari merupakan sungai terbesar ke empat di Indonesia

rachmawan.wordpress.com

Panjang sungai : 800 km
Mata air : Gunung Rasan
Hilir : Muara Sabak (Timur dari Pulau Sumatera)
Lokasi : Sumatera Barat dan Jambi

Sungai Batang Hari merupakan sungai terpanjang yang ada di pulau Sumatera dengan panjang mencapai 800 km. Mata air berasal dari gunung Rasan yang memiliki ketinggian 2585 mdpl. Sungai Batang Hari memiliki banyak muara yang diantaranya Batang Sangir, Batang Merangin dan lain sebagainya. Sehingga pada zaman dahulu sungai ini membawa banyak sekali deposit emas yang menjadikan mendapatkan nama legendaris yaitu sungai emas.

5. Sungai Musi

sungai musi  merupakan sungai terpanjang kelima di Indonesia

www.triptrus.com

Panjang sungai : 750 km
Mata air : Kepahiang, Bengkulu
Hilir : Sungsang
Lokasi : Sumatera Selatan

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang kedua yang ada di pulau Sumatera yang bertepatan di provinsi Sumatera Selatan. Dengan panjang mencapai 750 km, sungai ini membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Agar kota tersebut tetap menjadi satu maka dibangunlah Jembatan Ampera yang juga menjadi ikon utama kota Palembang.

6. Sungai Mamberamo

sungai mamberamo  merupakan sungai terpanjang keenam di Indonesia

marvinyoafifi.blogspot.com

Panjang sungai : 670 km
Mata air : Beberapa anak sungai utama, yaitu Tariku, Van Daalen dan Taritaru
Hilir : Samudera Pasifik
Lokasi :Kabupaten Sarmi, Papua

Sungai Mamberamo berada di pulau Irian Jaya yang bertepatan di daerah Kabupaten Sarmi, Papua. Nama Mamberamo sendiri merupakan bahasa Dani yang memiliki arti “Mambe” sebagai ‘besar’ dan “Ramo” sebagai ‘air’. Banyak suku yang tinggal dipinggiran sungai ini karena sungai tersebut memiliki banyak sekali keanekaragaman flora dan fauna. Ada juga yang menjulukinya sebagai amazonnya Papua dan juga sunga Mamberamo merupakan sungai terbesar di Indonesia.

7. Sungai Bengawan Solo

sungai bengawan solo merupakan sungai terpanjang ke tujuh di Indonesia

kelompoktikeqy84.blogspot.com

Panjang sungai : 548 km
Mata air : Pegunungan Kidul Wonogiri dan Ponorogo
Hilir : Laut Jawa
Lokasi : Jawa Tengah dan Jawa Timur

Sungai Bengawan Solo memiliki panjang sekitar 548 km yang mengalir melewati 2 provinsi di Jawa, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Disebut dengan sungai “Bengawan” karena memiliki arti “sungai yang besar” dalam bahasa Jawa.

Sejarah mencatat bahwa sungai ini terbentuk karena akibat dari desakan lempengan Indo-Australia yang mendesak pulau jawa. Aktivitas yang biasa dilakukan di pinggiran sungai biasanya digunakan sebagai pertanian seperti padi dan kacang tanah. Tetapi ketika aliran sungai sedang deras, kemungkinan terjadi erosi sangatlah tinggi.

8. Sungai Digul

sungai digul merurpakan sungai terpanjang kedelapan di Indonesia

dianakusumaa.blogspot.com

Panjang sungai : 525 km
Mata air : Pegunungan Maoke
Hilir : Laut Arafuru
Lokasi : Pulau Papua

Sungai Digul merupakan sungai yang memiliki beberapa anak sungai yang diantaranya adalah sungai Mappi yang menghubungkan antara kabupaten Mappi dan Boven Digul. Tipe sungai ini melebar dan akan menjadi coklat aliran airnya ketika musim penghujan, karena sungai ini kepekatan lumpurnya cukup tinggi. Di sungai ini banyak sekali flora dan fauna yang jarang ditemukan di sungai-sungai yang ada di kota-kota biasa.

9. Sungai Indragiri

sungai indragiri merupakan

gumbilikayu.wordpress.com

Panjang sungai : 500 km
Mata air : Sungai Ombilin dan sungai Sinamar
Hilir : Selat Malaka
Lokasi : Provinsi Riau

Tidak hanya sungai Musi dan sungai Batanghari yang terpanjang di pulau Sumatera, tetapi sungai Indragiri juga termasuk sungai terpanjang di pulau Sumatera. Sungai ini biasanya sangat nyaman di jadikan tempat nongkrong bagi anak muda, karena aliran airnya yang kalem dan pemandangannya cukup indah menjadikannya pilihan untuk ditongkrongin.

10. Sungai Seruyan

sungai seruyan merupakan sungai terpanjang kesepuluh di Indonesia

raymangapul.wordpress.com

Panjang sungai : 350 km
Mata air : Bagian tengah Pulau Kalimantan
Hilir : Laut Jawa
Lokasi : Kalimantan Tengah

Sungai ini termasuk sungai yang terpanjang di pulau Kalimantan. Dengan panjang mencapai 350 km menjadikan pulau Kalimantan sebagai pulau yang memiliki sungai terpanjang terbanyak. Sungai ini memiliki kedalaman rata-rata 6 m dan lebar 300 m.

Semoga dengan ini dapat memberikan informasi yang valid bagi kamu yang sedang mendapatkan tugas dalam mencari daftar sungai terpanjang di Indonesia. Jangan sampai karena masalah dunia kamu merusak alam sekitar, bisa jadi hal itu menyebabkan bencana alam Barakallah semuanya.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>