Agama

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Beserta Keutamaannya

Santrigaul.net – Istighfar merupakan bacaan untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Istighfar biasanya cukup dibaca dengan bacaan Astaghfirullah, Astaghfirullahal ‘Adzim, lengkapnya Astaghfirullahal ‘Adzim alladzii laa ilaaha illa huwa-l-hayyu-l-qoyuum wa atuubu ilaik.

isitghfar merupakan doa meminta ampunan kepada Allah SWT

www.abufurqan.net

Istighfar merupakan bacaan yang digunakan ketika seseorang meminta ampunan kepada Allah SWT, tidak harus ketika waktu beribadah saja, tetapi kapan saja dan dimana saja (kecuali di kamar mandi) kamu dapat membaca istighfar. Arti dari Astaghfirullah adalah “aku meminta ampunan kepada Allah”. Kamu membaca istighfar ketika kamu merasa telah melakukan suatu pekerjaan yang bernilai dosa, besar ataupun kecil. Karena manusia tidak akan pernah luput dari dosa.

Kamu membaca istighfar tanda bahwa kamu telah melakukan perbuatan yang bernilai dosa dan mengharapkan ampunan kepada Allah SWT. Seorang muslim hendaknya membaca istighfar tidak hanya ketika habis selesai ibadah sholat saja, tetapi ketika hendak mencegah perbuatan buruk orang lain atau ketika mendapatkan sebuah perbuatan buruk dari orang lain hendaknya membaca istighfar.

sayyidul istighfar merupakan raja dari segala doa ampunan.

www.maxforums.net

Sayyidul istighfar merupakan bacaan istighfar yang paling utama dan yang paling baik. Karena sayyidul istighfar merupakan raja atau kepala dari semua macam doa meminta ampunan. Dianjurkan untuk membaca doa sayyidul istighfar selesai dari mengerjakan sholat sebanyak tiga kali.

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

“Allahumma anta Rabbi, laa ilaaha illaa anta kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, a’udzubika min syarri maa shona’tu, abuu u laka bini’matika ‘alayya wa abuu u bidzambii faghfir lii fainnahu laa yaghfirudz dzuunuuba illa anta.”

Artinya:

“Ya Allah Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang patut disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang telah mencitptakanku, dan aku adalah hamba-Mu dan diatas ikatan janji-Mu yang aku jalankan semampuku, aku berlindung kepada-Mu dari segala perbuatan jelek yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka Ampunilah aku, Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Fadhillah Membaca Sayyidul Istighfar

مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوقِنًا بِهَا ، فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ قَبْلَ أَنْ يُمْسِىَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهْوَ مُوقِنٌ بِهَا ، فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهْوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang mengucapkannya (sayyidul istighfar) pada siang hari dan meyakininya (ampunannya akan diterima oleh Allah), kemudian dia mati pada hari itu sebelum waktu sore maka dia termasuk golongan penghuni surga, dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, kemudian dia mati sebelum waktu pagi tiba maka dia termasuk golongan penguhuni surga.”

Hadits shohih tersebut diriwayatkan oleh:

  • Al Bukhori dalam shohihnya no 63o3, 6323 dan al Adabul Mufrad no 617, 620.
  • An Nasa-i, as Sunnanul Kubra no 9763, 10225.
  • Ath Thabarni dalam kitabnya al Mu’jamul Kabir no 7172 dan al Mu’jamul Ausath no 1018 dan kitab ad Du’aa no 312-313.
  • Ibnu Hibban dalam kitab at Ta’liiqaatul Hisaan no 928-929.

Kesimpulan

Walaupun sayyidul istighfar merupakan kepala atau raja dari semua istighfar atau berbagai macam doa meminta ampunan, tetap saja jangan pernah meninggalkan bacaan istighfar yang biasanya diucapkan. Karena itu merupakan dzikir kita kepada Allah untuk menabung permintaan ampunan kepada Allah di hari kiamat nanti.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang diampuni dosanya oleh Allah SWT. Barakallah semuanya.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>