Ilmu

Pengertian dari Global Warming Beserta Penyebabnya

Zaman semakin maju ini bumi bukannya tambah berkembang, tetapi malah dalam keadaan yang memperihatinkan akibat ulah penghuninya sendiri.

Santrigaul – Global warming atau yang umumnya di dengar adalah pemanasan global adalah hal yang paling sering diperbincangkan dan menjadi topik yang serius untuk saat ini dan telah menjadi isu bersama bagi setiap belahan dunia. Banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan adanya pemanasan global yang dampaknya sangatlah buruk bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan serta seluruh alam yang ada di bumi.

Sederhananya yang dimaksud dengan global warming adalah meningkatnya suhu rata-rata diatas permukaan bumi, baik itu di darat, udara dan laut sehingga suhu bumi akan menjadi panas dan semakin panas.

Pengertian Global Warming Menurut Para Ahli

Para ahli pun berpendapat semua tentang masalah serius ini:

National Wildlife Federation menjelaskan bahwa global warming merupakan peristiwa dimana semakin lama bumi akan semakin panas, hujan dan banjir semakin deras, badai-badai menerjang dengan hebat dan kekeringan yang sangat berlebihan. Berbagai kejadian tersebut merupakan dampak yang nyata akibat dari pemanasan global di bumi ini. Pemanasan global juga mengubah landscpe kehidupan yang ada dibumi dan mematikan spesies-spesies makhluk hidup yang ada di bumi.

Nature Resources Defense Council menyatakan bahwa global warming adalah krisis lingkungan dan kemanusiaan terbesar yang terjadi pada zaman sekarang. Atmosfer bumi yang terus meningkat suhunya akibat terperangkapnya gas karbondioksida yang dapat mengancam perubahan iklim dunia dan dapat menimbulkan bencana bagi penghuni permukaan bumi. NRDC juga menghimbau kepada seluruh ummat manusia untuk bertindak melawan pemanasan global agar efek buruk yang akan terjadi akan berkurang bagi kehidupan manusia.

Asosiasi Energi Matahari New Mexico menjelaskan bahwa dengan meningkatnya suhu di permukaan buni yang mana akibat terperangkapnya panas matahari karena terhalangnya gas emisi karbondioksida di atmosfer yang diakibatkan kendaraan bermotor, polusi udara hasil dari pabrik-pabrik atau industri dan kebakaran hutan yang parah.

Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat Menyatakan bahwa pemanasan global adalah penigkatan suhu rata-rata pada permukaan bumi, baik yang sudah berlalu ataupun yang sedang terjadi sekarang ini. Sebagian besar kejadian ini diakibatkan dari peristiwa efek rumah kaca pada atmosfer bumi. Hal ini dapat penyebabkan kekacauan perubahan iklim di dunia.

Penyebab Pemanasan Global

Global warming atau pemanasan gobal terjadi pastinya ada penyebabnya, antara lain:

Model Rumah Kaca

Model rumah kaca yang mengakibatkan meningkatnya suhu permukaan bumi.

gambarrumahz.blogspot.com

Yang menjadi penyebab utama dalam pemanasan global adalah dimana model rumah kaca, baik untuk rumah-rumah, gedung-gedung tempat kerja yang menggunakan konsep bangunan kaca ini mengakibatkan memantulnya cahaya ke udara dan bukannya menyerap sinar matahari. Sehingga dampaknya adalah bertambahnya dan meningkatnya suhu di permukaan bumi.

Pemborosan Listrik

pemborosan listrik juga termasuk yang menyebabkan global warming.

beritabuana.co

Listrik merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk zaman sekarang, bahkan hampir semua orang hidup bergantung dengan listrik, tetapi masih banyak orang yang belum sadar untuk menghemat dalam penggunaan listrik. Berbagai himbauan sudah dilakukan, namun pada kenyataannya adalah masih banyak orang yang belum bisa melakukannya. Listrik tidak dapat diciptakan dengan sendirinya, dengan pemakaian yang terlalu banyak sehingga membutuhkan tenaga yang lebih dan tentu saja bahan bakarnya juga bertambah. Inilah salah satu alasan mengapa harus hemat listrik. Sehingga pemborosan listrik ini bisa menjadi penyumbang terbesar dalam peningkatan pemanasan global.

Bahan Bakar

Sisa pembakaran dari bahan bakar sangatlah tidak baik, sehingga dapat menimbulkan global warming.

www.unisifm.com

Setiap kendaraan pasti membutuhkan bahan bakar. Tetapi sisa hasil dari pembakaran kendaraan tersebut sangatlah mengganggu kesehatan dan memberikan efek tambah dalam pemanasan global dari polusi yang dihasilkan oleh kendaraan.

Polusi Udara Dari Industri dan Pabrik

Asap pabrik dapat menigkatkan potensi global warming semakin besar.

ipemanasanglobal.blogspot.com

Semakin banyak kebutuhan manusia akan kehidupannya, makin banyak pula industri dan pabrik yang berdiri. Sisi positifnya adalah dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan memenuhi segala kebutuhan manusia. Tetapi sisi negatifnya adalah asap hasil dari proses pabrik dan industri tersebut akan sangat merugikan bagi kondisi bumi sekarang.

Hutan yang Gundul dan Terbakar

hutan gundul dan terbakar dapat memperparah global warming.

www.forestclimatecenter.org

Banyak perusahaan-perusahaan yang dengan sengaja membakar dan menebang pohon hanya untuk keuntungan perusahaan tersebut. Padahal hutan memiliki sejuta manfaat di dalamnya, salah satunya adalah mencegah terjadinya banjir. Selain itu juga dapat mengurangi suhu panas yang ada di bumi yaitu dengan menyerap gas karbondioksida untuk dijadikan oksigen. Jika hutan di bakar dan di gunduli, maka akan melenyapkan manfaat yang luar biasa dari hutan dan hasil pembakaran hutan akan sangat merugikan bagi iklim bumi.

Kesimpulan

Dampak paling besar dari global warming adalah:

  • Suhu permukaan bumi akan terus meningkat.
  • Permukaan laut akan meningkat karena es di kedua kutub mencair.
  • Banyak terjadi kekeringan dan gagal panen di seluruh dunia.
  • Karena gagal panen yang berlebihan akan menjadikan bencana kelaparan.
  • Berbagai macam penyakit muncul karena tidak ada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.
  • Berbagai macam spesies makhluk hidup akan punah.
selamatkan bumi kita dari global warming.

reypadji.wordpress.com

Jika ingin hidup nyaman di bumi ini, maka sepatutnya agar mengurangi dan peduli akan dampaknya. Ketika bumi sudah dalam keadaan yang sangat mengenaskan, sebanyak apapun harta yang kita punya belum tentu dapat mengembalikan bumi seperti semula. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, cukuplah dengan menghemat dan mengurangi hal-hal yang dapat meningkatkan pemanasan global. Save Our World.

Itulah pembahasan mengenai Pengertian Global Warming, Penyebab & Dampaknya, semoga bisa membantu para pembaca untuk lebih mengetahui dan menambah wawasan serta bermanfaat bagi kita.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>