Jalan-jalan

Paket Umroh Murah Bersama Alia Wisata

Alia Wisata Biro Perjalanan Haji dan Umroh

RINDU TANAH SUCI…..?
MASIH LAMA MENUNGGU ANTRIAN HAJI…?

Alia Wisata mewujudkan impian anda & keluarga ke Baitullah … dengan biaya yang terjangkau + penerbangan terbaik di dunia….

Program Umrah Reguler Ar Rayyan 9 hari by Qatar
keberangkatan setiap Senin pekan 1 dan 3

Berangkat dari JOGJAKARTA via Jakarta,
Landing di MADINAH…..

Umroh murah alia wisata

santrigaul.net

Paket SILVER harga :
QUAD IDR 25.990.000,-
TRIPLE IDR 26.990.000,-
DOUBLE IDR 27.990.000,-

Hotel
Madinah – Al Shourfah Hotel (300 m dari Masjid Nabawi)
Makkah – Nawazi Hotel (250 m dari Masjidil Haram)

Paket GOLD harga :
QUAD IDR 32.490.000,-
TRIPLE IDR 33.990.000,-
DOUBLE IDR 35.990.000,-

Hotel

Madinah – Royal Inn (50 m dari Masjid Nabawi)
Makkah – Safwa Royal Orchid (depan Halaman Masjidil Haram)

Tersedia juga jadwal keberangkatan dan paket UMROH JUM’ATAIN (dua kali sholat jum’at) setiap KAMIS pekan 1 dan 3, Paket UMROH PLUS ke Kairo, Türkei, EROPA, dll

informasi hubungi
ALIA WISATA JOGJA
Jl.Jendral Gatot Subroto no 16
RT 02 Mandingan, Ringinharjo, BANTUL 55712
Telp 0274-453 7783
HP/WA 081 128 6163 (Arif)
HP/WA 0857 0102 5696 (Nunung)
PIN 7FA7F010

Kunjungi juga : aliahajiumroh.com

Mengapa Alia Wisata?

lambang alia wisataAlia Wisata berkomitmen sebagai pelayan terbaik untuk mayarakat dalam beribadah baik ibadah Umroh maupun Haji, dengan memberikan pelayanan yang berkualitas dengan Harga yang kompetitif. Hotel dan maskapai penerbangan yang digunakan oleh Alia Wisata adalah yang terbaik di kelasnya agar jama’ah mendapatkan kenyamanan dalam beribadah.Sebagai Agent terbaik se-Asia Tenggara pada tahun 2006.

Alia Wisata memberikan kemudahan pendaftaran bagi calon jamaah melalui Reservasi On-line dengan jadwal dan kepastian keberangkatan yang tetap dan kontinue. Selain itu Alia Wisata bekerjasama dengan beberapa perbank-an dalam mempermudah sistem pembayaran para jama’ah. Semua ini adalah Komitmen kami sebagai pelayan terbaik anda.

wisata umroh murah bersama alia wisata

santrigaul.net

Haji dan umroh merupakan ibadah ummat islam yang setiap tahun dilaksanakan di tanah suci Mekkah. Antara haji dan umroh hampir tidak ada bedanya sehingga bagi orang yang belum mengerti perbedaan antara haji dan umroh akan menganggap bahwa keduanya sama, padahal tidak sama. Untuk kali kami akan coba membahas tentang perbedaan keduanya.

Pengertian Ibadah Haji

Ibadah haji termasuk dalam rukun islam yang kelima dalam ajaran agama islam, hukum pelaksanaan haji adalah wajib bagi siapa saja yang mampu untuk melaksanakannya. Ibadah haji cukup dilaksanakan sekali dalam seumur hidup, tetapi di tanah suci Mekkah pelaksanaannya hampir setiap tahun mulai dari tanggal 9 Dzulhijjah hingga tanggal 13 Dzulhijjah.

Paket murah bersama alia wisata

www.kabarmakkah.com

Ibadah haji dimulai pada tanggal 9 Dzulhijjah yang merupakan waktu dimana seluruh jamaah haji diseluruh dunia berkumpul dalam satu tempat, yaitu di padang Arofah. Selain itu ibadah haji membutuhkan waktu pelaksanaan yang lebih lama karena masalah jarak dan jumlah jamaah yang tiap tahun bertambah.

  • Mengapa tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah haji dalam satu waktu?

Karena tanah suci kota Mekkah tidak bisa menampung langsung jutaan orang dalam satu waktu. Diperlukan kuota tiap negara untuk membatasi jumlah jamaah tiap tahunnya. Pada saat itu juga Negara Arab Saudi selaku tuan rumah sedang berusaha terus meningkatkan fasilitas dan kenyamanan selama ibadah haji berlangsung.

  • Apakah kita bisa melaksanakan haji diluar waktu yang sudah ditentukan?

Tidak bisa, karena pelaksanaan ibadah haji sudah tetap dimulai pada tanggal 9-13 Dzulhijjah dan pelaksanaannya juga tidak bisa ditempat lain, yaitu di kota Mekkah yang sebagai kota tempat kiblat seluruh ummat muslim di seluruh dunia yaitu Ka’bah.

Jika melaksanakan haji diluar waktu yang sudah ditetapkan maka ibadah tersebut tidak bisa dibilang ibadah haji, melainkan ibadah umroh.

Pengertian Ibadah Umroh

Ibadah umroh merupakan ibadah yang hukumnya sunnah untuk dilaksanakan, jadi bagi yang mampu ataupun tidak mampu mendapatkan keringanan untuk tidak mengerjakan ibadah umroh. Waktu pelaksanaan ibadah umroh juga tidak terbatas oleh waktu.

Paket umroh murah bersama alia wisata

news.okezone.com

Bahkan jika kamu mau melaksanakan ibadah umroh setiap hari tidak masalah kecuali ketika masuk pelaksanaan ibadah haji sedang berlangsung. Tidak jauh berbeda dengan haji, bedanya hanya kalau umroh tidak harus melaksanakan rukun-rukun haji.

Perbedaan Antara Haji dan Umroh

Disebutkan diawal bahwa perbedaan antara haji dan umroh hampir tidak terlihat bagi yang belum mengetahuinya. Berikut perbedaan-perbedaan antara haji dan umroh:

  • Ibadah haji hanya bisa dilaksanakan sekali dalam setahun – Ibadah umroh dapat dilaksanakan kapan saja tidak ada batasan waktu kecuali ketika hari-hari pelaksanaan ibadah haji.
  • Ibadah haji pelaksanaannya lebih lama karena rangkaian ritual ibadah haji itu lebih banyak memakan waktu.
  • Paling cepat dalam pelaksanaan haji adalah 4 hari. Sebenarnya bisa 3 hari, tetapi karena jumlah jamaah yang banyak membuatnya lama diperjalanan – Ibadah umroh paling cepat dilaksanakan cukup dengan jangka waktu 2-3 jam saja. Karena ibadah umroh hanya memiliki 3 pekerjaan ringan, yaitu berihram dari miqat, thawaf Ka’bah sebanyak 7 kali putaran dan berjalan kaki antara shafa dan marwa sebanyak 7 putaran dan yang terakhir adalah bercukur kemudian selesai.
  • Pelaksanaan ibadah haji lebih membutuhkan kekuatan fisik yang lebih kuatkarena faktor ritual yang lebih banyak – Ibadah umroh tetap membutuhkan fisik yang kuat tetapi tidak sesiap ibadah haji.

Tata Cara Pelaksanaan Haji

Sebelum pergi berangkat haji, tentunya para jamaah sudah dibekali dengan berbagai macam informasi yang harus para jamaah lakukan selama disana. Mulai dari melaksanakan rukun-rukun haji, syarat sahnya, hal-hal yang wajib dan sunnah maupun hal-hal yang dilarang selama pelaksanaan haji.

Rukun Haji

Haji dan umroh murah

sumut.kemenag.go.id

Rukun haji adalah suatu pekerjaan yang harus dilaksanakan dan apabila tidak dapat melaksanakannya maka dapat diganti dengan dam (membayar denda) kalau tidak maka hajinya batal (tidak sah). Ini dia rukun haji yang harus dikerjakan:

  1. Ihram
  2. Wukuf di Arofah
  3. Thawah Ifadlah
  4. Sa’i
  5. Tahallul/memotong rambut
  6. Tertib

Wajib Haji

Wajib haji adalah hal-hal yang harus dilaksanakan selama pelaksanaan haji dan apabila tidak dapat mengerjakannya hajinya tetap sah tetapi harus diganti dengan membayar dam. Berikut wajib haji:

  1. Ihram di Miqat
  2. Mabit di Muzdalifah
  3. Mabit di Mina
  4. Melempar Jumrah
  5. Thawaf Wada’

Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji

Diatas sudah dijelaskan rukun dan wajib haji yang harus dilaksanakan oleh setiap jamaah haji. Berikut urutan pelaksanaan kegiatan haji:

Sebelum Tanggal 8 Dzulhijjah

Seluruh jamaah haji berbondong-bondong melaksanakan Thawaf Quddum di Masjidil Haram dengan menggunakan pakaian Ihram (dua lembar kain yang tidak ada jahitannya yang merupakan pakaian khusus untuk haji). Kemudian berniat haji dan membaca bacaan Talbiyah.

Tanggal 9 Dzulhijjah

Paket Umroh murah bersama alia wisata

hamzahaha.wordpress.com

Pada pagi harinya seluruh jamaah haji menuju ke padang Arofah untuk melaksanakan ibadah wukuf. Selama disana para jamaah berdiam diri dan memperbanyak dzikir dan doa hingga manghrib menjelang.

Tanggal 9 Dzulhijjah Malam

Pada malam harinya para jamaah beranjak ke Muzdalifah untuk melaksanakan mabit (bermalam) dan mengambil batu untuk melontarkan jumroh secukupnya.

Tanggal 9 Dzulhijjah Tengah Malam

Seluruh jamaah beranjak ke Mina untuk melaksanakan Ibadah lontar jumroh. Mina merupakan tempat tinggal seluruh jamaah haji diseluruh dunia sehari semalam. Tempat lokasi untuk melempar jumroh ada 3, yaitu Jumroh Aqobah, Jumroh Wusto dan Jumroh Ula.

Tanggal 10 Dzulhijjah

Jamaah melaksanakan ibadah melempar jumroh sebanyak 7 kali. Tempat pertama yaitu Jumroh Aqobah merupakan simbol untuk mengusir setan. Setan merupakan simbol pengganggu ummat muslim yang sedang beribadah, maka lemparan batu merupakan tanda perlawanan kita kepada mereka. Lempar jumroh terus dilakukan sampai tanggal 13 Dzulhijjah. Tetapi untuk jamaah yang ingin mempercepat kepulangannya ke Mina dapat menyelesaikannya hingga tanggal 12 Dzulhijjah.

Hari Terakhir

Pada hari terakhir seluruh jamaah kembali ke Mekkah untuk melaksanakan Thawaf Wada’ sebelum pulang ke negaranya masing-masing. Hukum pelaksanaannya wajib sehingga jika tidak dikerjakan maka wajib membayar dam dengan menyembelih kambing. Thawaf Wada’ juga bisa disebut thawaf perpisahan karena itu merupakan kegiatan terakhir yang dilaksanakan dari seluruh rentetan kegiatan ibadah haji.

Macam-macam thawwaf:

  1. Thawaf Qudum ialah: thawaf selamat datang, yang dikerjakan ketika baru datang di kota Mekah bilamana tidak dikerjakan hajinya tetap sah, karana hukumnya sunnah.
  2. Thawaf Ifadhah ialah: thawaf yang termasuk rukun haji, bilamana tidak dikerjakan maka hajinya tidak sah karana hukumnya wajib.
  3. Thawaf sunah ialah, thawaf yang bila dikerjakan mendapat pahala dan bila tidak dikerjakan tidak berdosa.
  4. Thawaf Nadzar ialah, Thawaf yang dilakukan karena punya nadzar
  5. Thawaf wada’ ialah: sebagai thawaf pamitan, (thawaf selamat tinggal ) thawaf yang dikerjakan ketika akan meninggalkan kota Mekah, sedangkan hukumnya wajib, jika tidak mengerjakan maka harus membayar Dam.

Tata Cara Pelaksanaan Umroh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa umroh tidak sama dengan haji, walaupun tujuannya sama pergi ke Mekkah tetapi tetap saja rentetan kegiatannya tidak sama.

Persiapan

Sebelum berangkat menuju tanah suci, bacalah doa-doa sesuai sunnah yang telah diajarkan seperti doa berpamitan,doa keluar rumah, doa bersafar, doa tiba di miqat dan doa melakukan ihram. Biasanya dari panitia benyelenggara biro haji dan umroh menyediakan buku saku doa-doa selama perjalanan.

Ihram

Ihram untuk umroh dilakukan di miqat. Sebelum mengenakan pakaian ihram agar mandi besar terlebih dahulu, baru kemudian meluluri tubuh dengan minyak wangi dan kemudian kenakanlah pakaian ihram. Setelah itu membaca niat untuk pergi umroh.

Thawaf

Paket umroh murah bersama alia wisata

www.sapujagat.com

Sesampainya di Mekkah, merapikan barang-barang dan istirahat secukupnya langsung berangkat ke Masjidil Haram untuk melaksanakan thawaf. Selama perjalanan agar memperbanyak melantunkan doa talbiyah dan membaca doa-doa yang disunnahkan.

Thawaf mengitari Ka’bah sebanyak 7 kali dengan melawan arah jarah jarum jam. Setiap putaran diawali melalui Hajar Aswad dan diakhiri ditempat yang sama pula.

Sa’i

Setelah selesai thawaf, pergilah menuju bukit Shafa untuk melaksanakan Sa’i. Turunlah dari bukit Shafa menuju bukit Marwah, ketika sampai pada lampu berwarna hijau agar melakukan lari kecil bagi laki-laki sampai ke lampu hijau yang selanjutnya. Sesampainya di lampu hijau yang menuju bukit Marwah barulah dapat dihitung satu perjalanan.

Kemudian lakukan dengan cara yang sama menuju bukit Shafa kembali, lakukanlah sebanyak 7 kali perjalanan.

Tahallul

Setelah Sa’i terlaksana maka bagi para jamaah laki-laki untuk menggundul rambut kepalanya seperti yang pernah Rasulullah SAW lakukan beserta para sahabatnya. Bisa juga memotongnya saja tidak sampai gundul.

Dengan demikian selesailah rentetan ritual ibadah umroh.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>