Ilmu

6 Perkara Dalam Menuntut Ilmu

Assalamualaikum Wr Wb.

Kita berjumpa lagi sahabat santri gaul, kali ini saya akan membahas tentang 6 perkara menuntut ilmu. Sebelumnya saya jelaskan dulu kewajiban seorang muslim dalam menuntut ilmu, di dalam hadist disebutkan:

(طَلَبُ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ(رواه البخارى)

Artinya: “Menuntuti ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim dan muslimat” (HR Bukhori)

Nah dengan dalil di atas kita dapat mengetahui apa hukumnya belajar atau menuntut ilmu bagi kita semua tetapi di dalam menuntut ilmu ada 6 perkara yang harus kita penuhi terlebih dahulu, apa saja 6 perkara tersebut?

1. Kecerdasan.

Mengapa kecerdasan menjadi hal yang paling pertama? Karena untuk memudahkan dalam penyerapan ilmu yang diajarkan kita harus memiliki akal yang sehat berupa kecerdasan. Apakah kalian pernah mendengar orang gila atau orang yang memiliki penyakit jiwa pergi sekolah? Mungkin jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali.

2. Tamak Terhadap Ilmu.

Tamak atau rakus selalu di kaitkan dengan makan. Nah kalau sekarang kita kaitkan  tamak dengan menuntut ilmu, umpamanya jika seseorang yang tamak terhadap makanan maka ia tidak akan berhenti sampai ia benar-benar merasa kenyang. Sama seperti menuntut ilmu harus memiliki sifat tamak juga tetapi ilmu tidak akan pernah penuh jika di isi ke dalam otak justru sebaliknya otak akan meminta agar terus di isi sebanyak-banyaknya, maka dari itu jangan pernah berhenti untuk menuntut ilmu.

3. Kesungguhan.

migontor.wordpress.com 1

migontor.wordpress.com

Pernah mendengar sebuah kata mutiara berikut? “مَنْ جَدَّ وَجَدَ” yang artinya barangsiapa berungguh-sungguh maka dapatlah ia, jika ingin mendapatkan ilmu yang banyak maka kita harus bersungguh-sungguh dan berusaha untuk mendapatkannya. Di dalam kamus tidak pernah tertulis orang malas pasti akan sukses, tetapi justru sebaliknya orang yang bersungguh-sungguh dan berusaha yang akan sukses. Maka dari itu jangan bermalas-malasan dalam menuntut ilmu.

4. Harta Benda.

idr www.halomoney.co.id

www.halomoney.co.id

Di zaman era modern sekarang sudah mulai susah mencari sesuatu yang gratis, mulai dari barang-barang pokok sampai masalah pendidikan. Banyak sekolah yang menuntut pembayaran sekolah bagi setiap muridnya guna untuk kepentingan sekolah, mulai dari yang murah sampai mahal sekali ada semua bahkan tersebar di seluruh nusantara. Sudah mulai susah mencari lembaga pendidikan yang gratis, maka kita harus memiliki harta untuk dapat memnuhi segala kebutuhan untuk menuntut ilmu.

5. Mendekati Guru.

Maksudnya apa nih? Masa’ guru kita dekati? Maksudnya kita mendapatkan ilmu dari seorang guru, karena guru adalah tempat ilmu berada merkea yang telah mempelajari banyak ilmu dan memiliki banyak pengalaman dalam menuntut ilmu pasti membutuhkan tempat untuk mengamalkan ilmu yang telah mereka pelajari dulu. Kalu mau mendapatkan ilmu yang lebih dalam dan tinggi maka datangilah guru tersebut atau sering-sering bertanya yang mengajarkan ilmu yaitu kepada guru.

6. Umur yang Panjang.

Selagi kita masih diberi kesempatan untuk bernafas dan hidup di dunia oleh Allah SWT maka lebih baiknya kita menuntut ilmu sebanyak-banyaknya dan jangan sampai kita nanti ketika dipanggil oleh sang maha kuasa kita dalam keadaan tidak berilmu.

Dengan menjalankan 6 perkara tersebut kita sudah mendapatkan kunci dalam menuntut ilmu, tinggal bagaimana kita menjaganya dengan sebaik mungkin, bagaimana caranya? Dengan mengamalkannya dan memberikan ilmu itu kepada orang lain. العِلْمُ بِلَا عَمَلٍ كَالشَّجَرِ بِلَا تَمَرٍ Artinya ilmu jika tidak diamalkan itu bagaikan pohon yang tidak berbuah.

Sahabat santri gaul mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan.

Wassalamualaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>