Ilmu

9 Cara Mengatasi Susah Tidur

Tidur mungkin sebuah perkara yang sangat mudah,. Meskipun terlihat mudah, ternyata susah tidur bukanlah perkara yang ringan.

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Tidur mungkin sebuah perkara yang sangat mudah, jika merasa capek tinggal merebahkan diri diatas kasur, kemudian tunggu beberapa saat dan akhirnya tertidur. Meskipun terlihat mudah, ternyata susah tidur bukanlah perkara yang ringan. Banyak orang yang merasakan kesulitan dalam tidur dan ini bukanlah masalah sepele.

Orang yang merasa sulit tidur mengalami hal yang sangat tidak nyaman, yaitu tidak dapat terjaga tidurnya hingga larut malam. Padahal sudah merasa ngantuk tetapi masih saja sulit untuk dapat masuk ke dalam dunia mimpi (tidur). Penyakit susah tidur biasanya disebut insomnia, penyakit ini bukanlah sembarangan penyakit. Ada yang bilang kalau insomnia itu bukanlah penyakit melainkan sebuah kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang kali untuk dapat mempertahankan tidur.

Umunya penyebab insomnia adalah stress, faktor psikologis, perubahan jam kerja. Walaupun banyak orang yang menganggap sepele, jika seseorang sulit untuk tidur harus dicarikan solusinya:

Berdoa Sebelum Tidur

Gunanya berdoa sebelum tidur agar selama tertidur Allah akan mengirimkan 2 malaikat untuk menjaga seseorang selama tidur dan menjauhkan gangguan setan.

kisahislamiah.blogspot.com

Gunanya berdoa sebelum tidur agar selama tertidur Allah akan mengirimkan 2 malaikat untuk menjaga seseorang selama tidur dan menjauhkan gangguan setan. Jika mengalami mimpi buruk selama tertidur berarti itu merupakan gangguan setan.

Redupkan Lampu Selama Tertidur

Cahaya yang terang akan membuat kita kesulitan untuk tidur, selain kesulitan untuk tidur keadaan raungan yang terang biasanya akan membuat terbangun di waktu tengah malam. Dengan mengurangi cahaya ketika tidur maka ruangan yang agak gelap akan membuat seseorang tidur terasa nyaman.

Tempat Tidur Harus Nyaman

Apa daya jika sudah susah tidur sementara tempat tidurnya tidak memadai atau tidak nyaman. Sudah pasti yang di dapatkan adalah kesulitan untuk tidur. Gunakanlah bantal jika tidak memiliki kasur untuk tidur dan jika memiliki kasur usahakan kasur yang cukup nyaman. Kasur nyaman tidaklah harus mahal kok.

Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang cukuplah sepanjang 1 jam, karena jika terlalu lama akan berakibat susah tidur di malam harinya. Jika tidur siang terlalu lama akan menjadikan sulit tidur karena tenaga yang tersimpan banyak selama tidur siang.

Hindari Minum Kopi

Setiap kopi memiliki kandungan kafein yang mana kafein dapat meningkatkan kinerja jantung. Jika jantung bekerja lebih cepat dari biasanya maka akan mengakibatkan sulit untuk tertidur. Usahakan hindari minum kopi sebelum tidur atau diatas jam 9 malam, ini agar tidak terjadinya insomnia.

Jauhkan Jam dari Pandangan Mata

Mungkin sepele, tetapi ini sangatlah penting. Dengan melihat terus ke arah jam akan membuat semakin stress karena menghitung sisa jam yang bisa di gunakan untuk istirahat.

Merapikan Kamar yang Berantakan

Jika kamar dalam keadaan yang berantakan, usahakan di tata kembali hingga terlihat nyaman oleh mata. Ini sangat membantu ketika otak dalam keadaan panas dan dipenuhi dengan beban-beban pikiran. Dengan rapinya kamar maka suasana hatipun akan ikut merasa nyaman juga.

Atur Sirkulasi Udara Di Dalam Kamar

Jika di dalam kamar udara terasa pengap dan panas akan menyebabkan suasana juga panas. Untuk orang yang sedang stress dan dipenuhi pikiran ini adalah kondisi yang cukup berbahaya, karena dapat menyebabkan otak makin tidak nyaman dan dapat mengakibatkan lepas kendali. Aturlah sirkulasi udara di dalam kamar senyaman mungkin agar kamar terasa sejuk dan nyaman.

Minum Segelas Susu Hangat

Walaupun sudah dewasa jangan malu untuk minum susu. Karena dengan minum susu hangat perut akan terasa nyaman dan membuat tubuh juga merasa nyaman sehingga mudah untuk tertidur.

m.keepo.me

Walaupun sudah dewasa jangan malu untuk minum susu. Karena dengan minum susu hangat perut akan terasa nyaman dan membuat tubuh juga merasa nyaman sehingga mudah untuk tertidur.

Dengan menjaga pola tidur, maka juga menjaga kesehatan diri. usahakan untuk tidak bekerja secara berlebihan dan kerja dengan senyaman mungkin agar tidak terjadi Insomnia.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>