Ilmu

Manfaat Dibalik Air Wudhu yang Harus Anda Ketahui

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Pernahkan kalian berpikir mengapa Allah SWT memerintahkan ummat islam untuk berwudhu disetiap sebelum ibadah khususnya ibadah shalat? Mengapa Rasulullah SAW dan para sahabatnya selalu berusaha untuk menjaga wudhu?

Di dalam ajaran islam banyak sekali ibadah-ibadah yang terihat sederhana dan mudah untuk dilakukan dan ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan badan, seperti wudhu yang akan dibahas nanti.

Berikut doa yang dibaca sebelum berwudhu:

Niat wudhu yang dibaca sebelum berwudhu

lukmankhakim.blogspot.com

Kebersihan itu sebagian dari iman, kalau mensucikan diri lebih dari sekedar iman. Membersihkan diri dari kotoran yang menempel di tubuh dengan berwudhu, memang terlihat sangat sederhana sekali tetapi menyimpan manfaat yang begitu banyak.

Di dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman jika kamu hendak mengerjakan sholat maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku. Usaplah kepalamu dan basuhlah kakimu sampai kedua mata kaki.” (Al-Maidah: 6)

Allah SWT memerintahkan seluruh ummat muslim agar membersihkan diri dari segala kotoran dan najis. Hal ini sering dilakukan setiap melakukan segala aktifitas ataupun melakukan wudhu terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah khususnya shalat. Karena Allah Tidak akan menerima shalat seorang hamba jika belum berwudhu.

Rasulullah SAW bersabda: “Allah tidak akan menerima shalat seseorang di antaramu sampai dia berwudhu”. (HR bukhari dan Muslim).

Berwudhu ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Itulah yang dibuktikan oleh seorang para pakar ahli kesehatan dunia, salah satunya adalah Prof Leopold Werner von Ehlenfels berkebangsaan Austria. Beliau menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam berwudhu, dengan berwudhu mampu merangsang pusat syaraf pada tubuh manusia. Karena hubungan antara air wudhu dan titik-titik syaraf maka kondisi tubuh akan senantiasa sehat. Dari sinilah akhirnya beliau memeluk islam dan mengganti namanya menjadi Baron Omar Rolf Enrenfels.

Menurut penelitian, bahwa berwudhu dapat menghilangkan berbagai macam penyakit, seperti asal urat, batuk, flu, sakit kepala, telinga, mata dan sebagainya. Dengan berwudhu juga dapat mencegah beberapa penyakit kulit seperti kanker kulit, karena air yang dibasuh dengan berwudhu dapat membersihkan zat kimia yang menempel pada kulit. Dengan berwudhu juga dapat menjadikan seseorang terlihat awet muda dan tidak kusam.

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa wajah orang-orang yang berwudhu akan senantiasa bercahaya. Beliau akan mengenali orang-orang yang demikian pada hari kiamat nanti karena bekas wudhunya. “Ummatku nanti pada hari kiamat bercahaya muka dan kaki karena bekas wudhu(nya).

Ulama fiqih menjelaskan bahwa hikmah dari berwudhu adalah upaya dari memelihara kebersihan fisik juga rohani. Daerah yang dibasuh oleh air wudhu adalah daerah yang paling sering bersentuhan langsung dengan benda-benda asing, seperti wajah, tangan dan kaki. Maka dari itu bagian-bagian tersebut harus dibasuh adalah hal yang biasa.

Perintah untuk berwudhu dapat diselaraskan dengan pemikiran, setelah diamati ternyata bagian-bagian tubuh yang dibasuh ketika berwudhu merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan. Entah digunakan untuk apa saja, baik ataupun buruk.

Ini dia manfaat-manfaat berwudhu pada tiap bagiannya:

Tangan

Dengan tangan banyak bisa dilakukan, apapun yang pernah disentuh, diraba merupakan pekerjaan tangan. Dengan mencuci tangan dapat membersihkan tangan dari kotoran dan debu ataupun partikel lainnya yang menempel pada tangan. Mungkin saja sengaja ataupun tidak sengaja melakukan dosa, dengan melakukan cuci tangan dalam berwudhu merupakan metode pensucian kembali tangan yang sudah kotor.

Berkumur-kumur

Dalam berwudhu berkumur-kumur merupakan cara membersihkan rongga-rongga mulut yang paling sederhan dari sisa-sisa makanan yang menempel di mulut. Namun tidak sekedar membersihkan sisa makanan tetapi juga merupakan metode pembersihan dari kata-kata yang tidak pantas yang pernah terucap. Apapun kata-kata tersebut merupakan yang dapat menyakiti hati orang lain.

Hidung

Membasuh hidung tujuannya adalah membersihkan lubang hidung dari kotoran yang menempel ketika menghirup udara. Ini juga bisa menjadi media perenungan agar selalu bersyukur kepada Allah atas nikmatnya ditiap hembusan nafas yang telah Allah berikan, semuanya gratis tanpa membayar.

Wajah

membasuh muka adalah salah satu rukun dari berwudhu

www.elhooda.net

Membasuh wajah bertujuan untuk memersihkan seluruh kotoran yang menempel pada wajah. Tidak hanya sekedar membasuh saja, tetapi juga membersihkan mata dari dosa, segala apapun yang pernah terlihat oleh mata.

Tangan Sampai Siku

Membasuh keseluruhan tangan sampai siku bertujuan untuk membersihkan kotoran pada tangan secara sempurna. Tidak hanya pada pergelangan tangan saja tetapi sampai siku juga.

Kepala

Dengan membasuhkan air wudhu ke kepala maka akan membuat pikiran terasa dingin dan tenang. Sehingga kepala yang sebelumnya terasa panas akan terasa segar setelah berwudhu.

Telinga

Membasuh telinga merupakan pembersihan yang dilakukan di lubang telinga, juga untuk membersihkan dosa-dosa dari mendengarkan hal-hal yang tidak baik.

Kaki

Membasuh kaki merupakan salah satu rukun wudhu yang terakhir

ensiklo.com

Membasuh kaki dimaksudkan agar mambasuh sela-sela jari kaki, karena disitulah setan biasa beristirahat dan bersantai. Agar terjauh dari gangguan maka lebih baiknya secara kaffah atau sepurna, mulai dari jari kaki beserta sela-selanya hingga mata kaki. Diusahakan juga talapak kaki harus bersih dari kotoran sebelum beribadah.

Dengan ini semua akan lebih baiknya kita memperbaiki wudhu kita, jangan sampai terburu-buru dalam berwudhu sehingga ada bagian-bagian yang terlewatkan dan menjadi penyebab tidak sahnya ibadah khususnya sholat.
Kita akan mendapatkan manfaatnya jika berwudhu dengan sempurna dan bukan setengah-setengah.

dan ini doa setelah berwudhu:

doa yang dibaca sesudah berwudhu

santrigaul.net

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan tidak ada yang menyekutukannya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad hambanya dan utusannya. Ya Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suci┬ádan jadikanlah aku termasuk hambamu yang sholeh.”

Sekian dari saya

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    Terimakasih atas informasinya min sangat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>