Bisnis Santri, Ilmu

Manfaat Tepung Ikan Untuk Hewan Ternak

Selain mengandung mineral dan protein, tepung ikan juga sumber lemak hewani yang tidak jenuh sehingga sangat memiliki peran yang besar dalam memperbaiki gizi setiap hewan ternak.

Pada tahun 1997, Mandell Et Al menyatakan bahwa tepung ikan ternyata mengandung banyak asam lemak esensial eicosapentaenoic acid (EPA, C20:5n-3) sebanyak 5,87 gram serta docosahexanoic acid (DHA, C20:6n-3) sejumlah 9,84 gram/kilogram.

Hasil dari berbagai macam penelitian mendapatkan bahwa asam lemak esensial merupakan fungsi unik yang dapat meningkatkan jumlah produktivitas kualitas produk ternak. Usahakan untuk menjauhkan tepung ikan dari kontaminasi serangan serangga, tempat yang kotor dan tempat-tempat yang sekiranya tidak layak.

Manfaat Tepung ikan untuk Campuran Pakan Ternak

Pada tahun 1981, Donald Et Al menjelaskan bahwa dalam proses pembuatan tepung ikan, setelah proses pengeringan dilanjutkan dengan penggilingan. Proses pembuatan tepung ikan sangat berpengaruh pada hasil akhirnya, seperti kualitas protein yang menurun.

Manfaat tepung ikan untuk hewan ternak

gulalives.com

Hal ini sangat berkaitan juga ketika masa pengeringan. Kualitas tepung sangat berpengaruh pada perkembangan hewan ternak yang mendapatkan pakan tepung ikan tersebut.

The International of Fish Manufacture merilis data klasifikasi tentang kualitas tepung ikan dan membaginya menjadi 4 bagian:

Kandungan protein tinggi yang mengandung lebih dari 680 g/kg protein dengan kandungan minyak kurang dari 90 g/kg
Kandungan protein reguler yang mengandung protein sejumlah antara 640-679 g/kg dengan kandungan minyak sebanyak 130 g/kg
Kandungan reguler dengan kandungan minyak rendah berkisar antara 640-679 g/kg dengan kandungan minyak 60 g/kg
Protein standar yang mengandung 600-639 g/kg protein

Selain itu hasil dari tepung ikan rata-rata berkisar 55% protein dan tidak lebih dari 4% garam yang terkandung di dalamnyua. Kriteria yang harus diperhatikan ketika menggunakan tepung ikan adalah keseimbangan nitrogen, efisiensi protein, disgebilitas protein, lysin dan metionin.

Syarat Kelayakan Bahan Baku Pakan Ternak

Manfaat tepung ikan untuk hewan ternak

www.randifarm.co.id

Berikut point yang perlu diperhatikan ketika memberikan pakan tepung ikan ke hewan ternak:

1. Memenuhi Syarat Gizi

Sebagai orang yang handal dalam beternak, pastinya tidak mungkin sembarangan dalam memberikan pakan ke hewan ternaknya. Perlu diperhatikan kandungan gizi yang terkandung dalam pakan terebut apakah sudah memenuhi syarat gizi atau masih terdapat kekurangan.

2. Mencari Harga yang Bersahabat

Dalam lingkup pemasaran pakan ternak, konstrentrat yang termasuk nutrisi tambahan untuk ternak memiliki harga yang relatif mahal. Usahakan untuk mencari harga yang terjangkau dan tidak merugikan, bisa mencari yang murah tetapi kualitas tidak murahan.

3. Carilah Bahan yang Mudah Untuk Didapat

Usahakan untuk mencari bahan pakan yang mudah di dapat dan tidak jauh dari tempat tinggal. Jika memesannya dari toko online, pastikan untuk kapan akan sampai ke rumah sehingga tidak merugikan hewan ternak. Dengan begitu stok pakan hewan ternak akan tercukupi.

4. Kondisi Bahan Pakan Berkualitas

Pastikan untuk mencari bahan pakan yang memiliki kondisi yang baik dan tidak jamuran atau terkontaminasi oleh zat-zat yang berbahaya. Sekarang banyak sekali pihak-pihak yang mempalsukan sebuah barang demi tujuan uang. Hal ini pastinya akan merugikan bagi penggunanya, selain uangnya menjadi sia-sia, barangnya tidak terpakai dan merugikan.

Nilai gizinya juga harus diperhatikan, seiring berkembangnya zaman, terkadang ada yang mencampurkan bahan-bahan yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh hewan ternak bahkan beracun.

Jika kamu berminat untuk menggunakan tepung ikan untuk menjadi pilihan utama dalam meningkatkan nutrisi hewan ternak, kamu dapat mengunjungi website www.infonasa.com tentang tepung ikan.

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    Bagus sekali paparannya. Sebagai referensi untuk pecinta tanaman, lihat katalog berbagai jenis tanaman di http://bibitbunga.com

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>