Kesehatan

10 Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Teh merupakan sebuah minuman yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat indonesia. Sekarang teh sangatlah mudah untuk ditemukan, disetiap warung, toko, atau restoran pasti menyediakan minuman ini. Disajikan dalam bentuk kemasan atau masih baru di masak sama saja.

Mau panas atau dingin, inilah minuman yang dapat diminum kapan saja dan dimana saja tetap terasa nikmat. Teh merupakan minuman yang digemari oleh kalangan wanita. Teh juga salah satu minuman yang disajikan untuk sebuah jamuan makan atau sekedar berkembul bareng.

Di balik kesederhanaan teh tersebut ternyata di setiap tegukan teh kedalam rongga mulut kita memilki banyak manfaat.

liesa358.blogspot.com

Di balik kesederhanaan teh tersebut ternyata di setiap tegukan teh kedalam rongga mulut kita memilki banyak manfaat. Di dalam secangkir teh terdapat kandungan:

  • Kafein – Jumlah kafein yang terkandung pada teh tentu saja jauh lebih sedikit dari pada kopi.
  • Polifenol – Ini merupakan sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung sekitar 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali lebih dari vitamin C.
  • Essential Oil – Senyawa ini berguna untuk pembentukan aroma pada teh.

Ini dia manfaat-manfaat yang terkandung di dalam teh:

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teh hijau mengandung polifenol yang bermanfaat untuk meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh.

www.dietnutrisi.org

Teh hijau mengandung polifenol yang bermanfaat untuk meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh, karena teh hijau bersifat menghangatkan tubuh. Lemak akan cepat teroksidasi atau mempercepat pembakaran lemak dan juga meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga tubuh akan lebih cepat kurus jika meminumnya secara rutin dan tentunya terkontrol.

Relaksasi

Secangkir teh hangat dapat membuat tubuh menjadi terasa nyaman. Hal ini berkaitan dengan rasa hangat serta senyawa tanin yang terkandung di dalam teh tersebut yang memicu perasaan nyaman.

Melindungi Tulang

Sebuah penelitian menyatakan bahwa perbandingan antara peminum teh dan non peminum teh dapat ditentukan bahwa orang yang sering minum teh selama 10 tahun tulangnya akan lebih kuat dibandingkan non peminum. Ini ditentukan melalui perbandingan dari segi usia, berat badan, olahraganya, perokok ataupun bukan dan faktor yang lainnya.

Menjauhkan dari Resiko Penyakit Stroke dan Jantung

Kandungan polifenol yang terapat pada tej dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, dua hal inilah penyebab utama dari penyakit jantung dan stroke. Dengan meminum teh dapat menjaga agar pembuluh darah arteri terbebas dari sumbatan, hal ini juga membuat ketika buang air kecil menjadi lebih teratur. Hanya dengan meminum teh 2-3 cangkir setiap hari dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung fatal daripada orang yang tidak meminum teh sama sekali.

Meningkatkan Kesehatan Gigi

Zat polifenol yang terkandung pada teh juga efektif sebagai pembersih bakteri akibat plak yang menempel pada gigi. Plak yang terdapat pada gigi dapat mengakibatkan gigi berlubang dan menyebabkan masalah pada gusi gigi.

Mendinginkan Tubuh

Jika di saat tubuh sedang panas, dengan meminum es teh adalah cara yang kurang tepat. Tetapi jika dengan meminum yang teh yang hangat justru akan membuat tubuh menjadi lebih cepat dingin. Bagaimana caranya? Ketika tubuh sedang dalam kondisi panas dan ketika itu meminum air hangat, maka reseptor lidah akan memerintahkan otak untuk mendinginkan tubuuh dengan cara mengeluarkan keringat. Makanya tubuh tidak terasa panas lagi setelah meminum teh hangat.

Dapat Menghilangkan Kantuk

Yang biasanya begadang tiap malam pastinya ditemani oleh segelas kopi. Sekarang cobalah beralih ke teh,walaupun memiliki kadar kafein yang sedikit dibandingkan kopi tetapi kopi mujarab untuk menghilangkan kantuk pada malam hari atau ketika mengantuk.

Mencegah Diabetes

Tidak hanya menghilangkan kantuk, zat kafein yang terkandung dalam teh juga bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

Meningkatkan Perasaan Nyaman

Dengan secangkir teh memiliki keampuhan untuk mengurangi kadar hormon strees dan menurunkan tekanan darah sistolik, jika diminum secara rutin dan terkontrol.

www.gubuginformasi.com

Dengan secangkir teh memiliki keampuhan untuk mengurangi kadar hormon strees dan menurunkan tekanan darah sistolik, jika diminum secara rutin dan terkontrol.

Dapat Mencegah Kanker

Zat polifenol yang terkandung dalam teh memiliki efek untuk melawan kanker. Walaupun begitu tetapi masih kurang meyakinkan karena terdapat beberapa penelitian yang menyatakan dampak positif dan negatifnya.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>