Agama

Subhanallah, Inilah Manfaat Dari Sedekah Dalam Islam

manfaat sedekah dalam islam

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Sedekah dan infaq memiliki kesamaan arti dan perbuatan, yaitu mengeluarkan harta untuk diberikan kepada yang tidak mampu.

Sedekah meliliki banyak pengertian dari banyak para ulama. Salah satu pengertiannya dari Al-Jurjani, Ia berpendapat bahwa segala sesuatu pemberian yang diharapakan mendapatkan ridho Allah SWT. Pemberian yang dimaksud bisa bermacam-macam, Baik pemberian itu berupa harta maupun pemberian berupa perbuatan atau perlakuan baik (memberikan jasa tenaga kerja).

Infaq diambil dari kata anfaqa yang berarti mengeluarkan suatu harta untuk dipergunakan kepentingan umum atau orang banyak. Infaq adalah mengeluarkan sebagian harta atau pendapatan untuk suatu kepentingan seperti yang diperintahkan ajaran islam. Infaq dikeluarkan oleh setia orang yang beriman, berpenghasilan tinggi ataupun rendah, walaupun orang tersebut dalam keadaan lapang ataupun sempit dan infaq pun dan diberikan kepada siapa saja, misalkan kepada kedua orang tua, anak yatim piatu dan lain sebagainya.

Sedekah walaupun kecil nilainya tetapi sangat berharga di mata Allah SWT. Orang yang pelit dan kikir terhadap hartanya dan tidak pernah menyedekahkan hartanya walaupun hanya sebagian, maka merugilah mereka di dunia maupun di akhirat karena tidak ada keberkahan dalam hartanya. Padahal bersedekah itu sangat penting bagi kepentingan dirinya, karena dengan mensedekahkan harta akan menuai berkah dan sebaliknya jika menahan hartanya maka akan celaka.

Dalam Sedekah memiliki Banyak keutamaan:

Allah SWT Akan Melipat Gandakan Harta Orang yang Bersedekah

orang yang bersedekah akan dilipatgandakan hartanya, bukan berkurang hartanya

www.lazisarrahman.org

Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261 disebutkan, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan 70 tangkai, pada setiap tangkainya terdapat 100 biji. Allah melipatgandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”

Secara logika tidak mungkin jika kita mengeluarkan harta kita tetapi harta kita tidak berkurang tetapi malah dilipatgandakan. Ini salah satu rahasia Allah dan hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui lagi Maha Segalanya.

Sedekah Tidak Mengurangi Rezeki

Dalam Al-Qur’an Surat An Nisaa’ ayat 39 disebutkan, “Dan apakah kerugian yang akan menimpa kepada mereka jika mereka beriman kepada Allah SWT dan hari Akhir, serta mensedekahkan sebagian dari yang Allah telah karuniakan kepada mereka? Dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.”

Dari ayat ini bisa diambil kesimpulan bahwa orang-orang yang menyedekahkan hartanya maka tiada kerugian yang ia dapatkan.

Amalan Sedekah Tidak Akan putus Walaupun Sudah Mati

Dalam Hadits disebutkan, Rasulullah SAW bersabda: “Jika manusia itu mati terputus semua amalannya kecuali 3 perkara,¬†kecuali sedekah jariyah dan ilmu yang dimanfaatkan dan doa anak sholeh yang mendoakannya (Kedua orangtua).” (HR Tirmidzi)

3 amalan inilah yang pahalanya akan terus mengalir walaupun kita sudah meninggal, yaitu pahala bersedekah, pahala dari ilmu baik yang pernah diajarkan kepada orang lain, dan doa anak yang sholeh kepada orangtuanya. Maka dari itu akan lebih baiknya kita mengamalkan 3 amalan tersebut sebelum ajal menjemput kita.

Sedekah Membuka Pintu Rezeki

Dalam hadits oleh Abu Hurairah R.A, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat turun, salah satunya berkata: “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq. Sedangkan malaikat yang lainnya berkata: “Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan hartanya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Sedekah Dapat Menyembuhkan Penyakit

Jika merasa mulai sakit pada tubuh, cobalah untuk bersedekah.

www.radiokita.or.id

Rasulullah SAW bersabda: “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit dengan bersedekah dan siapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR At Thabrani)

Yang ini juga salah satu logika yang agak aneh jika dipikirkan, tetapi sekali lagi ini merupakan rahasia Allah yang patut kita syukuri. Mengapa hanya dengan bersedekah bisa mengobati orang yang sakit? Hanya Allah yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

Sedekah Dapat menunda Kematian

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekah orang muslim dapat menambah (memperpanjang) umurnya, dapat menunda kematian yang su’ul khotimah (akhir yang jelek), Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat berbangga kepada diri sendiri.” (HR At Thabrani)

Sedekah Adalah Naungan di Hari Kiamat

Rasulullah SAW bersabda: “Naungan bagi seorang muslim pada hari akhir adalah sedekahnya” (HR Akhmad)

Sedekah Juga Menjauhkan Kita Dari Api Neraka

Dengan bersedekah, maka dengan seizin Allah akan dapat melindungi dari api neraka

berjagajaga.wordpress.com

Allah SWT berfirman bahwa salah satu ciri dari orang yang bertaqwa yang akan masuk surga ialah orang yang bersedekah ketika lapang maupun sempit.

“Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang berinfaq, baik diwaktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS Ali Imran 133-134)

Dari ini semua memberikan sebuah kesimpulan bahwa bersedekah itu tidak harus diwaktu lapang saja, tetapi juga diwaktu sempit. Manfaat sedekah pun juga sedemikian banyaknya, alangkah baiknya jika kita mengamalkannya. Segala manfaat yang diberikan itu merupakan ganjaran bagi orang yang mau bersedekah, karena seluruh harta yang kita miliki semuanya dari Allah, maka lebih baiknya jika kita mengembalikannya kembali kepada Sang Pemiliknya dengan bersedekah.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

3 Comments

  1. 1

    apa perbedaan antara sedekah, infaq dan zakat?

  2. 2

    Perbedaannya adalah Zakat itu wajib hukumnya tetapi pada waktu-waktu tertentu saja seperti saat bulan ramadhan dan yang dikeluarkan berupa materi, dikeluarkannya pada tempat tertentu seperti panitia zakat dan tidak dianjurkan langsung diberikan ke orang yang kurang mampu. Sedangkan sedekah itu lebih umum, karena sedekah tidak cuma berupa materi saja tetapi jiwa raga, tanah, dan lainn2. Dan infaq hanya berupa materi, tetapi bisa kapan saja tanpa dibatasi waktu dan tempat.

    seperti itu saja yang dapat saya jelaskan.

  3. 3

    subhanaallah….. bgitu bnyk ny manfaat dri sedekah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>