Agama

Manfaat Puasa Sunnah Dalam Islam

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Segala sesuatu pekerjaan yang wajib memliki pekerjaan sampingannya berupa pekerjaan sunnah. Pekerjaan sunnah untuk mempertahankan keberadaan kewajiban dan menyempurnakan kekurangan dalam kewajiban tersebut. Misalnya seperti Shalat 5 waktu, sebagai sampingannya shalat memiliki ibadah yang disunnahkan seperti shalat rawatib atau shalat sunnah sebelum dan sesudah shalat wajib. Zakat pun juga sama, memiliki pekerjaan yang disunnahkan yaitu shadaqah dan infaq. Itu semua untuk melengkapi kekurangannya masing-masing amalan.

Beribadah ketika sedang melaksankan puasa sunnah

www.duajurai.com

Demikian pula puasa, puasa merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim khususnya puasa Ramadhan. Di samping ada puasa wajib yang sunnah pun menyertai juga diantaranya: Puasa di bulan Syawwal. Keutamaan puasa syawwal adalah seakan-akan orang yang telah berpuasa syawwal itu seperti puasa setahun penuh.

Puasa adalah amalan yang sangat utama, dengan berpuasa maka seseorang akan terjaga dari godaan syahwat di dunia dan terhindar dari siksa api neraka. Setelah menunaikan yang wajib, alangkah baiknya jika mengerjakan yang sunnah juga. Ketahuilah bahwa puasa sunnah itu dapat menutupi kekurangan yang ada ketika melaksanakan puasa wajib. Maka dari itu tidak sepantasnya meremehkan puasa sunnah.

Macam-Macam Puasa Sunnah

Puasa Senin dan Kamis

Puasa senin kamis merupakan salah satu puasa yang sering dijalankan oleh Rasulullah SAW dan selalu istiqomah. Dari Abu Hurairah R.A berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Bahwasannya Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling sering berpuasa di hari senin dan juga hari kamis. Ketika ditanyai alasannya, beliau bersabda: “Sesungguhnya semua amalan dipersembahkan pada hari senin dan hari kamis, maka ALlah hendak menghapuskan dosa setiap orang muslim beserta juga dosa orang yang mukmin, kecuali dua manusia yang bermusuhan. Maka Allah berfirman: “Tangguhkan keduanya” (H.R Ahmad)

  • Niat untuk puasa sunnah hari senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari senin karena Allah ta’ala.”

  • Niat untuk puasa sunnah hari kamis:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari kamis karena Allah ta’ala.”

Puasa Daud

Puasa daud merupakan puasa yang paling disukai olh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Sebaik-baiknya sholat menurut Allah adalah sholatnya Nabi Daud A.S – Dan puasa yang paling disukai Allah adalah puasa Daud. Dulu Nabi Daud tidur pada pertengahan malam dan bangun pada sepertiganya dan tidur laig pada seperenamnya. Dan puasa daud adalah sehari tidak dan puasa esoknya.” (H.R Bukhori)

  • Niat puasa sunnah daud:

نويت صوم داود سنة لله تعالى

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah daud karena Allah ta’ala.”

Puasa Arafah

Puasa arafah merupakan puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau bertepatan dengan musim haji. Dinamakan puasa arafah karena pada hari itu juga seluruh jamaah haji dari seluruh dunia sedang melakukan wukuf di arafah. Puasa arafah memiliki manfaat yang luar biasa.

  • Niat puasa sunnah arafah:

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah arafah karena Allah ta’ala.”

Puasa Pertengahan Bulan

Salah satu puasa yang tidak pernah luput dari seharian Rasulullah SAW adalah puasa pertengahan bulan atau Ayyamul Bidh. Pada setiap pertengahan bulan akan terjadi bulan purnama, pada saat bulan purnama adalah saat-saat yang paling labil bagi setiap manusia. Dengan berpuasa maka nafsu akan tertahankan.

  • Niat puasa sunnah pertengahan bulan:

نويت صوم أيام البض لله معالى

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Ayyamul Bidh karena Allah ta’ala.”

Puasa 6 Hari Di Bulan Syawwal

Setelah puasa pada bulan Ramadhan ada juga puasa bulan syawwal, puasa ini cukup 6 hari dalam satu bulan. Cara menjalankannya pun tidak harus berurutan. Puasa ini sebagai pelengkap dari puasa wajib bulan Ramadhan.

Puasa Bulan Muharram atau Puasa ‘Asyuraa

Pada bulan Muharram tepatnya pada tanggal 10 Muharram terdapat sebuah puasa yang disunnahkan Rasulullah SAW yang biasa dikenal dengan puasa ‘Asyuraa. Disunnahkannya lagi agar berpuasa di hari sebelumnya pada tanggal 9 Muharram, hal ini untuk membedakan dengan ummat nasrani yang berpuasa pada tanggal 10-nya.

Niat puasa sunnah ‘Asyurro:

نويت صوم غد عاشوراء لله تعالى

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah ‘Asyuraa karena Allah ta’ala.”

Puasa Sya’ban

Disunnahkan untuk memperbanyak puasa pada bulan ini, keutamaannya adalah semua amalan-amalan baik dan buruk diangkat untuk dipersaksikan nanti di akhirat.

Puasa Harom (Puasa yang dihormati)

Pada bulan Muharram, Rajab, Dzulqo’dah dan Dzulhijjah dianjurkan untuk memperbanyak puasa dan amalan-amalan ibabah lainnya.

Keutamaan Berpuasa Sunnah

Dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah SAW bersabda:

amalan puasa akan Allah balas langsung

santrigaul.net

Artinya: “Allah SWT Berfirman (yang artinya): Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, puasa itu untukku.” (H.R Bukhari)

Dalam riwayat Ahmad dikatakan:

amalan puasa akan dibalas oleh Allah langsung

santrigaul.net

Artinya: “Allah ‘Azza Wa Jalla Berfirman (yang artinya): Setiap amalan adalah sebagai kafarot/tebusan kecuali amalan puasa dan puasa itu untukku dan aku sendiri yang akan membalasnya.” (H.R Akhmad)

Di antara balasan bagi orang yang berpuasa sebagaimana disebutkan hadits di atas:
1. Pahala yang tidak terhingga untuk orang yang berpuasa.
2. Amalan puasa khusus untuk Allah.
3. Dengan berpuasa seseorang dapat masuk surga.
4. Dua kebahagiaan yang diraih bagi orang berpuasa ialah kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Penciptanya.
5. Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah SWT seperti bau minyak kasturi.

Bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah seperti minyak kasturi

www.dailymoslem.com

Ini dia beberapa pengaruh puasa sunnah:

Puasa Digunakan Untuk Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Dengan membiasakan diri berpuasa di luar puasa wajib merupakan tanda diterimanya amal dan perbuatan, Inshaa Allah. Hal ini karena Allah SWT menerima amalan-amalan sholeh setiap muslim jika ia mengerjakan amalan sholeh setelah yang wajibnya. Kedekatan seseorang dengan Tuhannya, maka akan menjadi kemudahan baginya untuk mengharapkan setiap ridhonya. Karena derajatnya seseorang juga berpengaruh terhadap doa-doa yang setiap dipanjatkan kepadanya.

Terlihat jelas perbedaan doa anak yang sholeh dan anak yang nakal atau tidak taat kepada orangtuanya. Doa anak sholeh akan lebih cepat dikabulkan dibandingkan anak yang nakal.

Membuat Semakin Taat Beribadah

 Berpuasa sunnah membuat orang ingin beribadah lebih daripada hari biasanya

sholat fokus-islam.blogspot.com

Dengan berpuasa sunnah maka itu menjadi janji seorang muslim kepada sang Pencipta bahwa ketaatan itu akan terus berlangsung tidak hanya pada bulan Ramadhan saja. Dengan berakhirnya bulan puasa bukan berarti puasa juga berhenti, tetapi disyari’atkan sepanjang tahun. Dengan berpuasa juga menandakan berniat untuk menjauhi segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk banyak beribadah agar mendapatkan ridho Allah SWT lebih banyak dan menghindari perbuatan yang menjauhkan dari-Nya.

Menjadikan Allah SWT Semakin Cinta

Dengan berpuasa sunnah, semakin dejat kita dengan Allah SWT

fau2i.blogspot.com

Puasa sunnah menjadikan sebab timbulnya kecintaan Allah SWT kepada hambanya serta penyebab terkabulnya doa, dihapusnya kesalahan-kesalahan, dilipatgandakan kebaikannya, ditinggikan derajatnya menjadikan surga sebagai tujuan terakhirnya.

Di antara puasa-puasa sunnah terdapat juga puasa yang dimakruhkan (Tidak dianjurkan puasa pada waktu-waktu tertentu):
1. Puasa Arafah bagi orang-orang yang sedang menunaikan haji.
2. Puasa pada hari Jum’at saja.
3. Puasa pada hari Sabtu saja.
4. Puasa di hari terakhir bulan Sya’ban, kecuali bertepatan dengan puasa hari Senin dan Kamis.

Dan ini hari-hari di haramkannya berpuasa:
1. Puasa pada dua hari raya, Idul Fitri dan Adha.
2. Puasa di hari-hari tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah).
3. Puasa di saat haid atau nifas bagi perempuan.
4. Puasa yang jika dilarang oleh suaminya.
5. Puasa orang sakit yang jika ia berpuasa maka akan membahayakannya.

Puasa sunnah juga dapat membantu menjaga kesehatan

vitals.lifehacker.com

Untuk daftar beberapa manfaat jika rajin berpuasa:
1. Mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh.
2. Memberi waktu istirahat bagi organ pencernaan.
3. Dapat menurunkan tekanan darah.
4. Dapat menurunkan kadar kolesterol.
5. Menenangkan jiwa dan perasaan.
6. Mampu mengendalikan hawa nafsu.
7. Membarikan rasa empati terhadap orang lain.
8. Menimbulkan rasa solidaritas terhadap orang yang kurang mampu.

Agar ibadah selalu diterima oleh Allah SWT agar selalu ikhlas dalam menjalankan tiap ibadahnya. Semoga dengan ini dapat menambah ilmu dan agama khususnya tentang berpuasa.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>