Agama

Manfaat Luar Biasa Dari Membaca Surat Yasin

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Siapa yang tidak mengenal surat Yasin? Untuk yang belum mengetahuinya, surat Yasin merupakan salah satu surat di di dalam Al-Qur’an yang menempati urutan nomor 36. Nama Yasin sendiri diambil dari ayat pertama dalam surat ini yang berbunyi “Yaasiin”.

Salah satu tradisi yang dilakukan pada setiap malam jum’at dengan membaca surat Yasin, biasanya di baca ketika setelah shalat maghrib, baik secara berjama’ah atau sendirian, di masjid ataupun di rumah itu bukan suatu perkara permasalahan bagi masyarakat. Selain dibaca di setiap malam jum’at, surat Yasin juga biasa dibacakan untuk orang yang meninggal dunia.

Surat Yasin termasuk dalam surat Makiyyah atau diturunkan di Makkah yang di dalamnya terdapat 89 ayat. Dipercaya bahwa surat Yasin ini memiliki hikmah dan keutamaan dalam membacanya, ini dia beberapa hikmah yang terdapat dalam surat Yasin yang dirangkum dari berbagai sumber:

Fadhillah Membaca Surat Yasin

  • Jika dibacakan kepada orang yang sakaratul maut maka akan mempermudah keluarnya ruh.
  • Membaca Surat Yasin = Membaca Al-Qur’an 10 kali.
  • Dapat memberi syafaat bagi pembacanya.
  • Dimudahkan hajatnya.
  • Meringankan siksa kubur.
  • Dapat menolak kejahatan.
  • Jika dibaca ketika malam Jum’at maka akan mendapatkan ampunan.
  • Jika belum menikah maka akan mudah dalam mencari jodoh.
  • Jika merasa takut, maka Allah akan menghilangkan rasa takutnya.
  • Orang yang bingung akan arah akan diberi jalan.
  • Orang yang merasa sakit maka akan hilang rasa sakitnya

Semua itu atas izin Allah SWT

Di dalam surat Yasiin terdapat banyak keistimewaan jika mau mendalaminya dengan baik

boombastis.com

Keutamaan Surat Yasin

Sebelum mengetahui keutamaan surat Yasiin, marilah simak dahulu beberapa Hadits berikut:

  1. “Segala sesuatu mempunyai jantung (hati),sedangkan jantung Al-Qur’an adalah surat Yasin, dan siapa saja yang membaca surat Yasin, Allah SWT mencatat bacaannya seperti bacaan sepuluh kali” (H.R Ad-Darimiy, At Tirmidzi dan Anas RA dan Kanzul Umai).
  2. “Barangsiapa membaca surat Yasin, (maka) setiap malam akan diampuni.” (Al-Baihaqi dalam Syi’abil Iman dan Abu Hurairah RA dan Kanzul Umai).
  3. “Barangsiapa membaca surat Yasin pada waktu malam hari, maka waktu Shubuh ia menjadi orang yang mendapatkan ampunan.” (Abu Nu’aim dalam Al-Chilyab dan Ibnu Ma’ud RA dan Kanzul Umai).
  4. “Barangsiapa membaca surat Yasin untuk mengharapkan ridho Allah SWT, maka Allah SWT mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu, maka bacalah itu oleh kalian di sisi orang-orang mati kalian.” (Al-Baihaqi dalam Syi’abil Iman dan Mu’qil dan Yasar RA dan Kanzul Umai).
  5. “Tiada seorang akan mati, lalu dibacakan surah Yasin di sisinya kecuali Allah SWT akan memudahkan kematiannya.” (Abu Nu’aim dan Abu Darda’ dan Abu Dzar RA dan Kanzul Umai)

Setelah diperhatikan beberapa hadits-hadits diatas maka dapat diambil kesimpulan tentang keutamaan surat Yasiin, diantaranya:

Surat Yasin Sebagai Jantung Al-Qur’an

Surat Yasin menjadikan Al-Qur’an hidup memancarkan cahayanya yang sangat terang bagi jiwa manusia dan mampu menggerakkan seluruh ayat Al-Qur’an menjadi hidup. Bagaikan generator yang mampu menggerakkan kawat-kawat listrik untuk menerangi ruangan dan tempat gelap.

terdapat keistimewaan jika membaca surat Yasiin pada malam Jum'at

archopodho.wordpress.com

Inti dari surat Yasin adalah wujud kemuliaan dari Rasulullah SAW yang telah menerangi hati ummatnya dengan cahaya Al-Qur’an. Pada akhir zaman nanti bayangan beliau akan bangkit kembali dalam wujud seorang Imam Mahdi AS.

Jika Seseorang Membaca Surat Yasin Setiap Malamnya Mendapatkan Bimbingan Imam Mahdi AS

Sebagai seorang Khalifah pengganti pada akhir zaman ini beliau akan mengerti akan kedudukannya di mata Allah SWT dan akan senantiasa meminta taubat kepada-Nya. Menjadikan setiap hambanya yang terampuni dosanya mendapatkan lindungan dari Allah SWT.

Dianjurkannya Membaca Surat Yasin Setiap Malam Jum’at

Dalam surat Yasin mengandung makna agar manusia senantiasa ingat tentang kesuksesan dan kebahagiaan bagi orang-orang yang jiwanya sempurna. Sangat merugilah dan menderitanya orang yang durhaka kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Itulah tadi beberapa keutamaan dalam membaca surat Yasin yang sangat istimewa dan luar biasa. Setelah mengetahuinya ada baiknya untuk mengerjakan dan mengamalkan keutamaan dalam surat Yasin dengan membacanya tiap malam atau setiap malam jum’at. Semoga dengan ini semua mendapatkan Rahmat Allah SWT dan tulisan ini menjadi tulisan yang bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

3 Comments

  1. 1
    zaina arifin neverdeadtoloveyou

    alhamdulillah setelah saya membaca surat sayiin sati saya legah,pikiran saya tenang
    dihargain,disopanin,di mudahkan rezeki saya dan masih banyak lah hikmah dibalik surat sayiin nya..
    saya hanya bisa mengucapkan alhamdulillahirobbil alamin dan makasi banyak ya allah..

  2. 2

    Pernah aku baca.. kenapa ada yg berpendapat kita dilarang membaca yasin ketika malam jumat dan orang mau mati. Dan tdk memiliki keutamaan..
    Krn menurutnya segaja bikin hadits ttg yasiin supaya orang tdk membaca surah” lain.. Tolong penjelasannya..

    Trimkasi sebelumnya..

  3. 3

    Menurut penjelasan dari Ustadz saya dulu ketika kyai saya mau meninggal, kami para santri secara berkelompok membacakan yasiin kepada beliau sebanyak 2x tiap kelompoknya. Tujuannya adalah memperingan sakaratul maut. Wallahu ‘alam bisshowab

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>