Ilmu

Manfaat dan Keistimewaan Batu Marmer

Santrigaul.net – Batu marmer adalah batu metamorf yang berasal dari perut yang memiliki banyak sekali variasi warna dan tekstur yang unik. Untuk bisa menjadi batu marmer yang indah dibutuhkan proses yang cukup lama, berawal dari pengkristalan akibat dari melunaknya batuan kapur yang disebabkan oleh panas dan tekanan dari dalam bumi menghasilkan perubahan mineral yang terkandung dalam batuan tersebut. Komponen utama yang terkandung dalam batu marmer adalah kalsium dan dolomit.

tambang marmer

www.italymagazine.com

Pada umumnya batu marmer tersusun dari beberapa mineral kalsit atau biasa yang dikenal dengan kalsium karbonat atau dalam bahasa ilmiah CaCO3. Dalam batu marmer juga terkandung mineral minor, diantaranya seperti kuarsa, tremolit, klorit, silikat, mika, hematita, graphit dan limonit.

Nilai jual batu marmer tergantung pada tekstur dan warna dari batu marmer tersebut. Ciri-ciri batu marmer tersebut seperti memiliki kualitas yang sangat tinggi, jenis marmernya putih jernih dan mempunyai tekstur yang langka. Hal tersebut dapat terjadi jika kandungan kalsitnya melebihi 90%.

Sifat lain yang juga mempengaruhi mutu dan kualitas pada batu marmer juga karena porositas dan juga kekuatan regangan serta ketahanannya dalam pengaruh cuaca dan suhu alam sekitar. Marmer merupakan hasil dari pencarian ke dalam tanah yang membutuhkan proses yang cukup lama.

Karena bentuk dan teksturnya yang unik sehingga menarik perhatian banyak orang dan banyak orang yang mencarinya dengan harga yang sangat menggiurkan penambang batu marmer berlomba-lomba dalam mencari batu marmer yang benar-benar berkualitas.

Industri dari batu alam marmer sudah sangat berkembang di tanah air Indonesia kita. Kegunaan dari batu marmerpun juga bermacam-macam, mulai dari digunakan untuk lantai, konstruksi bangunan, bahan baku pembuatan patung dan juga sebagai bahan dasar piala.

Jenis-jenis Batu Marmer

Jenis dan manfaat marmer

fitricanthropus.wordpress.com

Batu marmer yang disajikan diberbagai tempat memiliki jenis-jenis dan kegunaannya yang banyak bermanfaat. Berikut jenis-jenis batu marmer:

  • Carrara Marble, yaitu batu marmer yang memiliki warna yang putih murni yang biasa digunakan oleh orang-orang Yunani dan orang Romawi sebagai bahan dasar pembuatan patung dan air mancur
  • Faux Marbling, merupakan lukisan pembuatan permukaan yang ingin terlihat seperti marmer. Umumnya jenis ini digunakan untuk gedung-gedung.
  • Kertas Marbling, merupakan teknik yang agak sama dengan faux marbling tetapi benar-benar terlihat seperti aslinya. Pola yang digunakan benar-benar seperti alami layaknya nuansa marmer asli.
  • Limestone, merupakan marmer yang memiliki warna begie atau coklat. Batu marmer ini hanya bisa didapat berasal dari danau atau bekas danau.
  • Breksi, merupakan batu marmer yang terbentu karena bekas tanah longsor. Breksi juga biasa disebut dengan Breksi Onicita atau Breche Nouvelle.
  • Marmer hijau, bukanlah marmer asli, tetapi hanya sekedar serpentine (batuan pertama)
  • Marmer hasil budidaya yang dibuat berasal dari kombinasi antara debu marmer dengan semen.

Berikut gambar contohnya:

Carrrara Marble

Jenis marmer dan manfaatnya

contemporarystone.co.uk

Faux Marbling

faux marble termasuk jenis marmer

www.allaprimapainting.com

Kertas Marbling

kertas marble beserta manfaatnya

id.aliexpress.com

Limestone

Limestone termasuk jenis marmer terbaik

australmasonry.com

Breksi

Marmer breksi

www.payanini.com

Marmer Hijau

marmer hijau

b2b.bridgat.com

Manfaat marmer

Segala yang diciptakan oleh Allah SWT pasti memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Berikut manfaat dari batu marmer:

Sebagai Bahan Konstruksi Bangunan

Karena batu marmer memiliki motif yang bagus dan indah, biasanya marmer digunakan sebagai pelapis interior dan eksterior pada sebuah bangunan. Selain itu batu marmer juga mudah untuk dibersihkan dan memiliki penampilan yang keren. Tetapi perlu diperhatikan bahwa batu marmer termasuk batu yang cukup mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Sebagai Bahan Dasar atau Pelengkap Furniture

Marmer juga dapat dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan aneka macam perabotan furiture di dalam rumah seperti meja, jendela, perapian, dan barang-barang kerajinan tangan lainnya.

Ada juga yang digunakan untuk pembuatan patung. Karena batu marmer itu memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk dipahat untuk menjadi patung. Beberapa patung terkenal yang dibuat dari batu marmer salah satunya adalah patung Artemis, patung dewi Yunani yang merupakan hasil karya asli Yunani.

Sebagai Pupuk

Sisa kapur dari batu marmer dapat dimanfaatkan untuk bahan pupuk pertanian. Manfaatnya adalah untuk mengurangi keasaman dalam tanah. Hal ini dapat meningkatkan hasil dari pertanian.

Sebagai Batu Nisan

Marmer merupakan batu alam cukup menarik, karena harga yang cukup terjangkau dan relatif mudah untuk dipotong dan diukir dibandingkan dengan batu granit. Batu marmer juga tahan terhadap curah hujan dan cuaca alam dengan seiring berjalan waktu.

Sebagai Alat Terapi

Batu marmer yang dipoles dan dibentuk dengan ukurang yang tertentu dapat digunakan untuk bekerja pada beberapa bagian tubuh tertentu. Batu marmer dapat bertindak sebagai pereda pembengkakan dan melancarkan aliran darah dalam tubuh. Bila dikombinasikan dengan batuan panas, maka dapat mengurangi vasodilatasi dan penyempitan organ tubuh yang dapat membantu mempermudah penyebaran nutrisi ke seluruh tubuh.

Sekian yang bisa disampaikan dari kami, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah pengetahuan setiap para pembaca.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    biasanya marmer memang kita temukan sebagai bahan bangunan dan furniture sih gan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>