Kesehatan

10 Manfaat Terbaik dari Berlari Sehari-hari

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang paling sederhana, tidak susah dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Cukup dengan sepasang sepatu olahraga (atau tidak sama sekali alias nyeker) kita dapat mengelilingi suatu tempat atau lintasan yang enak untuk dijadikan tempat untuk berlari.

Jika olahraga lari dijadikan sebuah olahraga rutin, maka kita akan mendapatkan manfaat lari di kehidupan sehari-hari. Melakukan lari-lari kecil di alam terbuka memiliki keuntungan lebih yang terkadang di abaikan.

Ini dia manfaat lari untuk kesehatan:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketika kita berlari maka metabolisme tubuh akan meningkat yang memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh lebih cepat. Pertumbuhan sel-sel tersebut sangatlah baik untuk menangkal serangan-serangan virus yang mencoba menyerang tubuh kita. Dengan membiasakan diri untuk lari ketika pagi maupun sore akan semakin memperkuat sistem immune tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baik Untuk Pernafasan

Baik Untuk Pernafasan

m.talkmen.com

Aturlah nafas selama berlari, maka itu akan sangat bermanfaat bagi paru-paru kita. Hal ini untuk melatih paru-paru untuk mengoptimalkan pemasukan dan penguaran udara selama bernafas. Untuk yang memiliki penyakit paru-paru (asma, dll) agar melakukan ini secara pelan-pelan dan jangan secara berlebihan, karena yang akan terjadi adalah sebaliknya (akan kambuh).

Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang memiliki penyakit asma yang memiliki kegiatan rutin berupa lari ketika pagi dan sore setiap minggunya selama 3 bulan. Hasilnya mereka akan lebih jarang kambuh dibandingkan orang yang jarang melakukan lari.

Membakar Kalori

Jika banyak orang yang ingin kurus dengan cara berlari, itu adalah jawaban yang tepat. Karena dengan berlari dapat membakar kalori dan mengurangi berat badan 2 kali lebih efektif daripada hanya sekedar berjalan. Maka salah satu manfaat lari adalah menguruskan badan dan mengurangi berat badan.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa orang insomnia yang dilatih untuk melakukan lari pagi akan dapat mengatasi kesusahan dalam tidur lebih cepat daripada yang tidak. Pengakuan dari mereka yang dilatih tersebut mengatakan bahwa tidur mereka lebih nyenyak daripada biasanya yang sebelumnya yang tidak pernah melakukan lari.

Memperkuat Tulang

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah Universitas Missouri yang membandingkan kepadatan tulang antara pelari dan pesepeda. Hasil yang didapat adalah 63% pesepada memiliki kepadatan tulang yang kurang baik dibandingkan kepadatan tulang seorang pelari. Walaupun bersepeda memiliki manfaat yang baik juga untuk tulang, tetapi manfaat lari lebih untuk kebaikan kaki.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah penelitian lainnya menyebutkan bahwa dengan berlari sejauh 16 km dalam seminggu dapat menekan resiko terkena gangguan tekanan jantung darah sebanyak 39%. Selain itu juga dapat mencegah endapan kolesterol yang dapat ditekan hingga 34%. Dengan berlari dapat membantu mengurangi resiko yang disebabkan gangguan pembuluh darah karena endapan kolesterol seperti penyakit jantung.

Memperpanjang Umur

Walaupun hanya sekedar berlari atau menggerak-gerakkan badan, tetapi jangka jauhnya adalah dapat memperpanjang umur seseorang. Karena dengan berlari dapat menyehatkan tubuh dan menjadikan hidup menjadi optimal.

Mencegah Rasa Nyeri pada Otot

Karena berlari membuat tubuh bergerak secara aktif, hal itu sangat baik untuk metabolisme tubuh dan juga membuat persendian-persendian terlumasi dengan baik. Dengan lancarnya peredaran darah ke seluruh tubuh juga dapat menghindari rasa nyeri pada otot. Jika sering merasa pegal-pegal cobalah untuk berlari pada pagi dan sore hari. Dengan begitu dapat menghilangkan rasa pegal dengan sendirinya.

Meningkatkan Stamina

Manfaat lari dapat meningkatkan stamina

dunialari.com

Dengan sering berolahraga juga dapat menempa diri untuk menjadi lebih kuat. Orang yang sering berlari akan tidak mudah capek dibandingkan orang yang hanya berdiam diri saja kebiasaannya. Dengan menjaga rutinitas lari maka akan meningkatkan stamina agar selalu kuat.

Mencegah Penyakit Rematik

Aktif dalam berlari akan menggerakkan kedua kaki kita, dengan begitu otot kaki akan menjadi lentur dan mengurangi ketegangan pada otot kaki. Dengan lenturnya otot dapat mengurangi rasa nyeri.

Berapa lama sebaiknya berlari ketika pagi ataupun sore hari? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka jadikan lari itu sebagai rutinitas harian dan harus konsisten dalam melaksanakannya. Ini dia yang harus dilakukan selama berlari:

  • Usahakan untuk terbiasa berlari selama 45 menit.
  • Dalam seminggu minimal 3-4 kali berlari.
  • Berlarilah dengan santai (jogging) dan penuh kegembiraan, slow but sure.
  • Lari secara berpasangan akan menjadikan berlari lebih enak dibandingkan sendirian.
  • Harus konsisten dalam melaksanakannya.

Semoga dengan ini semua bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>