Ilmu

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh yang Harus Kalian Ketahui

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Sholat merupakan ibadah sehari-hari yang kita lakukan, tetapi tahukah kalian bahwa ternyata dalam gerakan sholat terdapat manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Pernahkah kalian berpikir akan hal ini? Sudut pandang melalui paham ilmiah menjadikan ibadah sholat menjadi gudang obat bagi tubuh manusia itu sendiri.

Ketika seorang hamba telah mencukupi syarat-syarat mendirikan sholat, sejak itulah dia mulai merasakan arti dan manfaat dari sholat sesungguhnya. Sebab ibadah sholat diturunkan untuk menyempurnakan ibadah-ibadah bagi setiap manusia. Setelah sekian lama kita menjalankan sholat 5 waktu, apakah kita mengerti apa makna tersembunyi dalam sholat?

Takbirotul Ihram

Posisi tubuh: Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sampai sejajar dengan telinga, kemudian melipat keduanya di depan perut atau dada bagian bawah.
Manfaat yang akan didapat dalam gerakan ini akan melancarkan peredaran darah, limfa dan kekuatan pada otot lengan. Posisi jantung yang berada di bawah otak memungkinkan darah beredar dengan lancar ke seluruh tubuh. Ketika mengangkat tangan sejajar dengan telinga maka bahu akan merenggang membuat peredaran darah yang membawa oksigen menjadi lancar. Setelah itu kedua tangan yang dilipat di depan perut atau dada bagian bawah, posisi ini akan menjauhkan dari berbagai masalah persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Rukuk

Posisi tubuh: Rukuk dengan sempurna ditandai dengan tulang belakang akan terlihat lurus secara horizontal sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut maka tidak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang menghadap ke bawah.
Manfaat yang akan didapat ialah menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi dari tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat seluruh syaraf. Dengan posisi jantung dan otak yang sejajar, maka akan memaksimalkan peredaran darah pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu pada lutut berfungsi sebagai relaksasi bagi otot-otot bahu sampai ke bawah.

I’tidal

Posisi tubuh: Bangun dari rukuk, posisi tubuh kembali tegak seperti semula, mengangkat kedua tangan hingga setinggi telinga.
Manfaat yang akan didapat dari i’tidal merupakan variasi setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerakan berdiri kemudian membungkuk menuju sujud merupakan latihan penceraan yang baik. Organ-organ pencernaan yang ada di perut akan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian, hal ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Sujud

sajadah

cdn.rumaysho.com

Posisi tubuh: Menungging dengan meletakkan kedua telapak tangan, lutut, ujung jari kaki, hidung dan jari-jari kaki di atas lantai.
Manfaat yang akan didapat ialah aliran getah bening akan dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung yang berada di atas otak akan menyebabkan darah yang beroksigen dapat beredar dengan maksimal ke arah otak, ini akan berpengaruh pada daya pikir pada seseorang. Karena itu lakukanlah sujud dengan tuma’ninah atau jangan tergesa-gesa agar darah dapat mencukupi kebutuhannya untuk otak.

Duduk

123

harianaceh.kilatstorage.com

Posisi tubuh: Terdapat 2 macam, yang pertama duduk diantara dua sujud atau duduk pada tahiyyat awal dan tahiyyat akhir, perbedaan keduanya hanya terdapat pada posisi telapak kaki.
Manfaat yang akan didapat ialah, ketika tahiyyat awal kita akan bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf. Posisi ini akan menjauhkan seseorang dari nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan para penderitanya tidak mampu berjalan. Sementara duduk pada tahiyyat akhir baik bagi pria karena tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar maka posisi tahiyyat awal mencegah impotensi. Variasi dari posisi telapak kaki pada tahiyyat awal dan akhir menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian akan kembali rileks.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>