Ilmu

10 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Siapa uang tidak kenal dengan buah kurma? Buah yang sudah terkenal di kalangan masyarakat dunia khususnya untuk orang muslim. Buah kurma sudah biasa hadir dalam setiap acara berbuka puasa. Buah ini sudah menjadi makanan pokok pada setiap bulan ramadhan atau saat berpuasa.

Kurma diyakini berasal dari daerah sekitar teluk persia. Tidak hanya dapat tumbuh di daerah jazirah arab, tetapi kurma sudah menyebar juga dapat di budidayakan di benua Eropa dan Amerika. Hal yang menarik dari pohon kurma adalah semakin tandus tanah yang digunakan untuk menanam pohon tersebut justru semakin subur dan lebih manis.

Buah kurma dapat disimpan dalam tempo yang cukup lama, walaupun disimpan dalam waktu yang lama ternyata tidak mengurangi kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Sehingga buah kurma dapat dipersiapkan sebagai makanan untuk perjalanan yang panjang.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

www.manfaatdaun.com

Nutrisi yang terkandung dalam kurma:

  • Sumber energi (Karbohidrat), gula dan serat yang baik.
  • Zat mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, pottasium, magnesium, dan zinc.
  • Mengandung vitamin A dan K.
  • Mengandung thiamin, riboflavin, niacin, folate.

Manfaat yang kita dapat dalam mengonsumsi kurma adalah sebagai berikut:

Mencegah Alergi

Ini yang menarik dari buah kurma, yaitu memiliki kandungan sulfur organik di dalamnya. Elemen ini bukanlah elemen yang dapat ditemukan buah-buah biasanya, elemen ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dengan mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman. Kurma merupakan cara terbaik untuk mengurangi munculnya alergi dikarenakan efek sulfur yang berasal dari kurma tersebut.

Mencegah Anemia

Buah kurma memiliki kandungan mineral yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk bebagai macam kesehatan. Zat besi yang terkandung dalam kurma juga bermanfaat bagi penderita anemia dan menjadikan ini suplemennya. Kandungan zat besi pada kurma dapat menyeimbangkan kekurangan zat besi pada penderita anemia. Selain menyeimbangkan kekurangan juga dapat meningkatkan energi dan tenaga dan ketika itu juga mengurangi rasa lelah dan lesu.

Mencegah Gangguan Usus

Mengonsumsi buah kurma secara rutin dapat menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi usus. Untuk masalah pencernaan, asam amino yang terkandung dalam kurma bermanfaat sebagai menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien. Sehingga nutrisi yang terserap akan lebih optimal.

Menyehatkan dan Menguatkan Tulang

Kandungan mineralnya yang sangat tinggi menjadikan kurma sebagai makanan untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit penuaan tulang (osteoporosis).

Mencegah Konstipasi

Kurma dikategorikan sebagai makan pencuci mulut, sehingga sering dikonsumsi oleh orang yang menderita konstipasi (susah untuk buang air besar). Caranya rendamlah kurma di dalam air semalaman. kemudian makanlah kurma tersebut, hal ini menjadikan kurma sebagai sirup penawar yang menjadikan hasil lebih optimal. Karena seratnya yang tinggi dapat memperlancar buang air besar.

Masalah Seksual

Jika merasakan lemah syahwat cobalah untuk mengonsumsi kurma, penelitian menunjukkan bahwa kurma bermanfaat untuk itu. Rendamlah buah kurma dalam susu kambing semalaman lalu dicampur dengan madu. Campuran tersebut menjadi pensuplai daya tahan seksual.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jika kurma direndam semalaman kemudian ditumbuk pada pagi harinya dan di makan maka akan menunjukkan dampak positif pada jantung yang lemah. Zat Pottasium yang terkandung di dalamnya juga dapat mengurangi resiko terkena stroke dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan jantung.

Menjaga Kesehatan Syaraf

Kandungan yang terkandung dalam kurma menjadikannya makanan yang ideal untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi syaraf. Pottasium adalah bahan utama dalam meningkatkan responsif dan meningkatkan kecepatan respon dan kesiagaan otak.

Meningkatkan Energi

Kandungan gula alaminya yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, sukrosa dapat menjadikan kurma menjadi cemilan yang oke bagi yang memerlukan energi tambahan dengan cepat. Kurma juga oke untuk cemilan penghilang rasa kantuk.

Menaikkan Berat Badan

buah kurma diikutsertakan sebagai makanan yang mengandung pola makan sehat. Kandungannya yang sangat bermanfaat, jika di konsumsi dengan mentimun akan dapat menyeimbangkan berat badan tetap normal dan tidak terlalu kurus. Jika kita memiliki tubuh yang kurus dan ingin meningkatkan berat badan, maka konsumsilah kurma dengan teratur.

10 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

www.foodielovesfitness.com

Buah kurma merupakan buah yang biasa dikonsumsi oleh Rasulullah SAW. Maka jika kita terbiasa untuk mengkonsumsi buah kurma sama saja mengamalkan sunnah Rasulullah SAW.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>