Ilmu, Kesehatan

Manfaat serta Mitos Tentang Buah Durian

Santrigaul.net – Buah durian merupakan buah yang berasal dari negara bagian tropis. Buah ini mendapatkan julukan sebagai raja buah ini biasanya menjadi buah favorit yang banyak orang tertarik ketika masa panennya. Mungkin ada juga orang yang tidak suka dengan durian karena baunya (yang menurut mereka yang tidak suka) tidak sedap dan sangat kuat.

Tapi berbeda untuk para penikmat buah raja ini, bagi mereka justru menunggu akan masa-masa panennya buah ini. Untuk mereka yang menjadi penggemar buah ini, biasanya susah untuk berhenti mengkonsumsi buah durian karena katanya enak banget. Rasanya yang manis, bau yang menyengat memberikan rasa mabuk dalam kenikmatannya. Kulit yang tajam menjadi ciri fisik yang khas untuk buah ini.

Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata dalam buah durian terdapat nutrisi yang tentunya bermanfaat bagi tubuh kamu lho. Lalu apa saja manfaat yang terkandung dalam buah yang mendapatkan julukan buah raja ini?

durian yang kaya akan manfaat

www.lifehack.org

Oke, dalam buah ini terkandung berbagai macam nutrisi, seperti karbohidrat, vitamin B1, B2, vitamin C, protein, serat, kalsium, fosfor yang sangat tinggi dan kalium. Di dalamnya juga terkandung nutrisi yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh seharian.

Berikut manfaat-manfaat yang terkandung dalam buah durian:

Nutrisi bagi Gigi dan Tulang

Nggak cuma susu yang bagus untuk tulang dan gigi, tapi buah durian juga bagus lho untuk kesehatan gigi dan tulang. Karena unsur kalsium yang terkandung di dalam buah durian serta vitamin B1 dan B2nya membantu penyuplaian nutrisi ke tulang dan gigi. Sehingga tulang dan gigi akan sehat selalu.

Membuat Kulit Terlihat Awet Muda

Kandungan vitamin C dalam durian yang cukup tinggi dapat menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan kulit dan wajah. Jadi bagi kamu yang ingin masih terlihat muda walaupun umurnya sudah tidak cocok lagi dibilang muda, maka mengkonsumsi buah durian merupakan pilihan yang tepat.

Pengobat Anemia

Bagi kamu yang merasa kurang darah, mengkonsumsi buah durian menjadi pilihan yang tepat lho. Kandungan folat yang ada dalam buah durian, serta tembaga dan zat besi menjadi peran penting dalam memproduksi darah serta dapat mengatasi gejala anemia yang mungkin sedang kamu derita.

Melancarkan Penceranaan

Kandungan serat yang tinggi akan membantu kerja organ pencernaan serta menjadikan alat-alat pencernaan lebih sehat dan lebih optimal dalam bekerja. Jika kamu susah dalam buang air atau sering sembelit, konsumsilah buah durian secara rutin ya.

Menormalkan Kadar Gula Darah

Dalam buah durian terdapat kandungan mangan yang berperan penting dalam menormalkan kadar gula darh sehingga darah tetap sehat.

Agar Tidak Mudah Capek

Setiap 100 gram dalam buah durian cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harianmu yang sebesar 21%. Buah durian dapat menambahkan energi secara instan lho, jadi ketika kamu sedang dalam keadaan lemas atau aktivitas yang benar-benar melelahkan, konsumsilah durian untuk meningkat enegi kamu agar lebih semangat.

Penghilang Depresi

Vitamin B6 yang terkandung dalam buah durian membuatnya menjadi peran penting dalam memproduksi serotonin yang merupakan penangkal rasa depresi yang menyerang kamu.

Ada juga lho mitos-mitos yang beredar tentang buah durian, kamu bisa percaya atau tidak itu tergantung sugesti kamu sendiri.

#1 Kalo mau makan durian, harus makan manggis dulu

Banyak yang percaya bahwa buah manggis itu dapat mendinginkan perut, sehingga dapat mengurangi tingkat panas yang ditimbulkan oleh buah durian. Tetapi banyak penelitian yang meragukan akan hal tersebut. Alasan yang mungkin adalah bahwa biasanya buah manggis dan buah durian masa panennya bersamaan, sehingga muncullah mitos seperti itu.

#2 Jika makan durian dan bir bersamaan bisa menyebabkan kematian

Belum ada bukti yang pasti akan mitos ini, begitu juga tidak bukti ilmiah tentang bahaya makan durian dicampur dengan bir akan menimbulkan bahaya hingga kematian. Tapi yang menjadikan mitos ini muncul memang karena jika memakan durian bersamaan dengan mengkonsumsi bir akan menyebabkan gangguan pencernaan rasa tidak nyaman pada lambung.

Hal ini disebabkan karena alat penceranaan harus bekerja lebih ekstra untuk mengubah kandungan-kandungan yang ada di dalam buah durian agar bermanfaat untuk tubuh. Sementara buah durian itu sudah tercampur dengan bir, sehingga perlu tenaga ekstra untuk mencernanya.

#3 Durian memiliki kandungan kolesterol yang tinggi

Hal ini sangatlah omong kosong,karena justru sebaliknya bahwa buah durian kandungan kolesterol itu 0% atau tidak ada sama sekali. Kolesterol itu jarang ditemukan pada buah atau tanaman, justru kolesterol banyak terkandung dalam makanan yang memiliki lemak jenuh seperti susu, makanan laut dan juga daging.

Malahan buah durian mengandung asam lemak yang tak jenuh yang bagus untuk kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>