Agama

Khasiat Membaca Ayat Kursi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan ayat Kursi, ayat Kursi merupakan salah satu ayat di dalam Al-Qur’an yang terdapat pada surat Al-Baqarah ayat ke-225. Sering kali kita dianjurkan untuk membaca ayat Kursi ini, tetapi selama membaca ayat kursi ini apakah pernah terdetik dalam pikiran kita apa manfaat dari ayat kursi?

Mengapa AL-Baqarah ayat ke-255 disebut dengan ayat kursi? Ayat kursi ini diturunkan di Madinah dan ayat ini diturunkan oleh Allah SWT secara Khusus yaitu pada malam setelah hijrah. Ayat ini didampingi oleh malaikat-malaikat yang jumlahnya ribuan ketika ayat ini diturunkan karena kemuliaannya. Disebut ayat Kursi karena mencakup kemartabatan dan siberitahukan akan kebesaran Allah SWT.

Dari sekian banyak ayat yang diturunkan, ayat kursi merupakan ayat pelengkap dari surat Al-Ikhlas. Dalam surat Al-Ikhlas menjelaskan tentang Ketauhidan Allah yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Allah juga merupakan tuhan yang tidak ada satupun yang dapat menyamai.

Ini dia ayatnya:

Ayat kursi atau ayat yang menjelaskan tentang kebesaran Allah SWT atas singgasananya dan kekuasaannya terhadap seluruh makhluk hidup dan seluruh kehipan yang di langit ataupun di bumi

mywapblog.com

Artinya: “Allah tiada tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Tetap hidup, Yang Kekal selama-lamanya mengurus (makhluknya). Yang tidak Mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi dan lagi Maha Besar.” (Al-Baqarah: 225)

Ayat Kursi merupakan doa yang memiliki derajat yang paling tinggi derajatnya dibandingkan ayat-ayat yang lain yang biasa digunakan untuk berdoa juga. Walaupun memang seluruh ayat dalam surat-surat Al-Qur’an adalah mulia, tetapi untuk ayat kursi memliki tempatnya sendiri.

Manfaat Ayat Kursi

Dapat Membuat Orang Akal Serta Pikiran Terbuka

Dengan membacakan ayat kursi kepada air hujan maka akan mendapatkan khasiat yang luar biasa

www.tempo.co

Dari Syeikh Abu ‘Abbas yang mengatakan bahwa barangsiapa yang membaca ayat Kursi sampai lebih dari 50 kali, kemudian ditiupkannya pada air hujan Inshaa Allah air tsebut akan membuat akal dan pikiran seseorang lebih terbuka dan lebih mudah mencerna pengetahuan yang baru.

Istiqomah Dalam Membaca Ayat Kursi Dijauhkan Dari Gangguan Syaitan

Barang siapa yang membaca ayat Kursi dengan istiqomah atau konsisten setiap selesai dari shalat fardlu atau wajib, setiap pagi dan petang, setiap kali masuk ke rumah atau pasar, sebelum tidur dan sebelum bepergian Inshaa Allah dijauhkan dari gangguan syaitan, kejahatan manusia dan keburukan hewan buas. Terpeliharanya keluarga beserta anak-anaknya dan segala sesuatu yang ada dalam rumah.

Membaca Ayat Kursi Sebanyak 18 kali Maka Diberikan Berbagai Kemudahan

Barangsiapa yang mengamalkan ayat Kursi sebanyak 18 kali, Inshaa Allah hidupnya akan berjiwa tauhid, dibukakan hatinya dengan berbagai hikmah, akan dimudahkan rezekinya dan dipelihara dari segala bencana dengan seizin Allah SWT

Akan Di jaga Selama Tertidur

Barangsiapa membaca ayat Kursi sebelum tidur maka Allah SWT akan mewakilkan dua malaikat untuk menjaganya selama tertidur sampai ia bangun.

Akan Membakar Syaitan dan Jin

manfaat ayat kursi adalah menjauhikan dari gangguan setan

www.adamsains.us

Jika membaca ayat Kursi dengan penuh kekhusyukan maka Inshaa Allah ayat Kursi ini mampu menjadi senjata untuk melawan syaitan dan jin yang jahat. Mereka akan terbakar jika dibacakan ayat Kursi, ini merupakan ayat yang sering dibaca untuk mengusir makhluk halus yang mengganggu kehidupan kita.

Akan Dilindungi Oleh Allah SWT Kecuali Maut Memanggilnya

Jika seseorang sudah terbiasa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat fardhu atau wajib, maka orang tersebut akan ada pada lindungan Allah kecuali jika maut datang memanggilnya.

Kesimpulan

Dari ini semua ada lebih baiknya jika untuk membiasakan diri untuk membaca ayat Kursi ini tanpa harus diingatkan atau mengetahui manfaat ayat Kursi ini. Karena sesungguhnya Allah SWT mengetahui apa yang kita inginkan, apa yang kita butuhkan, karena ketika kita berdoa tetapi lupa mau berdoa apa tetapi Allah Maha Mengetahui apa yang tidak kalian ketahui. Allah SWT dapat membaca isi hati setiap hambanya, apa yang ingin sekali dia dapatkan Allah Maha Mengetahui.

Mari kita semua untuk membiasakan diri untuk membaca ayat Kursi ini dalam kehidupan kita agar diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>