Ilmu

Terdapat Keistimewaan Pada Kucing yang Harus Anda Ketahui

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Siapa yang tidak mengenal hewan bernama kucing? Hewan yang satu ini adalah salah satu hewan karnivora yang jinak dan menggemaskan. Kucing diciptakan oleh Allah SWT dengan berbagai keistimewaan, mulai dari kepala hingga ekornya.

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling disukai di dunia. Karena ukuran hewan ini tergolong kecil, mudah untuk diatur dan kucing juga dapat hidup secara mandiri dengan mencari makan atau mecari tempat istirahatnya sendiri tanpa harus disediakan oleh sang pemiliknya.

Kucing Kesayangan Rasulullah SAW yang Bernama Mueeza

Ternyata Rasulullah SAW juga menyukai hewan kucing, dan beliau bersabda bahwa kucing itu tidak najis

himabiofkipur2013-2014.blogspot.com

Dikisahkan dalam suatu cerita, Nabi Muhammad SAW memiliki seekor yang diberi nama Mueeza. Suatu hari saat Nabi SAW hendak mengambil jubahnya di temukannya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai di atas jubahnya.

Tidak ingin mengganggu kucing kesayangannya, Beliau pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya. Sekembalinya Nabi SAW ke rumah, Mueeza telah terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya. Sebagai balasan, Nabi SAW menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke Mueeza sebanyak tiga kali.

Hukuman bagi mereka yang menyakiti hewan lucu ini sangatlah serius, dalam sebuah hadits shahih Al Bukhari, diceritakan tentang seorang wanita yang masuk neraka karena tidak pernah memberi makan kucingnya dan tidak pernah melepas kucing tersebut untuk mencari makannya sendiri.

Hukum Membunuh Kucing

Diketahui bahwa Rasulullah SAW juga membela kucing, hadits riwayat Abdullah bin Umar R.A bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang wanita disiksa karena mengurung seekor kucing sampai mati. Kemudian wanita itu masuk neraka karenanya, yaitu ketika mengurungnya (kucing) ia tidak memberi makan dan tidak pula memberinya minum sebagaimana ia tidak juga melepasnya mencari makan dari serangga-serangga tanah.” (Shahih Muslim).

Fakta-Fakta Tentang Kucing

Dibalik lidahnya yang kasar, ternyata itu merupakan alat pembersih tercanggih di dunia, tidak hanya dapat membersihkan tetapi ketika kucing minum tidak ada setetes pun cairan menetes jatuh

lovelypets.juaropetshop.com

Fakta pertama: Pada kulit kucing terdapat otot yang berguna untuk menolak telur bakteri dan otot kucing juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan tangan manusia.

Fakta kedua: Lidah kucing merupakan alat pembersih tercanggih di dunia, dengan permukaannya yang kasar dapat membuang bulu-bulu yang sudah mati atau rontok dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa.

Permukaan lidah kucing terdapat benjolan kecil yang runcing seperti kikir atau gergaji. Bentuk tersebut sangat berguna untuk membersihkan kulit, ketika kucing meminum air tidak ada setetes pun air yang menetes jatuh dari lidahnya.

Fakta ketiga: Hasil dari penelitian menyatakan bahwa:

  • Kulit luar kucing negatif dari kuman.
  • Tes kuman yang ada di lidah kucing juga negatif.
  • Sekalipun ada kuman di keduanya namun kuman tersebut termasuk kuman yang biasa berkembang pada tubuh manusia dan dalam jumlah terbatas.
  • Tidak ditemukannya kuman yang beragam.

Hasil riset membuktikan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba (bakteri yang sangat kecil). Liur kucing pun bersih dari kuman dan juga membersihkannya, bahkan kucing itu lebih bersih daripada manusia.

Sisa Makanan Kucing Hukumnya Suci

Abu Qatadah berkata bahwa Nabi SAW pernah bersabda: “Kucing itu tidak najis. Ia (kucing) binatang yang suka berkeliling rumah (binatang rumahan).” (H.R Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Dalam sebuah cerita yang diriwayatkan oleh Ali bin Al-Hasan, Anas menceritakan bahwa Nabi SAW pergi ke Bathhan suatu daerah di Madinah.

Beliau berkata, “Ya Anas, tuangkanlah air wudhu untukku ke dalam bejana.”

Kemudian Anas menuangkan air tersebut, ketika sudah selesai mengisi bejana tersebut Nabi pun menuju bejana tersebut. Namun, seekor kucing datang dan menjilati bejana, melihat itu Nabi berhenti dan menunggu kucing tersebut hingga berhenti minum kemudian baru beliau berwudhu.

Nabi ditanya tentang kejadian tersebut, kemudian beliau menjawab, “Ya Anas, Kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak mengotori sesuatu, bahkan tidak najis.”

Tetapi tetaplah najis kotoran yang dikeluarkan oleh kucing.

Dari ini semua marilah kita menjaga salah satu hewan peliharaan kesayangan Rasulullah SAW ini, jika memelihara kucing tanpa merawatnya maka bersiaplah menerima balasannya di hari pembalasan.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    info dan gambarnya mengagumkan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>