Cerita

Kampus Dosen Jualan | Bukan Sekedar Kampus Belajar Bisnis Online

Kampus Dosen Jualan, begitulah saya menyebutnya. Kalau mau gampang menyebutkannya mungkin bisa disingkat menjadi KDJ.

Kampus yang terdapat di Jalan Wonosari KM 10,5 Babadan RT.02 RW.01 N0.4 Babadan, Sitimulyo, Piyungan, Sitimulyo, Piyungan, Bantul yang telah didirikan oleh pak Suryaddin Laoddang ini sudah berkali-kali menipu banyak orang, entah itu murid-murid kelas magang KDJ, para tamu atau yang hanya sekedar pengen tahu. Mereka-mereka yang tidak tahu keadaan KDJ yang sebenarnya tertipu dengan kata “Kampus”nya.

Kampus Dosen Jualan | Bukan Sekedar Kampus Belajar Bisnis Online

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata kampus?

Mungkin, sebuah tempat yang nyaman untuk belajar, fasilitas yang modern, gedung yang besar nan megah tempat belajarnya, banyak orang-orang yang “terlihat” sukses yang belajar disana, tempat parkir yang luas, akses yang mudah dan lainnya. Yang penting ekspektasinya tinggi banget deh. Tetapi ternyata….

Kampus Dosen Jualan tidak seperti apa yang tertulis diatas, hampir bisa dibilang kebalikannya yang ditulis diatas atau mungkin bisa saja lebih parah. Jalan masuknya yang tidak rata, tempat parkir yang sempit, kelasnya sederhana, kalau siang hari panas banget, kadang-kadang mati listrik (pernah korsleting), kalau hujan gentengnya bocor dan fasilitasnya sederhana.

Kampus Dosen Jualan

Kampus Dosen Jualan ketika pagi hari 1-1-2017

Hanya karena hal-hal “minus” tersebut banyak orang yang mengundurkan diri dari kelas magang KDJ, ternyata mereka-mereka yang mengundurkan diri tidak tahu fakta luar biasa yang ada di KDJ.

Jangan kamu lihat dari segi minusnya, lihatlah dari segi positifnya. Kampus Dosen Jualan yang sudah saya sedikit jelaskan di atas barusan ternyata sudah berkali-kali mencetak para pebisnis-bisnis yang luar biasa!!!

Suryading Laoddang | Pendiri Kampus Dosen Jualan – Pembicara Internet Marketing

Bapak Suryadin Laoddang atau yang biasa dipanggil dengan pak DJ (Dosen Jualan) berkali-kali mencetak pebisnis yang luar biasa dari tempat yang bisa dibilang biasa-biasa saja dan tidak ada spesialnya. Tetapi uniknya orang-orang datang ke Jogja atau ke Kampus Dosen Jualan bahkan ada yang dari luar Jawa hanya untuk menuntut ilmu-ilmu dari beliau.

Pak DJ sendiri adalah seorang praktisi dalam dunia bisnis online dan sudah berkali-kali mengisi workshop tentang bisnis online di berbagai macam kota besar di Indonesia, jadi dalam ilmu yang beliau ajarkan sudah terbukti hasilnya. Jika kamu mau mengundang beliau untuk menjadi pembicara internet marketing kamu bisa mengunjungi websitenya dosenjualan.com

Kampus Dosen Jualan

Pak Suryaddin Laoddang sedang memberikan materi tentang Kata Kunci

Disela-sela jam sibuknya, Pak DJ juga untuk berjualan mukena distro dan juga mampir ke KDJ untuk sharing ilmu-ilmu baru yang luar biasa (bagi pemula :D), bercerita, membuka forum konsultasi tanya jawab atau sekedar berkunjung melihat kegiatan harian di KDJ. Atau ketika kedatangan tamu, beliau pasti “memaksa” tamu tersebut untuk berbagi pengalaman dan ilmunya untuk para murid magang KDJ.

Sampai hari ini sudah lebih dari 30 angkatan yang belajar di KDJ, dengan berbagai ras, suku, agama, penghasilan, latar belakang yang berbeda-beda tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu sukses di masa yang akan datang. Setiap murid yang datang memiliki harapan yang besar di KDJ. Semoga Kampus Dosen Jualan bisa terus bertahan dan berkembang lagi mencetak entrepreneur baru.

Pendidikan Kampus Dosen Jualan

KDJ sudah mencetak banyak pebisnis hebat, mungkin kamu bertanya-tanya apa saja yang diajarkan disana.

Apa saja diajarkan disana?

Ini sesuai pengalaman saya, di minggu awal-awal magang kami setiap paginya harus menuliskan sebanyak 20 hal yang sudah dilakukan dengan format,

“Alhamdulillah hari ini saya ……” atau

“Saya bersyukur hari ini …….” dan lainnya selama 2 minggu dan kemudian dikumpulkan.

Hal ini untuk melatih bersyukur dengan segalanya mulai dari hal yang paling sepele hingga hal-hal yang besar seperti berhasil closing barang, ada order masuk dan hal-hal yang benar-benar disyukuri.

Hari pertama adalah perkenalan dan pembacaan peraturan KDJ, terdengar ketat tapi sebenarnya biasa aja, jadi peraturannya jangan dibawa serius. Kemudian disuruh nonton film Karate Kid yang kemudian disuruh ngereview dalam bentuk tulisan (nggak boleh kopas dari internet).

Awal materinya membuat email sebanyak 30 akun. Saya yang tau cara membuat email dan pernah belajar di Pesantren Sintesa saja ketika disuruh membuat 30 akun gmail benar-benar keteteran. Tapi alhamdulillah kesampaian sehari jadi 30 akun gmail, caranya gimana? Daftar dulu jadi murid magang KDJ 😀 untuk mengetahuinya.

Membuat iklan baris di situs iklan baris sebanyak 1500 buah selama 2 minggu. Awalnya teman-teman berpikir “Gila! 1500 iklan!!!” Tetapi ternyata bisa kesampaian, ada cara-cara cepatnya, tools yang membantu dan dibantu sama koneksi yang memadai agar bisa selesai 1500 iklan. Tiap harinya pada berlomba-lomba paling cepet selesai 150 iklan perharinya, biar jadi ajang pamer 😀

Kampus Dosen Jualan

Foto Bareng Tamu Istimewanya Pak DJ

Materi foto produk, caranya membuat studio sederhana, cara membuat foto produk menggunakan smartphone, aplikasi yang membantu edit hasil foto agar terlihat lebih bagus (yang jelas bukan kamera 360 ya) info tentang gambar yang baik untuk dijadikan gambar jualan seperti market place.

Materi facebook, cara membuat fanspage, agar terlihat di jendela halaman depan, agar terindex sama mesin facebook, cara mencari kata kunci yang sesuai dengan mesin pencari facebook, mencari jumlah pencarian berdasarkan mesin facebook. Yang diakhir materi diberi tugas membuat 10 Fanspage jualan pribadi dan 10 Fanspage jualan tugas dari Pak DJ.

Begitu pula nanti ketika materi Youtube, Pinterest, Instagram, Market Place dan sampai di blog dan SEO semuanya diajarkan secara pelan-pelan dan penuh bimbingan yang bertujuan ilmunya benar-benar sampai dan para pengajar tidak kecewa dengan hasil pengajarannya. Disetiap ujung materi pasti diberi tugas, tugas itupun langsung diberikan dalam jumlah banyak dan harus selesai dalam tempo waktu seminggu setelah diberi materi. Sampai termehek-mehek tuh ngerjain tugas tiap harinya, kadang tugas belum kelar tapi dah dikumpulkan ke yang piket untuk diupload, kata mereka yang belum selesai tapi dikumpulkan “yang penting dikumpulkan”

Sampai di ujung materi ada study tour, jalan-jalan sambil belajar ke tempat para alumni KDJ jualan atau kediamannya untuk berbagi pengalaman, motivasi dalam berjualan dan juga ide untuk jualan. Semua itu nanti diatur sendiri oleh para murid magang, mulai dari harinya apa, naik kendaraan apa, makan siangnya apa, mau ketemu siapa, dana yang diperlukan berapa, urutan acaranya bagaimana sudah diatur oleh para murid magang sendiri yang diambil dari study tour sebelumnya

Kampus Dosen Jualan

Study Tour Kelas Magang Dosen Jualan

Jadi sistem study tour, ketika murid-murid magang sudah mulai masuk penghujung waktu belajar di KDJ harus mengadakan study tour yang mana diadakan ketika angkatan selanjutnya sudah datang. Sehingga angkatan selanjutnya bisa belajar dari study angkatan sebelumnya untuk study tour mereka nanti di akhir masa pembelajaran mereka di KDJ. Jadi dalam 3 bulan setiap murid akan merasakan study tour sebanyak 2 kali

Materi Kehidupan | Pendidikan Mental Seorang Pebisnis Pemula

Yup, Kalau sudah ngebahas masalah bisnis apalagi pemula pastinya ingin instan atau cepat.

Kamu pasti tahu apa itu mie instan, sejenis ind*mie atau mie s*dap. Seinstannya mie instan masih perlu dimasak dulu baru bisa dimakan yang artinya “perlu proses untuk bisa dinikmati”.

Biasanya juga kayak gitu, untuk para pebisnis yang baru start mungkin terlalu terburu untuk naik, mendapatkan banyak profit, tetapi pengeluaran tidak sebanding dengan pemasukan yang pada akhirnya banyak yang bangkrut diawal start bisnis.

Kampus Dosen Jualan

Tamu yang datang ke Kampus Dosen Jualan

Pernah ada tamu yang datang ke KDJ yang mana beliau tempatnya konsultasi masalah bisnis apa saja. Dari 100% orang-orang yang datang ke beliau, 80% adalah anak muda yang terjerat hutang dari jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah. Sisa 20%nya adalah pengusaha yang sekedar bertamu dan minta solusi bisnisnya dan jarang yang terlilit hutang.

Salah satu pesan beliau, “Untuk kamu yang masih muda dan bisnisnya juga masih muda, jangan terburu-buru. Lebih baik pelan-pelan tetapi terus naik berlahan-lahan daripada cepat berkembang bisninya tetapi jatuhnya juga cepat, itu jauh lebih sakit daripada kamu diputusin sama pacar.”

Itulah yang diajarkan di KDJ khususnya di angkatan 26 (angkatan saya :D). Diangkatan saya terdapat 4 orang yang “tidak muda lagi” tetapi semangatnya masih pemuda. Merekalah yang  selalu mengingatkan untuk harus serius selama belajar dan jangan terburu-buru ketika belajar, semuanya akan indah pada waktunya.

Inkubator Kampus Dosen Jualan 26 | Murid Magang Kampus Dosen Jualan Angkatan 26

Kampus Dosen Jualan

Inkubator Kampus Dosen Jualan Angkatan 26

Kalau membaca cerita diatas, ya itu pengalaman saya bersama ke 14 teman saya di angkatan 26. Saya kurang tahu bagaimana cerita tiap angkatan sebelumnya, yang pastinya setiap angkatan punya ceritanya masing-masing.

“This is Twenty Six” Mulai dari yang polos tapi menyimpan sifat yang gokil, seorang Otaku atau yang suka dengan kartun jepang, religiyang kalau ke kampus kadang-kadang pakai sarung, suka nyetel lagu-lagu lawas, suka bikin heboh di kelas, ada motivator dll, wah… yang penting hampir lengkap lah angkatan 26 itu.

Di angkatan kami setiap memulai belajar di jam 8 selalu diawali dengan doa bersama yang kemudian diteruskan dengan beberapa game agar mengawali hari dengan penuh senyuman, terkadang kuis, kadang juga pernah senam otak, motivasi-motivasi dan lainnya. Hal ini bertujuan agar kelas kami tidak seperti kelas di sekolah-sekolah yang ada, tujuan lainnya agar kelas kami selalu terasa hidup dan nggak diem aja sama laptopnya masing-masing.

Dan inilah mereka 15 anggota Inkubator Kampus Dosen Jualan angkatan 26:

SuperVisor – Hendra Gunawan

  1. Arief Kurniawan
  2. Syahid Ulhaq
  3. Siwi Kurnia
  4. Yusni Christiani
  5. Bakhtiar Amrullah
  6. Perdana Putra
  7. Ikhsan Fauzani
  8. Malik Hidayatullah
  9. Syu’aibul Huda Al-Faatih
  10. Chandra Budiman
  11. Rahman Ha
  12. Adang Rusbiyanto
  13. Bunda Vorra
  14. Adhi Surya Permana
  15. Hery S Nugraha

Merekalah yang sudah menghiasi keseharian saya selama lebih dari 3 bulan lebih. Mereka bukan sembarang teman, mereka adalah keluarga kedua bagi saya. Ya, karena hampir setiap harinya saya bertemu mereka, saling sapa, saling bercanda, saling mengingatkan, tempat saya berbagi ilmu yang saya dapat, tempat saling berdiskusi, tempat untuk mengeluarkan isi hati, tempat untuk mengungkap impian dan kegelisahan.

Saya Berharap kita bisa ngumpul-ngumpul lagi, untuk sekedar bercerita dan bertemu sapa. ya…sekali saja sudah cukup. Kalau bisa kita dipertemukan dalam keadaan sudah sukses semua. Amin

Pesan Untuk Kamu yang Ingin Magang di Kampus Dosen Jualan

Kampus Dosen Jualan

Kampus Dosen Jualan

Kampus Dosen Jualan hanya untuk mereka yang serius mau berbisnis atau yang mau belajar. Untuk kamu yang tidak serius bukan di KDJ tempatnya.

Hormatilah para guru disana, jika kamu sudah mendapatkan ilmu yang lebih sebelum belajar di KDJ pendamlah untuk sementara hingga sampai waktu yang tepat. Kapan? Ketika semua materi sudah tersampaikan dan hanya menunggu masa-masa terakhir magang di KDJ. Waktu itulah yang sangat tepat untuk sharing.

Janganlah kamu melangkahi guru-guru disana, mungkin saja kamu punya teori lain dalam materi yang sudah disampaikan. Tetapi sampaikanlah masa-masa terakhir magang, karena jatah kamu hanya diwaktu itu.

Taatilah peraturan yang sudah ada, kamu disana tetap diperhatikan masalah akhlaq dan sikap. Maka dari itu jika kamu mau dihormati juga oleh guru, hormati guru dan ikutilah peraturannya dan tidak usah protes. Tinggal ikuti saja apa susahnya.

Terima Kasih sudah membaca tulisan ini, semoga memberikan manfaat bagi kita semua

 

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    Kampus Dosen Jualan berlokasi di Jogja adalah salah satu pilihan untuk anda yang ingin mandiri dengan cara jualan online. Untuk yang sudah offline gimana? Justru malah lebih bagus karena share marketnya lebih luas dan global. Merasa gaptek? Tidak usah khawatir temannya banyak kok yang senasib ( termasuk saya) dan Alhamdulillah sudah menuntut ilmu disini dan sudah merasakan efek positifnya di bisnis yang sdh saya jalani saat ini.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>