Ilmu

Jenis Tanaman Hias Buah yang Cocok Untuk Ditanam Di Halaman Rumah

Santrigaul.net – Untuk kamu yang mempunyai halaman rumah, pasti ingin menanam berbagai macam tanaman untuk menghias agar halaman rumah menjadi sebuah taman kecil yang menyenangkan dan enak untuk dilihat. Karena sudah memiliki tempat untuk menanam berbagai macam tanaman hias, selanjutnya tinggal memilih tanaman hias yang cocok untuk ditanam di halaman rumah kamu.

Usahakan untuk memilih tanaman hias tepat, tidak hanya memperindah halaman rumah saja tetapi juga memberikan manfaat tersendiri dalam menanamnya, contohnya adalah menanam tanaman hias buah. Terdapat berbagai macam tanaman hias buah yang dapat kamu tanam di halaman rumah kamu, mulai yang ditanam di dalam pot atau langsung di atas tanah halaman rumah.

Memilih tanaman hias tidak boleh sembarangan. Kombinasi dari setiap jenis dan warna dari tanaman sangatlah penting, karena hal ini akan menciptakan berbagai macam unsur yang memperlihatkan keindahan. Selain merancanga keindahan taman, yang harus diperlukan adalah menambah berbagai sarana pendukung lainnya seperti lampu taman, batu alam yang akan menambah keindahan taman rumah kamu.

Jenis Tanaman Hias Buah

Tanaman hias buah ada yang sulit untuk ditanam ada juga yang mudah untuk berbuah jika ditanam di dalam pot. Jika menanam di dalam pot, selain mudah juga dapat mempercepat pertumbuhan dengan baik dan dipercepat dengan tumbuhnya bunga maupun buahnya.

Berikut beberapa jenis tanaman hias buah yang dapat kamu tanam di halaman rumah kamu, diatas tanah maupun di dalam pot:

Krismil atau Tomat Hias

Tanaman hias krismil yang merupakan tanaman hias yang indah

www.tokopedia.com

Krismil merupakan hias buah yang populer di Indonesia karena warnanya yang menarik. Dalam satu pohon bisa berbagai macam warna yang tumbuh, seperti putih, oranye dan merah. Ukuran buahnya dapat sebesar 40 cm dan menjadikannya sebagai tanaman hias favorit bagi para penggemar tanaman hias. Tuumbuhan Krismil dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah.

Jeruk Nagami

Pohon jeruk nagami yang merupakan jenis tanaman hias yang paling banyak dimininati oleh penggemar tanaman hias

archive.kaskus.co.id

Jeruk nagami adalah tanaman buah yang memiliki ukuran yang kecil dan memiliki bentuk yang lonjong. Tanaman ini rajin berbuah dan dapat dimakan langsung buahnya beserta kulitnya sekaligus, bahkan kulitnya lebih manis daripada daging buahnya. Di negara Singapura, buah jeruk nagami ini biasanya dibuat untuk manisan atau asinan.

Karena aroma dan rasanya menyerupai jeruk, kemudian kumquat varietas nagami ini lebih dikenal sebagai nama jeruk nagami. Bentuk buahnya yang kecil dan lonjong, dengan kulit buah yang tidak pahit menjadikannya dapat langsung disantap beserta kulitnya. Rasanya ada yang asam, manis, wangi dan segar, pokoknya rasanya rame kayak nano-nano.

Kandungan yang terkandung dalam jeruk nagami adalah:

  1. Daunnya mengandung banyak minyak atsiri
  2. Buahnya mengandung gula, asam organik, kaya serat dan vitamin seperti vitamin A, B, C dan juga terdapat mineral seperti kalsium dan zat besi.
Buah jeruk nagami yang merupakan jenis tanaman hias yang banyak diminati

citruspages.free.fr

Buah jeruk nagami sangat berguna untuk mengobati bronkitis, batuk pilek, radang tenggorokan, demam, diare, gangguan limpa dan masih banyak lainnya. Buahnya sangat cocok untuk kamu yang sedang melakukan program diet.

Zaitun

Pohon zaitun merupakan jenis tanaman hias yang memiliki banyak manfaat

tamanbuahsurga.wordpress.com

Tanaman hias buah ini merupakan pohon kecil tahunan yang abadi, buah mudanya dapat langsung dimakan mentah atau sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buah yang sudah tua kemudian diperas dan minyaknya menjadi minyak zaitun yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Zatiun dapat tumbuh diberbagai daerah dengan iklim yang panas sampai dengan iklim yang sedang. Kebanyakan zaitu dapat ditemukan di Benua Asia, Afrika dan daerah laut tengah.

Tangkai zaitun berdaun sering dipakai sebagai lambang perdamaian dan telah lama menjadi bagian dari kebudayaan orang barat. Di dalam masyarakat, dahan zaitun menjadi lambang perdamaian dan telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Filosofinya adalah tumbuhnya zaitun akan membawa perdamaian.

Manfaat dari pohon zaitun adalah, selain buahnya enak, kayu dari pohon zaitun sangatlah bagus, keras dan indah. Selain dapat dimakan, buah zaitun juga dapat digunakan sebagai penyedap makanan. Apabila buahnya zaitun diperas maka akan diperoleh minyak yang dapat digunakan sebagai bumbu salad dan bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembapan dan mengencangkan kulit, sehingga buah zaitun diyakini dapat menjadikan kulit tetap awet muda.

Long Mulberry

mulberry adalah jenis tanaman hias yang unik

store.isons.com

Tanaman hias yang satu ini merupakan dari spesies mulberry yang biasanya tumbuh di berbagai macam belahan dunia. Biasanya spesies long mulberry ini disebut dengan HImalayan Mulberry atau Pakistan Mulberry yang rasanya enak dan dapat langsung dimakan.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga 9 meter bahkan jika tumbuh di alam liar dapat tumbuh hingga 20 meter. Tumbuhan ini memiliki umur yang panjang dan dapat berbuah terus selama ratusan tahun.

Tumbuhan long mulberry sangat membutuhkan pencahayaan sinar matahari dan tidak dapat tumbuh indoor. Pemupukan tidaklah dibutuhkan untuk merawat tumbuhan ini.

Kacang Amazon

pohon kacang amazon merupakan jenis tanaman hias yang indah

www.kompasiana.com

Tanaman hias ini disebut dengan Peanut Butter fruit atau kacang mentega. Tumbuhan ini menghasilkan buah kacang yang bentuknya seperti buah melinjo, rasanya pun enak dan gurih seperti perpaduan antara kacang mete dan buah melinjo. Tetapi jika diperhatikan bahwa tanaman ini memiliki susunan daun, batang, dan buah yang berbeda.

Buah kacang amazon berwarna hijau ketika masih mentah, ketika mulai matang warnanya mendekati oranye dan saat matang berwarna merah. Perpaduan warna yang dihasilkan dari proses pematangan buah kacang amazon inilah yang menjadikannya terlihat indah dipandang mata.

Buahnya lembek ketika sudah matang. Dalam satu pohon dengan tinggi 3 meter dapat memanen 2-3 kg kacang amazon. Bijinya harus disangrai terlebih dahulu baru dapat dinikmati. Sebagai pendatang baru, tanaman buah ini mempunyai prospek yang bagus karena bulum banyak terjual di supermarket.

Kacang amazon merupakan tanaman langka di Indonesia, karena tanaman ini aslinya dari Amerika Selatan. Walaupun Berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini dapat tumbuh juga di luar kampung halamannya dengan syarat tanaman ini harus ditanam pada ketinggian di 100 meter hingga 2600 meter di atas permukaan laut.

Biasanya warna pada daun amazon berbeda dengan tangkai hingga pangkalnya. Tetapi hasil dari pengamatan, semua daun dari tumbuhan kacang amazon memiliki warna yang sama yaitu hijau sedang. Bentuk daunnya oval dan terlihat tebal dengan tulang daun yang berbentuk menyirip serta daunnya yang bergelombang.

Tumbuhan kacang amazon dapat dikembang biakkan dengan stek atau cangkok, selain dapat dimakan daging buahnya, bijinya juga dapat dapat dijadikan tanaman penghias pekarangan karena buahnya yang indah dan berwarna warni.

Cara merawatnya sangatlah mudah, banya memerlukan air yang cukup dan sinar matahari penuh maka tanaman ini akan tampil semarah dengan buahnya yang menyembul diantara hijaunya dedaunan.

Nanas Hias Lava Bust

Nanas Merah merupakan jenis tanaman hias yang indah

istiangga.com

Nanas hias ini tampak unik dengan gradasi warna merah pada daunnya. Walaupun menghasilkan buah nanas tetapi relatif kecil sehingga pohon nanas jenis ini cocoknya untuk dekorasi taman saja. Tanaman hias lava bust ini dapat tumbuh sampai setinggi 70 cm dan akan terlihat cantik bila ditanam secara bergerombol.

Tanaman hias ini memerlukan pencahayaan yang penuh dari sinar matahari dan pengairan yang baik. Lava bust aslinya berasal dari negara Amerika Selatan (Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuela dan Brasil).

Buah Naga Mini

buah naga mini merupakan jenis tanaman hias yang unik

tatakebun.blogspot.com

Buah naga ini tidak jauh berbeda dengan buah naga lainnya, rasanya tetap manis seperti buah naga pada umumnya. Hanya yang berbeda adalah pada ukurannya yang menggemaskan yang membuat pohon ini layak menjadi koleksi bagi para penggemar tanaman hias.

Yellow Pitumba

Yellow pitomba merupakan jenis tanaman hias yang langka

www.daleysfruit.com.au

Tanaman buah eksotis ini disebut dengan juga yellow grumichama. Daging buahnya putij dan dengan rasa yang manis dan segar, ukuran buahnya hanya sebesar kelereng tetapi rasannya seperti ceri. Daunnya berwarna mengkilap dan tidak mudah rontok, bisa digunakan sebagai tanaman hias ornamen penghias taman.

Yellow Pitomba sangat cocok untuk disimpan dalam pot. Apabila ditanam di bawah sinar matahari langsung maka akan menghasilkan banyak buah. Bila kamu sedang mencari tanaman hias yang langka, maka yellow pitomba merupakan pilihan yang tepat.

You Might Also Like

4 Comments

  1. 1

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Jenis Tanaman Hias Buah yang Cocok Untuk Ditanam Di Halaman Rumah ” .
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Indonesia by Universitas Gunadarma

  2. 2

    Kira-kira perawatannya mudah gak tuh jika menanam tanaman hias buah di dalam pot?

  3. 3

    Insha Allah Mudah kok, melihat tanaman pot itu dapat dipindah dengan mudah dan jenis tanahnya dapat disesuaikan dengan tanamannya.

  4. 4

    makasih postnya sangat membantu dan bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>