Agama

Inilah Manfaat Berqurban Dalam Agama Islam

Santrigaul.net – Qurban atau kurban secara makna adalah hewan sembelihan. Qurban adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang mana dilakukannya penyembelihan hewan ternak yang dilakukan sebagai wujud pengorbanan umat muslim. Ibadah qurban dilakukan pada bulan dzulhijah dalam penanggalan hijriah, tepatnya pada 10 dzulhijjah.

Manfaat Qurban Untuk Diri Sendiri

Selain untuk melaksanakan ibadah, qurban juga memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri juga untuk orang lain, adapun manfaat bagi diri sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Memupuk rasa empati: hikmah dibalik berqurban adalah melatih kita untuk memiliki sikap kepedulian social. Kita yang selama ini kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikorbankan dalam wujud binatang ternak untuk kemudian dagingnya dikonsumsi oleh banyak orang yang membutuhkan
  2. Melatih diri untuk menjadi dermawan: seorang yang menjadi pribadi yang dermawan perlu dilatih hingga menjadi kebiasaan, jika kita sering bersedekah harta mungkin bisa ditingkatkan dengan berqurban di waktu hari raya idul adha
  3. Meingkatkan ketaqwaan kepada Allah: berqurban adalah salah satu perintah Allah yang jelas dicantumkan di Al-qur`an. Ibadah qurban akan menjaga bahkan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Sehingga kita akan memiliki iman yang semakin kuat dan tidak mudah mengikuti hawa nafsu
  4. Bekal pahala di hari akhir: tentu saja ibadah qurban akan menjadi amal baik yang akan dicatat oleh malaikat. Ibadah qurban yang semata-mata ikhlas dilakukan sebagai bagian dari pengabdian kepada Allah akan mendapatkan pahala yang setimpal. Pahala inilah yang nantinya akan menyelamatkan kita di hari akhir kelak
  5. Membangun sikap solidaritas: saat berqurban, sebaiknya juga membaur dengan orang lain dalam proses penerimaan, penyembelihan, dan membagikan hewan qurban. Ada hikmah lain yang bisa didapat dalam kegiatan qurban ini. Saat kegiatan qurban akan membuat kita saling bekerjasama dalam melakukan ibadah ini, setiap apa yang kita lakukan akan menjadi amalan yang baik. Oleh arena itu akan membuat kita, lebih bisa bersosialisasi dan berhubungan baik dengan orang lain.
  6. Rejeki kita akan menjadi berkah: saat kita berqurban menjadi salah satu upaya untuk menjadikan apa yang selama ini kita kumpulkan, harta benda yang kita miiki menjadi berkah dengan menggunakannya untuk ibadah. Bahkan manfaat qurban, akan membahagiakan orang lain dalam jalan keislaman.

Manfaat Qurban Untuk Orang Lain

Selain bermanfaat untuk diri sendiri, ibadah qurban juga bermanfaat untuk orang lain, antara lain:

  1. Menjaga tali silaturahmi: saat hari raya qurban adalah salah satu sarana untuk menjalin tali silaturahmi kepada orang lain. Tidak hanya kepada satu orang saja bahkan bisa sampai banyak orang. Menyukseskan kegiatan qurban dibutuhkan kebersamaan dan peranan banyak orang. Ini akan menjadi sarana pemersatu diantara umat islam. Tidak ada perbedaan di hari itu, kita bersama-sama berbagi kebahagiaan untuk sesame.
  2. Mencukupi kebutuhan gizi kaum kecil: dari tinjauan kesehatan, manfaat qurban bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia. mengingat kebutuhan gizi rakyat Indonesia sangat tinggi dan tidak semua rakyat mampu merasakan manfaat daging. Oleh karena itu, saat hari raya qurban menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat dari kalangan bawah untuk memperbaiki asupan gizi, terutama yang berasal dari daging sapi dan kambing.

    Manfaat Qurban dalam Islam

    3.bp.blogspot.com

  3. Memakmurkan masjid: qurban kebanyakan dilakukan di masjid. Saat hari raya qurban pasti setiap masjid melakukan kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan qurban. Memakmurkan masjid adalah salah satu perintah yang perlu dilakukan umat islam. Masjid akan tetap dimakmurkan setiap waktunya, karena banyak orang yang melakukan ibadah mulai dari shalad ied bersama hingga proses penyembelihan
  4. Menjaga budidaya hewan ternak: ini adalah manfaat lain yang bisa didapatkan untuk meningkatkan aspek pertanian negara kita. Dengan adanya ibadah qurban, maka harus ada hewan yang diqurbankan. Peranan para peternak hewan seperti sapi, kambing, dan domba di Indonesia akan sangat penting dalam membantu terlaksananya kegiatan kurban ini. Manfaat qurban akan membantu meningkatkan aspek di bidang peternakan, mengingat sampai saat ini saja Negara kita masih saja impor hewan ternak.

Bagi umat islam tentunya ibadah qurban tidak hanya semata-mata ibadah, namun memberikan manfaat kepada diri sendiri dan sesama umat Islam dan juga lingkungan.

Berqurban merupakan kewajiban untuk umat Islam yang mampu, karena harga hewan qurban tida murah saat mendekati hari H. Namun kita bisa berqurban dengan biaya yang lebih terjangkau dengan membeli kambingnya jauh sebelum hari raya Iedul Adha. Kambing tersebut bisa kita ternakkan dan kemudian diambil untuk qurban.

Bagaimana jika kita tidak sempat untuk ternak kambing sendiri? Itu bukanlah masalah, saat ini ada sebuah aplikasi bernama Angon, yang membantu kita untuk ternak online hanya melalui smartphone. Jika Anda ingat dengan kepopuleran Tamagotchi, tentu akan senang dengan konsep dari aplikasi ini.

Ternak online disini adalah, kita bisa membeli dan memantau perkembangan hewan ternak yang kita punya hanya melalui aplikasi. Ada berbagai macam jenis ternak yang tersedia, mulai dari kambing hingga sapi dengan berbagai jenis.

Penasaran? Anda bisa langsung mengujungi web resminya di Angon.id untuk mendapatkan informasi lebih detil mengenai aplikasi ini.

 

 

 

 

 

 

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>