Ilmu

Inilah Bahaya Merokok Bagi Para Pelajar

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Saat ini sudah terdapat lebih dari 1.100 juta orang penghisap rokok di dunia. Diperkirakan pada tahun 2025 para penghisap rokok akan bertambah menjadi 1.640 juta orang, setiap tahunnya sampai 4 juta orang meninggal hanya karena berhubungan dengan alat hisap ini. Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa pada tahun 1999, sekitar 250 juta anak di dunia dilaporkan meninggal dunia karena tembakau jika konsumsi tembakau tidak dihentikan.

Apa Bahaya dari Merokok?

Rokok merupakan senjata pembunuh yang paling banyak diminati masyarakat dunia

simburnaikupdate.wordpress.com

Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, karena di dalam rokok terdapat ribuan zat kimia yang terkandung di tiap satu batang rokok. Hanya dengan merokok secara langsung seseorang memperpendek umurnya, karena rokok dapat merusak organ-organ dalam tubuh.

Secara garis besar, merokok dapat membahayakan kesehatan tubuh. Ini dia beberapa kerugian yang diakibatkan dari merokok:

  1. Timbulnya penyakit kanker (kanker darah, kanker otak, kanker kulit).
  2. terjangkitnya penyakit jantung.
  3. Timbulnya bercak-bercak hitam di paru-paru.
  4. Penyakit ginjal.

Dampak Merokok Bagi Remaja

Merokok pada masa-masa remaja memang memiliki segudang bahaya bagi kesehatan mereka, yang paling ditakutkan salah satunya adalah kesehatan jasmani. Padahal sudah banyak media yang menyatakan bahwa rokok itu berbahaya, bahkan bungkus rokoknya terdapat gambar-gambar seram yang diakibatkan dari merokok. Tetapi mengapa himbauan tersebut seakan-akan tidak dipedulikan oleh masyarakat dan mereka tetap saja merokok?

Sudah keterlaluan anak zaman sekarang, bahkan pelajar pun sudah mulai mengenal rokok

www.kaskus.co.id

Kebiasaan merokok bagi para pelajar bermula karena kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi, bisa karena termakan iklan atau terbujuk rayuan teman. Sekitar 77% siswa merokok karena diajak oleh temannya. Sehingga Yayasan jantung Indonesia telah mendapatkan kesimpulan bahwa siswa merokok karena alasan:

  1. Dengan merokok terkesan lebih keren.
  2. Merokok dapat meningkatkan prestasi.
  3. Orang yang merokok dapat membuat pandai bergaul.
  4. Merokok dapat menghangatkan tubuh.
  5. Orang merokok akan terlihat lebih dewasa.

Hasil tersebut sangatlah tidak masuk akal, karena orang yang merokok sangat minim untuk bisa mendapatkan prestasi. Orang yang merokok menganggap diri mereka keren padahal tidak sama sekali, justru merokok menjadikan mukanya menjadi pucat, mata memerah, gigi menjadi kuning dan menghitam, bibir tidak merah dan terlihat gelap, mulut dan badan pun menjadi bau.

Zat-Zat Kimia yang Terdapat di Dalam Rokok

1. Nikotin.
Ini merupakan jenis zat yang terdapat pada tembakau, memiliki sifat racun yang menyebabkan ketergantungan atau ketagihan. Jika menghisap rokok maka nikotin akan memasuki ke dalam otak dan mempengaruhi syaraf-syaraf otak. Nikotin juga membuat lemahnya organ tubuh, antara lain:
Kulit menjadi kekurangan darah dan oksigen.
Wajah menjadi pucat.
Penyumbatan pembuluh nadi (serangan jantung) dan Pembuluh nadi otak (stroke).

2. Tar.
Tar merupakan salah satu unsur yang terdapat dalam asap rokok yang menyebabkan gejala penyakit kanker karena terkandung bahan-bahan karnosigen yang merupakan unsur utama penyebab kanker.

3. Karbon Monoksida
Ini merupakan gas beracun yang paling berbahaya, karena memiliki daya ikat yang kuat terhadap butir darah merah yang seharusnya membawa oksigen.

Pengaruh Rokok Dalam Kesehatan

asap rokok dapat membuat seseorang kecanduan terhadap rokok

www.sluhat.com

1. Jangka Pendek.
Asap rokok akan merangsang batuk.
Asap rokok menyebabkan saluran pernafasan menyempit antara 30-40 menit.
Asap rokok melumpuhkan peralatan pembersih yang terdapat di dalam paru-paru menyebabkan nafas terasa sesak.

2. Jangka Panjang.
Terjadinya gangguan fungsi paru-paru.
Menyebabkan produksi lendir pada saluran pernafasan berkurang setelah 15 tahun merokok.
Akibat penyempitan saluran pernafasan menyebabkan terasa sesak ketika bernafas.

Upaya yang Harus Dilakukan

Sering-sering mengingatkan orang lain yang belum merokok akan bahayanya, agar terhindar dari pergaulan orang yang sering merokok.
Hidup sehat merupakan jalan agar terhindar dari merokok.

Salah satu fakta menarik, ternyata para buruh pabrik rokok yang beredar di Indonesia ttidak merokok. Mereka memproduksi tetapi tidak memakainya dengan alasan mereka sudah mengetahui apa isi kandungan berbahaya yang ada di dalamnya.

Ingatlah, jangan sampai nasib yang menegurmu. Tegurlah nasibmu sebelum nasib menegurmu, jangan sampai menyesal akan yang sudah terjadi. Jika sudah terjadi maka yang bisa dilakukan adalah memperbaiki diri dan mulailah mengingatkan orang lain agar tidak terjadi kembali seperti dirinya.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    memang roko itu bnyak mengandung zat kimia yang berbahaya,dan banyak yang melarang…
    tpi.knapa d produksi truz menerus..??knpa pemerintah tidak menutup pabrik rokokNya saja…dengan begitu pasti tdak ada orang yang merokoKan..???????

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>