Agama

Mengapa Dalam Islam Melarang Pacaran? Ini Jawabannya

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Anak zaman sekarang yang tidak mengetahui namanya pacaran berarti itulah seorang pemuda yang mendapatkan bimbingan orangtua dengan serius, pergaulannya terjaga dan pendidikannya terjamin.

Tetapi sebaliknya yang kita dapatkan tentang anak zaman sekarang, bukan hanya mengetahui tetapi sudah melakukannya. Melakukan apa? Melakukan pacaran yang seharusnya dihindari bukan di dekati. Banyak anak zaman sekarang yang sudah tidak paham arti sebenarnya dari kasih sayang.

Ada istilah pada zaman sekarang, “malam minggu gak pacaran, Jones lo”. Apakah manfaat yang didapat dari pacaran? Yang didapat dari pacaran sangat minim sekali positifnya bahkan negatifnya lebih besar dan berbahaya. Pertanyaan yang biasa muncul, Mengapa islam melarang pacaran? Apa bahaya yang di dapat dari berpacaran? Muncul sebuah istilah “pacaran islami”, apa maksudnya?

Alasan Islam Melarang Pacaran

Pacaran itu akan membawa kepada sebuah perkara keji yaitu perzinaan yang mana zina termasuk perbautan yang dibenci Allah SWT dan dosanya sangatlah besar. Allah SWT tealah berfirman:

dalil tentang berzina

santrigaul.net

Artinya: “Dan janganlah kalian mendekati zina, sesungguuhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (Q.S Al Isra: 32)

Dalam tafsir As Sa’di ia menyatakan: “Larangan mendekati zina lebih keras daripada sekedar larangan berbuat zina, karena mendekati zina juga mencakup seluruh hal yang menjadi pembuka peluang terjadinya zina.” Dengan ini segala sesuatu yang mencakup hubungan intim ataupun kegiatan percumbuan dan bermesraan dan lainnya yang dilakukan sepasang lelaki dan perempuan tang tidak halal.

Bahaya Dari Pacaran

Karena pacaran itu dapat membawa seseorang ke dalam sebuah perkara yang sangat keji yaitu zina, maka dosa besarlah yang akan di dapatkan. Jika seseorang pacaran terus ketahuan orang lain apa yang mereka rasakan? Pasti malu yang mereka rasakan. Ketahuan sama orang lain aja malu rasanya apalagi sama Allah yang Maha Melihat? Harusnya lebih malu lagi, maka lebih baiknya jauhilah yang namanya pacaran.

Adakah Pacaran Islami?

Jawabannya tidak ada pacaran islami, tidak ada istilah pacaran islami. Menurut mereka (yang menjalankan) pacaran islami adalah tetap menjalankan hubungan tetapi dari jauh, saling mengingatkan tentang kebaikan dan ibadah, saling bertanya tentang keadaan dan lainnya. Walaupun begitu tetapi ujung-ujungnya minta ketemuan di suatu tempat sepi, berarti sama saja, tidak boleh.

Cara Pencegahannya

Berikut cara pencegahannya agar tidak terjerumus dalam perzinahan:

  1. Dilarang berdua-duaan lelaki dan perempuan yang bukan mahram. Rasulullah SAW bersabda: “Apabila laki-laki dan perempuan yang bukan mahram berdua-duaan maka yang ketiga adalah setan”.
  2. Harus menjaga Pandangan ketika di jalan, ini merupakan kunci hati. Karena dari pandangan dapat mengutus sebuah fitnah yang sering membawa ke dalam perkara zina. Allah SWT berfirman:
    dalil tentang menjaga pandangan

    santrigaul.net

    Artinya: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” Katakankah kepada wanita beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya.” (Q.S An Nuur: 30-31).

  3. Kepada kaum wanita diwajibkan agar menjaga auratnya dari pandangan laki-laki dan dilarang memakai pakaian yang mempernonton lekuk tubuhnya.
  4. Menikah adalah salah satu jalan untuk menjauhi jalan zina yang haram. Dengan menikah dapat menjaga mata, hati dan jiwa agar selalu dalam kehormatan.
  5. Dekat diri kepada Allah SWT dan selalu berdoa agar selalu dalam lindungannya.
meniksh adalah jalan terbaik untuk menghindari maksiat zina

palembang.tribunnews.com

Dari ini semua mari kita bermuhasabah diri tentang rasa kasih sayang. Jika memang benar mencintai seseorang maka nikahilah. Jika belum cukup umur maka cukuplah disimpan dalam hati dan berdoalah selalu agar Allah menjadikannya jodoh yang setia.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>