Kesehatan

Mengenali Gejala Penyakit Tipes dan Penangannya

Sick woman lying in bed

Santrigaul – Apakah anda pernah mendengar penyakit tipes? Tipes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang mulai dari anak-anak bahkan orang dewasa. Penyebab penyakit tipes adalah karena infeksi oleh sebuah bakteri yang disebut dengan bakteri salmonella tyhps. Walaupun penyakit tipes dikenal sebagai penyakit yang tidak menular, tetapi infeksi dari bakteri yang sama dari sang penderita akan berakibat sama dan menyebabkan penyakit yang sama.

Gejala tipes pada anak umunya hampir sama dengan penyakit demam dan demam berdarah dengue. Hal ini terkadang membuat masyarakat yang masih awam bingung untuk membedakan kedua penyakit ini. Dengan membawanya ke dokterlah maka jawaban dari kebingungan tadi akan terjawab.

Nah kali ini akan sedikit mengulas tentang penyakit tipes, bagaimana cara mengenali gejala dari tipes, penangannya sampai penyembuhannya. Tujuannya tentu untuk saling mengingatkan dan mewaspadai gejala tipes pada sanak saudara yang terkadang diabaikan (karena adminnya pernah sakit tipes juga, makanya pengen ngingetin juga) yang pada ujungnya malah memberikan dampak berbahaya bahkan kematian.

Apa itu Penyakit Tipes dan Apa Penyebabnya?

Pada umumnya gejala tipes pada anak disebabkan karena infeksi bakteri pada usus halus. Jenis bakteri yang bisa masuk hingga sampai usus melalui makanan yang dikonsumsi oleh penderita. Anak-anak memiliki potensi terkena penyakit tipes cukup besar, dikarenakan anak kecil sangat suka makan makanan tanpa memilih manayang baik dan tidak.

dibawa rumah sakit adalah cara cepat mengetahui gejala tipes

gambarproperti.com

Bakteri yang sudah masuk hingga usus akan berkembang biak yang kemudian akan merusak dinding usus. Setelah bakteri-bakteri tersebut berkembang biak maka selanjutnya mereka akan masuk di saluran limfa dan masuk ke dalam pembuluh darah. Proses ini akan memakan waktu sekitar 24-27 jam.

Setelah jangka waktu sekian, maka bakteri kemudian akan menyebar pada pembuluh darah dan pada akhirnya akan menyebab gejala-gejala penyakit tipes. Pada umunya gejala awalnya adalah demam yang akan semakin tinggi dari hari ke hari khususnya pada waktu malam hari. Ini akan berlangsung selama 7-10 hari.

Gejala Tipes

Gejala awal tipes awalnya terlihat sperti penyakit influenza. Terkadang sang penderita juga merasakan radang tenggorokan, flu, demam, sakit kepala disertai demam. Namun akan terlihat jelas lagi setelah seminggu, yaitu fase ketika bakteri telah berkembang secara sempurna.

Infeksi Bakteri pada Minggu Pertama

sakit tipes memiliki beberapa periode penyakit gejala tipes

www.merdeka.com

Penderita tipes akan mengalami gejala mudah kelelahan dengan ditandai tubuh yang semakin lemah. Setelah minggu pertama gejala yang akan muncul adalah sebagai berikut:

  • Demam akan terus mengalami kenaikan ketika malam hari. Bahkan bisa sampai dan melebihi 40 derajat celcius.
  • Sakit kepala mulai dari bagian mata dan bagian belakang kepala sehingga penderita tidak dpat beraktifitas apa-apa.
  • Nafsu makan menurun sehingga tubuh semakin lemah.
  • Gangguan pencernaan yang menyebabkan sembelit dan diare.
  • Muncul batu kering yang tidak bisa disembuhkan dengan jenis-jenis obat batuk pada umumnya.
  • Timbul bercak-bercak merah di sekitar kaki dan tangan.

Infeksi Bakteri pada Minggu Kedua

Jika pada minggu kedua si penderita tidak mendapatkkan penangan yang memadai, penderita akan mulai bertambah sakit dan tidak dapat beraktifitas. Berikut gejala pada minggu kedua:

  • Demam akan menjadi naik turun. Malamnya panas paginya turun. Siangnya demam lagi ketika malamnya turun.
  • Nafsu makan akan terus menurun hingga penderita menjadi kurus karena kekurangan makan.
  • Gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.
  • Perut menjadi bengkak dan terasa lebih keras.

Tipes pada Minggu Ketiga

MInggu ketiga dari gejala tipes

www.radiokita.or.id

Setelah memasuki minggu ketiga maka tipes akan semakin parah dan penderita akan sudah tidak bisa melakukan aktifitas sama sekali. Penderita akan menjadi sulit berjalan bahkan bangun dari tempat tidur menjadi sangat sulit. Selain demam yang terus meninggi akan sepanjang hari membuat penderita semakin parah. Pada tahap ini biasanya juga disertai dengan gejala komplikasi penyebaran bakteri dari usus ke bagian usus yang lain.

Tipes pada Minggu Keempat

Pada tahap ini anehnya penderita akan merasa lebih baik dan penderita menjadi tidak merasakan demam dan terlihat lebih bugar. Tetapi pada fase inilah justru bahaya mengancam, karena fase ini hanyalah sementara. Dalam tempo waktu yang tidak lama penderita akan merasakan penyakitnya kembali sama seperti minggu-minggu pertama.

Cara Mencegah Tipes

Tipes menjadi penyakit yang umum tetapi berbahaya, namun dapat dicegah dengan berbagai langkah yang tepat:

  • Biasakan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan diolah dengan bahan-bahan yang sehat pula.
  • Perhatikan konsumsi air minum dan makanan setiap harinya.
  • Jika termasuk dalam orang-orang yang terlalu sibuk, maka cukupilah nutrisi harian dan jangan sampai lupa untuk beribadah.
  • Hindari mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak dicuci terlebih dahulu.
  • Hindari makanan yang disimpan terlalu lama di mesin pendingin maupun ditempat yang terbuka.
  • Perhatikan makanan yang sering dikerubungi lalat, karena lalat berpotensi membawa bakteri.
  • Selalu memperhatikan cara hidup sehat.

Tips Pemulihan Tipes

Cukupkan iar minum selama menderita penyakit gejala tipes

www.cpartikel.com

Ketika mengetahui terkena penyakit tipes, lakukan tindakan-tindakan yang tepat untuk mengurangi penderitaan yang dialami:

  • Konsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi, air juga bermanfaat untuk menjaga stamina dan lebih segar daripada mengkonsumsi air dengan jumlah yang sedikit.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang susah untuk di cerna. Karena yang terinfeksi usus usahakan beri makanan yang halus seperti bubur yang dicampur dengan sayuran.
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan kafein.
  • Hindari memberikan susu dengan berbagai macam merek, karena usus sedang dalam masa sensitifnya.

Semoga info ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat mencegah jatuhnya koraban akibat penyakit tipes.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>