Ilmu

Mengapa Harus Berdoa Sebelum Tidur Begitu Pula Sesudahnya? Berikut Penjelasannya

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul.net – Setelah bekerja seharian pasti tubuh akan merasa lelah dan kebanyakan orang utntuk menyelesaikan masalah ini dengan istirahat, istirahat paling nikmat adalah tidur. Dengan tidur nyenyak dapat mengembalikan kekuatan dan stamina seseorang kembali lagi. Tetapi sadarkah kita, sebagai seorang muslim untuk menjadikan tidur sebagai bagian dari ibadah?

Tidur dapat menjadi suatu amalan yang mendapatkan pahala jika dikerjakan dengan cara yang islami

tmjpainandtreatment.com

Manusia diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT seperti dalam ayat Al-Qur’an, Allah SWT berfirman: “Dan telah kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah (kepadaku).” Bagaimana caranya menjadikan tidur itu bernilai ibadah? Caranya dengan mengikuti tuntunan adab-adab islam dalam melakukan tidur. Banyak caranya, dengan berdzikir ketika hendak tidur dan ketika bangun dari tidur.

Doa sebelum Tidur

doa sebelum tidur

santrigaul.net

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati.”

Maksud dari doa tersebut adalah bahwa kita meminta izin kepada Allah SWT untuk mati sementara (penelitian meyebutkan bahwa ketika orang tertidur seluruh tubuh akan mati atau tidak melakukan aktivitas kecuali otak, otak masih memberi perintah kepada organ-organ tubuh untuk terus bekerja selama manusia tertidur seperti jantung dan paru-paru).

Andaikan saja jika Allah SWT berkehendak ketika kita tertidur dan Allah SWT mematikan otak kita, maka apa yang akan terjadi? Ya maka seluruh organ tubuh ikut mati juga dan pasti kita akan tahu akibatnya. Maha suci Allah masih memberi kesempatan kepada kita bernafas dan jantung tetap berdetak selama kita tidur.

Maka bersyukurlah kepada Allah SWT masih dapat bangun di waktu pagi hari untuk dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari. Apa jadinya jika Allah SWT tidak mengizinkan kita untuk bangun dari tidur yang sementara ini, kita berlindung kepada Allah SWT agar itu tidak terjadi secepat itu, Aamiin. Sebagai tanda syukur masih dapat bangun dari tidur, maka bacalah doa setelah bangun tidur.

Doa Setelah Tidur

doa setelah tidur

santrigaul.net

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepadanya-Nya kami akan dibangkitkan.”

Dengan berdoa setelah tidur itulah tanda kesyukuran kepada Allah SWT bahwa kita masih diberi kesempatan untuk hidup kembali. Apa daya jika tidak bangun dari tidur karena Allah sudah benar-benar mematikan tubuh kita, Na’udzubillah min dzalik aku berlindung kepada Allah akan hal itu.

Kedua doa tersebut diambil dari sebuah hadits sahih riwayat muslim. Dari Barra’ katanya:

dalil tentang doa sebelum dan setelah tidur

santrigaul.net

Artinya: Sesungguhnya Rasulullah SAW jika mulai berbaring di tempat tidurnya dia berkata: “Ya Allah dengan nama-Mu aku hidup dan dengan namamu aku mati.” dan jika bangun dari tidur ia berkata; “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya lah akan dibangkitkan.”
(H.R Muslim)

Dengan berdoa sebelum tidur, maka kita akan terjaga selama kita tidur. Selama kita tidur jika berdoa terlebih dahulu maka dengan kehendak Allah maka mimpi kita akan indah atau tidak aneh-aneh sebaliknya, jika tidur tanpa membaca doa terlebih dahulu maka selama tidur akan diganggu oleh syaitan dan kemungkinan selama tidur akan mimpi buruk atau mimpi yang aneh-aneh.

Setan akan mengganggu manusia selama dia tidur, sampai ketika bangun setan akan terus mengganggu hingga ia tertidur kembali dan terlambat akan melakukan segala aktivitas

northernnatalcourier.co.za

Selama kita tidur maka setan akan berupaya agar kita susah untuk bangun dengan cara membelenggu kita dengan ikatan-ikatannya. Sehingga nanti ketika bangun akan telat dan dapat meninggalkan berbagai macam aktivitas khususnya sholat shubuh. Terdapat 3 ikatan yang akan mengikat kita selama habis bangun tidur, cara untuk melepas belenggu tersebut dengan cara-cara berikut:

Apabila setelah bangun dari tidur bacalah doa bangun tidur

Dengan berdoa setelah bangun tidur, maka 1 ikatan belenggu syaitan akan terlepas. Maka akan membuat kita mudah untuk melakukan aktivitas sederhana setelah bangun tidur.

Setelah Bangun Usahakan Berwudhu Persiapan Untuk Sholat

Dengan berwudhu, maka ikatan belenggu yang kedua akan terlepas. Tinggal 1 belenggu lagi yang belum terlepas.

Dengan Mendirikan Sholat Terputuslah semua Belenggu yang ada, setelah semua belenggu sudah terputus maka badan pun akan terasa nyaman dan kemungkinan rasa kantuk kembali itu kecil dan rezeki Allah akan segera datang kepada kita. Karena Rezeki Allah datang di pagi hari dan pagi hari merupakan permulaan aktivitas kebanyakan orang.

Semoga dengan ini menambah pengetahuan tentang pentingnya berdoa sebelum dan sesudah tidur, lebih baiknya lagi istiqomah dalam membaca doa tersebut.

Barakallah fiikum.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>