Agama

Dahsyatnya Kebaikan Dalam Doa Sapu Jagat

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Mungkin anda sudah biasa mendengar doa yang berbunyi “Rabbanaa aatinaa fiddunyaa khasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaabannaar”. Ya tepat sekali, ini merupakan doa yang hampir setiap hari anda baca pada setiap doa-doa yang dipanjatkan kepada sang Pencipta, doa tersebut sangatlah ringkas tetapi memiliki makna yang sangat banyak. Menurut para ulama doa ini sudah mencakup seluruh permintaan manusia.

Mengapa doa tersebut dinamakan doa sapu jagat? Karena, di dalam doa ini sudah terdapat  seluruh keinginan manusia. Pada hakikatnya tidak jauh-jauh dari kebahagian di dunia maupun di akhirat nantinya. Dari itu semua maka doa ini disebut dengan doa sapu jagat, keren bukan?

doa sapu jagad yang terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 201

santrigaul.net

Doa sapu jagat dapat anda temukan di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 201 yang berbunyi:
Doa ini hampir sering dibacakan disetiap acara ceramah atau pengajian, tetapi apa daya banyak orang yang sering mendengarnya tetapi tidak mengtahui makna yang begitu hebat yang ada di dalamnya, sungguh sangat disayangkan. Padahal doa inilah yang paling sering dilafazhkan Rasulullah SAW semasa beliau masih hidup. Doa ini disyari’atkan agar dibaca di segala keadaan.

Ini di apa saja keutamaan yang terdapat doa saapu jagat ini:

1. Doa Sapu Jagat Mencakup 3 Hal, Kenikmatan Dunia, Kenikmatan di Hari Akhir dan Terbebas dari Neraka

Banyak manusia yang memiliki tujuan hidupnya masing-masing dan pastinya tidak jauh-jauh dari 3 hal tersebut. Selain ingin bahagia di dunia pastinya ingin juga bahagia selepas mati nanti, ketika sudah mati nanti pastinya ingin sekali terhindar dari siksaan api neraka kelak di akhirat nanti. Sehingga, jika ingin mendapatkan itu semua cukuplah dengan memanjatkan doa ini, maka dengan kehendak Allah SWT semoga dikabulkan olehnya, Aamin.

2. Doa Sapu Jagat Merupakan Doa Para Pencari Jodoh yang Sholeh dan Sholehah

berdoalah engkau niscaya Allah akan mengkabulkannya

urazisk.wordpress.com

Doa ini dipercaya dapat mendatangkan jodoh yang tentunya baik, hal ini berdasarkan sebuah tafsir dari Ibnu Abbas RA yang menyatakan bahwa makna hasanah atau kebahagiaan dunia salah satunya adalah dapat menikahi seorang yang sholeh atau solehah. Maka dari itu bagi para jomblo yang ingin mendapatkan seorang jodoh yang baik, seringlah membaca doa ini di setiap selesai shalat.

3. Dapat Melapangkan Hati Jika Mendapat Musibah

Bagi orang-orang yang habis terkena sebuah musibah besar atau kecil, akan terasa tenang hatinya jika dibacakan doa ini. Rasulullah SAW pernah membacakan doa ini ketika menjenguk kerabatnya yang sedang sakit, kemudian Allah pun menyembuhkannya.

4. Makna Penting di Dalam Kalimat “Wa fil aakhiroti hasanah”

Arti kalimat tersebut, “Dan juga kebahagiaan di akhirat”. Yang dimaksud adalah terbebas dari rasa takut, mendapatkan naungan dari Allah SWT selama di Padang Mahsyar, mendapatkan syafaat Rasulullah SAW, mendapatkan hisab yang ringan, selamat ketika menyeberangi jembatan antara dua tepi neraka atau jembatan Shirotul Mustaqim, selamat dari kekurangan pahala dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Sehingga di puncaknya nanti dapat bertemu dengan Allah SWT di surga kelak.

5. Doa Sapu Jagat Diakhiri dengan Kalimat “Wa qinaa ‘adzaabannaar”

Kalimat tersebut memiliki arti, “Dan hindarkanlah dari adzab api neraka”. Mengapa doa ini diakhiri dengan permohonan agar terhindarnya dari siksa api neraka? Karena kebaikan di hari akhir nanti berhubungan dengan kebaikan selama di dunia. Bisa jadi juga kebaikan tersebut akan didapat ketika di dalam kubur, sehingga doa ini menjadi sebuah doa yang amat sangat penting, Inshaa Allah.

Begitu Mulianya Allah SWT kepada seluruh hambanya, Allah memudahkan hambanya hanya dengan satu kalimat doa yang sangat ringan dan mudah dibaca dan dihafal, yaitu doa sapu jagat. Tetapi apa daya jika masih sering bermaksiat kepada Allah SWT, sudah meminta kebahagian kepadanya, tetapi tidak pernah mengerjakan amalan-amalan yang dapat membahagiakan Allah SWT, sungguh merugilah orang-oeang seperti itu.

Maka dari itu salinglah menjaga satu sama lain dan saling mengingatkan tentang ibadah. Panjatkanlah doa sapu jagat ini di setiap selesai ibadah, agar Allah SWT mengabulkan doa tersebut dan kita mendapatkan ridhonya, Aamin.

Sekian dari saya.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>