Agama

Bacaan Doa Masuk Masjid Beserta Penjelasannya

Santrigaul.net – Masjid merupakan bangunan yang dijadikan tempat beribadah bagi ummat muslim. Masjid sendiri diambil dari kata sujud, artinya masjid merupakan tempat untuk sujud. Sementara untuk masjid yang memiliki ukuran yang lebih kecil disebut dengan musholla, langgar atau surau.

Selain digunakan sebagai tempat untuk beribadah seperti sholat, masjid juga menjadi pusat kegiatan dan kehidupan bagi komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan agama islam sering kali diadakan dimasjid seperti perayaan hari raya islam, diskusi, kajian agama, tempat belajar Al-Qur’an. Terkadang ada juga yang menggunakan masjid sebagai tempat melakukan perjanjian suci antara 2 pasangan atau tempat untuk melaksanakan akad nikah.

Bahkan dalam sejarah islam, masjid merupakan pusat pengembangan sosial paling berpengaruh bagi masyarakat bahkan hingga kemiliteran. Betapa hebatnya peran masjid untuk ummat muslim sedunia.

Sejarah Masjid

sejarah masjid dan beserta doa masuk masjid

en.wikipedia.org

Jika kita melihat zaman sekarang, banyak sekali masjid dengan arsitektur yang indah, di halaman masjidnya terdapat menara yang menjulang tinggi dan kubah masjid yang terlihat sangat megah. Hal itu membuktikan betapa berjayanya islam pada zaman sekarang.

Setelah melalui serangkaian peristiwa sejarah besar dan pahit, akhirnya arsitektur masjid sendiri juga menyesuaikan dengan zaman dan tempat.

Ketika Nabi Muhammad SAW tiba di kota Madinah, beliau memutuskan untuk membangun sebuah masjid. Masjid tersebut kita kenal sekarang sebagai masjid Nabawi. Masjid tersebut memiliki halaman yang sangat luas, kubah-kubah besar mengiringinya dan menara-menara besar menaungi masjid tersebut.

Dengan melihat masjid tersebut saja kita sudah bisa membayangkan betapa berjayanya islam sekarang dan betapa hebatnya para pejuang islam pada zaman tersebut untuk menegakkan kalimat Allah dimana saja.

Di masjid Nabawi tersebutlah, Nabi Muhammad SAW menyampaikan berbagai macam pesan, menggunakan masjid Nabawi sebagai kegiatan politik, perencanaan kota, membuat strategi perang, mengadakan berbagai macam perjanjian, bahkan ada beberapa tempat disekitar masjid tersebut dijadikan tempat tinggal para fakir miskin.

Doa Masuk Masjid

doa masuk masjid berserta penjelasannya.

photo.sf.co.ua

Karena masjid merupakan tempat ibadah bagi ummat muslim, berarti ketika masuk harus dalam keadaan suci terlebih dahulu. Dan sebelum kamu memasuki masjid, ada lebih baiknya untuk membaca doa untuk masjid terlebih dahulu.

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.
Artinya :
“Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Doa ini dibaca ketika kamu hendak melangkahkan kakimu masuk ke dalam masjid. Langkahkan kakimu yang kanan terlebih dahulu ketika masuk ke dalam masjid karena itu merupakan adab dan merupakan anjuran Rasulullah SAW.

Doa masuk masjid dan adab ketika masuknya.

kamibeda.com

Semoga dengan ini dapat memberikan pandangan tentang adab untuk masuk ke masjid. Tidak hanya ketika masuk saja terdapat adabnya, tetapi ketika berdiam diri di dalam masjid terdapat adabnya. Seperti menghormati jamaah lainnya dengan tidak berbuat gaduh, memperbanyak membaca Al-Qur’an dan berdzikir dan amalan-amalan yang bernilai ibadah.

Semoga dengan ini kita mendapatkan barakah dari Allah SWT dan diistiqomahkan dalam beribadah kepada-Nya.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>