Ilmu

Contoh Memo Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia

Santrigaul.net – Memo adalah sebuah tulisan singkat yang berisi pesan yang ditujukan pada seseorang untuk memberitahukan sebuah perihal tentang tugas atau tujuan sesuatu. Memo sendiri ada yang bersifat resmi dan tidak resmi yang mana dalam setiap memo tidak terdapat kata dan baris paragraf, biasanya memo maksimal terdapat 10 baris saja.

Kali ini admin akan coba menjelaskan dan memberikan contoh perbedaan antara memo resmi dan tidak resmi. Setiap seseorang akan pergi ke suatu tempat ada baiknya jika meninggalkan sebuah pesan kepada orang lain atau orang disekitarnya agar mengetahui kepergiannya. Pesan tersebut usahakan harus jelas dan mudah dipahami, maka dari itu dibuatlah sebuah pesan kecil dan ringkas yang biasa disebut dengan memo. Memo resmi memang biasanya dipakai oleh oleh para pemimpin perusahaan atau para atasan yang ingin memberikan pesan kepada bawahannya. Sementara memo yang tidak resmi digunakan untuk memberikan pesan kepada teman atau sahabat, semisalnya ajakan untuk kumpul bersama.

Memo resmi tidak semuanya bisa memakainya begitu saja, yang boleh hanyalah sebuah organisasi, lembaga pendidikan, instansi atau lembaga pemerintahan. Sementara memo resmi bisa digunakan oleh siapa saja sesuai kebutuhannya masing-masing. Tetapi yang perlu diingat adalah bahwa dalam penulisan memo harus menggunakan kata-kata yang sopan dan menggunakan bahasa yang baik dan benar, tujuannya adalah agar yang diberikan pesan tidak merasa tersinggung.

Contoh Memo Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia

Dalam setiap memo resmi atau tidak remi, terdapat beberapa ciri khas dalam pembuatan memo, diantaranya:

  • Pesannya singkat dan berisi tentang keperluan kantor, lembaga atau tidak resmi.
  • Pesan tersebut dapat berbentuk horizontal yang memiliki makna bahwa penyampaian pesan itu akan disampaikan kepada orang yang memiliki kehormatan atau jabatan yang sama atau lebih tinggi dari penulis pesan.
  • Sementara pesan yang ditulis secara vertikal atau pesan biasa memiliki makna bahwa orang yang diberi pesan memiliki jabatan yang dibawah penulis pesan.
  • Isi pesan dari memo dapat berupa pesan, saran, pemberitahuan tentang suatu hal. Dalam memo juga dapat diisi dengan pesan permintaan maaf, perintah untuk melaksanakan suatu tugas, dan masih banyak lainnya.

Pesan singkat itu tidak hanya berbentuk kertas saja, tetapi di zaman modern sekarang pesan singkat sudah dapat berupa tulisan dalam telpon genggam yang biasa disebut dengan SMS (Send Message Service).

Contoh Memo Resmi

Umumnya dalam memo resmi berisi kepala memo, badan memo dan kaki memo.

1. Kepala memo terdiri dari:

  • Lambang atau logo sebuah lembaga, instansi atau organisasi.
  • Nama lembaga, instansi atau organisas beserta alamat, nomor telepon dan email (kalo ada).

Badan memo (isi dari memo) terdiri dari:

  • Pesan yang ingin disampaikan (berupa pesan, saran, pemberitahuan tentang suatu hal. Dalam memo juga dapat diisi dengan pesan permintaan maaf, perintah untuk melaksanakan suatu tugas, dan masih banyak lainnya.)
  • Harus padat dan jelas.

Kaki memo terdiri dari:

  • Nama penulis pesan.
  • Tanda tangan penulis pesan.

Berikut contoh-contohnya dalam bentuk gambar.

Contoh Memo resmi

santrigaul.net

Contoh Memo resmi

santrigaul.net

Contoh Memo resmi


santrigaul.net

Contoh Memo Tidak Resmi

Seperti judulnya, memo tidak resmi tidaklah harus sedetail seperti memo resmi, karena sifat dari memo tidak resmi adalah memberikan pesan kepada teman atau sahabat kita dan tidak ada sangkut pautnya dengan sebuah lembaga atau instansi. Tetapi tetap saja dalam isi memo tersebut harus menggunakan bahasa yang tidak menyinggung dan pesannya harus jelas dan padat.

Berikut contoh-contoh memo tidak resmi dalam bentuk gambar.

Contoh Memo Tidak Resmi

santrigaul.net

Contoh Memo Tidak Resmi

santrigaul.net

Contoh Memo Tidak Resmi

santrigaul.net

Jika kamu membutuhkan jasa penulis artikel, silahkan klik link barusan ya.

Semoga dengan contoh gambar dan penjelasan diatas dapat memberikan gambaran bagi kita untuk membuat memo resmi ataupun tidak resmi. Membuat memo juga dapat menyambung tali silaturrahim, karena pesan dari memo harus dari orang ke orang, tidak seperti SMS. Karena salah satu manfaat dari silaturrahim adalah memperpanjang umur dan menambah rizki. Barakallah semuanya.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>