Agama

Cara Sholat Istikharah dan Keutamaannya

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Santrigaul – Sholat istikharah merupakan sholat 2 rakaat yang dikerjakan oleh seorang muslim untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT ketika sedang merasa bingung diantara berbagai macam pilihan kehidupan. Ragu-ragu dalam memilih sesuatu adalah suatu hal yang wajar, tetapi yang mengetahui mana yang baik dan buruk hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui.

Untuk masalah yang dimaksudkan tidak dibatasi, karena pilihan kehidupan sangatlah banyak, ada juga masalah pekerjaan, nikah dan masalah-masalah lainnya. Salah satu tujuan dari sholat istikharah adalah meluruskan atau meyakinkan bahwa pilihan yang akan kita pilih adalah pilihan dari Allah juga yang diberikan melalui hidayahnya.

Keutamaan Sholat Istikharah

Nabi SAW pernah bersabda: “Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah sholat sunnah 2 rakaat yang bukan sholat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah.” (H.R Bukhori)

Menurut pada ulama bahwa sholat istikharah adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar meridhoi segala urusan yang dipilihnya dan memohon agar dipermudah jalan dalam mengurusi perkara-perkara dalam urusan tersebut.

Waktu Mendirikan Sholat Istikharah

cara sholat istikharah

islam.blogspot.com

Pada dasarnya sholat istikharah dapat dilaksanakan kapan saja, yang penting jangan pada waktu-waktu yang dilarang untuk mendirikan sholat. Namun lebih dianjurkan pada waktu sepertiga malan seperti sholat tahajud, karena dengan keheningan malam berpotensi mendatangkan kekhusyukan dan ketenangan.

Waktu malam juga dipercaya mustajab, karena pada saat malam hari atau sepertiga malam Allah SWT turun ke bumi untuk melihat hamba-hambanya yang bangun unntuk beribadah kepadanya.

Niat Sholat Istikharah

Lafadz yang dibaca adalah sebagai berikut:

niat-sholat-istikharah

doamustajab.com

 

Tata Cara Sholat Istikharah

Sholat Istikharah dapat dikerjakan minimal 2 rakaat sampai 12 rakaat (asumsinya 6 kali sholat). Tata caranya sama persis dengan mendirikan sholat wajib, yang beda hanya pada niatnya saja.

Setelah membaca surat Al-Fatihah pada rakaat pertama, diutamakan setelahnya untuk membaca surat Al Kafirun. Pada rakaat kedua diutamakan untuk membaca surat Al-Ikhlas. Jika ingin membaca surat yang lainnya diperbolehkan, semisalnya ingin membaca surat yang lebih panjang juga tidak ada masalah.

muslim prayer

photo.sf.co.ua

Setelah selesai sholat istikharah kemudian membaca doa:
“Ya Allah aku memohon petunjuk kebaikan-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya engakau tahu bahwa perkara ini baik bagiku dan agamaku, kehidupan dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam perkara ini. Namu jika engkau mengetahui bahwa perkara ini buruk bagiku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkanlah aku darinya dan jauhkan perkara itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan dimana pun kebaikan itu berada dan ridhoilah aku dengan kebaikan itu.” (H.R Bukhori)

Doa Shalat Istikharah

doa sholat istikharah

santrigaul.net

Artinya: “Ya Allah hamba memohon agar tuhan memilihkan mana yang baik menurut engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besarlagi Agung karena sesungguhnya Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang mengetahui bahwa persoalan ini (Sebutkan permasalahan yang dihadapi) baik bagi hamba dan baik pula akibatnya bagi hamba maka berilah perkara ini kepada hamba dan mudahkanlah bagi hamba kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba dan penghidupan hamba dan jika tidak baik akibatnya bagi hamba maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah dari padanya. Dan berilah hamba orang rela atas Anugrah-Mu.”

Semoga ini dapat bermanfaat bagi kita. Semoga kita selalu dalam limpahan dari-Nya dan berkah dari-Nya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>