Agama

Pengertian Sholat Taubat dan Cara Pelaksanaannya

A Muslim man is seen after Friday prayers in Kocatepe Camisi mosque in Ankara June 7, 2013. REUTERS/Dado Ruvic (TURKEY - Tags: RELIGION SOCIETY TPX IMAGES OF THE DAY)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Santrigaul – Sholat taubat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan bagi orang-orang yang pernah melakukan maksiat pada waktu dulu, berbuat dosa kemudian harus berjanji untuk tidak melakukannya kembali. Pengertian taubat sendiri adalah penyesalan atas perbuatan yang pernah di perbuat kemudian melakukan permohonan kepada Allah SWT.

Hukum Mengerjakan Sholat Taubat

dzikir taubat

www.ibtimes.com

Hukum mengerjakan sholat sunnah taubat adalah sunnah mu’akkad. Yang dimaksud adalah sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan untuk seseorang yang pernah berbuat dosa ataupun maksiat. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada seorang pun yang pernah berbuat dosa, kemudian bergerak dan segera berwudhu, kemudian mengerjakan sholat selanjutnya memohon ampunan kepada Allah, kecuali (Allah) pasti akan memberikan ampunan baginya…” (H.R Imam Abu Daud, Nasa’i, Ibnu Majah, dan Imam Baihaqi)

Dalam hadits yang lain juga disebutkan:

Dari Asma bin Hakan R.A berkata: Saya mendengar Ali berkata: “Sesungguhnya saya dahulu adalah orang yang bila mendengar hadits dari Rasulullah SAW, Allah memberikan manfaat kepadaku sejauh yang dikehendaki-Nya. Apabila seseorang dari sahabatnya meriwayatkan kepadaku sebuah hadits aku minta ia bersumpah. Jika ia mau bersumpah untukku, aku benarkan. Sesungguhnya Abu Bakar pernah meriwayatkan hadits kepadaku dan Abu Bakar adalah orang yang jujur, bahwa ia pernah mendengar.”

Manfaat Sholat Taubat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa sholat taubat untuk memohon ampunan kepada sang Maha Kuasa Allah SWT. Memohon kepada-Nya agar diterima ampunannya karena dosa-dosa yang pernah dilakukan ketika dahulu dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut untuk kesekian kalinya.

Bilangan Rakaat Sholat Taubat

Jumlah rakaat dalam sholat sunnah taubat minimal adalah 2 rakaat dan maksimal adalah 6 rakaat. Dalam setiap 2 rakaat diselingi 1 salam.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Taubat

Sholat sunnah taubat tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah seperti biasanya, hanya berbeda dari niatnya saja. Niat yang dilafadzkan ialah:

niat sholat taubat

santrigaul.net

Cara bacanya: Ushalli sunnata taubati rak’ataini lillahi ta’alaa,.

Artinya: Saya berniat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’alaa.

Cara bacanya dapat dibaca dalam hati, ini merupakan kesepakatan ulama ahli fiqih dan hukumnya wajib. Sementara untuk mayoritas ahli fiqih dengan pengucapan hukumnya sunnah.

Doa yang Dibaca Setelah Sholat Taubat

Selesai mendirikan sholat taubat, alangkah baiknya jika memperbanyak membaca dzikir dan istighfar kepada Allah SWT disertai perasaan yang mendalam sehingga tidak akan mau untuk mengulangi perbuatan keji yang dulu pernah diperbuat. Berikut bacaan istighfar yang harus dibaca:

“Astaghfirullahal ‘Adzim, alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyum wa atuubu ilaik.”

Artinya: Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, Tiada Tuhan yang patut disembah menlainkan Dia yang Maha Hidup dan lagi Berdiri Sendiri, saya bertaubat kepadanya.

Yang kemudian dilanjutkan membaca doa sayyidul Istighfar (Tuannya dari Istighfar):

Sayyidul Istigfar

umi-rizwa.blogspot.com

Artinya: “Wahai tuhanku, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Engkau, yang telah menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan akupun dalam ketentuanmu serta janji-mu sedapat mungkin dapat aku jalankan, Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah Engkau ciptakan, aku mengikuti nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu berilah pengampunan kepadaku karena tidak ada yang dapat memberi pengampunan, kecuali hanya Engkau. Aku mohon perlindungan dari kejahatan apa yang kulakukan”.

Semoga dengan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Amiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>