Ilmu, Santri Kreatif

5 Cara Menulis Esai bagi Pemula

Cara Menulis Esai – Salah satu dosen saya mengatakan; “Jika kamu ingin keliling dunia secara gratis, kamu cukup menguasai jenis tulisan bernama esai.”

Kurang lebih seperti itu nasehat dosen saya ketika menempuh bangku kuliah. Mulai saat itu pula, saya pun mendalami apa yang dimaksud esai.

Ternyata benar, esai memang sangat bermanfaat. Bukan hanya untuk tugas kuliah saja, esai juga sering digunakan untuk seleksi beasiswa, seleksi kerja, lomba-lomba, sampai pemilihan delegasi ke berbagai negara.

Karena pentingnya esai di lingkup akademis, pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan bagaimana cara menulis esai yang baik bagi pemula. Namun sebelum itu, mari saya ajak Anda untuk memahami pengertian esai.

Pengertian Esai

Pengertian esai adalah sebuah tulisan yang mencoba menggambarkan suatu objek tertentu yang dinilainya. Anda bisa menilai apa saja, menilai sebuah bisnis Jasa Penulis Artikel, menilai sebuah problem sosial sampai menilai kekurangan dan kelebihan diri sendiri.

Sederhananya, esai merupakan karangan yang digunakan untuk mengangkat topik tertentu sesuai sudut pandang penulis.

Tak heran jika tulisan esai sering disamakan dengan tulisan opini. Sebab, keduanya merupakan pendapat (opini) terkait topik yang ditulis.

5 Cara Menulis Esai

Ada banyak cara menuis esai. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menulis esai termudah, khususnya bagi pemula.

  1. Tentukan Tujuan Esai

Jika ingin menulis esai, Anda perlu menentukan tujuannya. Ya, sebab jenis-jenis esai sangat banyak. Misal Anda ingin menulis esai untuk melamar beasiswa, esai untuk menanggapi fenomena sosial atau esai yang akan digunakan sebagai syarat melamar kerja.

Mengenai penentuan tujuan saat hendak menulis esai, hal tersebut berkaitan dengan gaya bahasa yang akan digunakan, konsep sekaligus arah tulisan. Tulisan yang digunakan untuk memperkenalkan diri, menanggapi, atau untuk meyakinkan seseorang.

  1. Buatlah Outline

Langkah selanjutnya adalah membuat outline. Outline sangat penting digunakan sebagai salah satu solusi cara menulis esai bagi pemula.

Dengan outline, pikiran kita akan menjadi ringan, point-point yang akan kita tulis menjadi runtut dan sistematis. Selain itu, coba tentukan sekalian di mana harus meletakkan tanggapan Anda, data Anda dan lain sebagainya agar Anda ringan dalam mengerjakannya.

  1. Tulislah Esai sesuai Outline

Langkah selanjutnya mengenai cara menulis esai bagi pemula adalah menulis esai sesuai outline yang telah dibuat.

Keuntungannya mengikuti alur outline, Anda akan fokus menyelesaikan bagian outline tersebut. Maka dari itu, saran yang tepat untuk pemula ketika menulis esai adalah menyelesaikan satu-per satu point yang telah dibuat di outline.

  1. Sertakan Gagasan

Barangkali point yang keempat ini adalah point inti dari tulisan esai. Ya,banyak penulis esai pemula yang dahinya berkerut lantaran memikirkan gagasan apa yang ingin disampaikan.

Saat menyertakan gagasan, coba Anda imbuhkan berbagai data baru pendukung. Tujuannya agar daya tawar gagasan Anda berbobot dan semakin dipertimbangkan.

Anda bisa mencari data di lembaga-lembaga resmi pemerintaha, media, jurnal atau tempat-tempat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

  1. Spesifikkan Gagasan Anda

Tulisan esai yang baik adalah tulisan yang mengerucut. Seperti bentuk terompet, seorang yang membaca esai Anda paham alur yang Anda buat semakin fokus dan fokus.

Semakin fokus sebuah tulisan, akan semakin kaya pula gagasan-gagasan di dalamnya. Oleh karena itu, dalam hal menyertakan gagasan, Anda harus benar-benar menyeleksinya sampai menemukan gagasan yang paling tepat.

Mengapa demikian? Ya, sebab sesuatu yang paling dari esai adalah gagasan, apalagi jika Anda mampu meramu gagasan tersebut menjadi masalah yang solusinya juga “kalimat masalah.”

Demikianlah 5 cara menulis esai bagi pemula. Selebihnya Anda tinggal perbanyak praktik agar tulisan Anda benar-benar renyah dibaca. Selamat mencoba!

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>