Ilmu

Tips Cara Belajar Efektif Dalam Menghadapi Ujian

Santrigaul – Bulan-bulan ini merupakan bulan yang mau mendekati ujian semester bagi siswa SMP dan SMA. Pastinya orangtua akan lebih memaksimalkan perhatian kepada anak-anaknya agar dapat belajar lebih giat lagi. Para orangtua pasti ingin melihat anak-anaknya sukses di masa depan nantinya, sehingga para orangtua berusaha mencari cara belajar yang baik untuk anaknya.

Dengan memaksimalkan waktu belajar, maka akan didapat pula yang diinginkan, yaitu ilmu yang bermanfaat. Tentukanlah waktu yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setiap orang memiliki waktu belajarnya masing-masing, mau pagi hari, siang hari, atau ketika malam itu tidak menjadi masalah dalam belajar, yang menentukan adalah kondisi yang tepat bagi anak untuk belajar.

Usahakan belajar ketika sedang dalam keadaan mood yang nyaman dan dalam kondisi tenang dan tidak sedang memiliki kesibukan lainnya. Tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 jam untuk belajar tetapi maksimal.

Berawal dari cara belajar yang baik, pastinya akan membawa sang anak menuju jalan yang dicita-citakan. Ini dia beberapa tips belajar yang baik untuk pelajar:

Belajar Kelompok

cara belajar kelompok memang efektif

gema-nurani.com

Bosankah jika belajar sendirian? Cobalah untuk belajar bersama secara berkelompok. Belajar kelompok merupakan salah satu cara belajar yang efektif. Kegiatan belajar kelompok akan menjadi menyenangkan jika ada temannya. Usahakan ajak teman yang pandai dan rajin belajar agar menjadi patokan tempat bertanya dan menjadi motivasi agar lebih giat lagi belajarnya.

Membuat Catatan Intisari dari Pembelajaran

mencatat merupakan cara belajar yang efektif

kanglondo.wordpress.com

Setiap bab setiap mata pelajaran pasti memiliki bagian-bagian yang penting, nah bagian-bagian yang penting tersebutlah yang dijadikan catatan tersendiri. Karena semua yang tertulis dalam buku penting, maka tulislah yang penting-pentingnya saja. Ini merupakan cara belajar yang efektif untuk menghadapi ujian yang sudah dekat.

Disiplin Waktu belajar

cara belajar dengan tekun

www.thestudyabroadportal.com

Dalam belajar yang penting adalah kualitasnya, walaupun hanya 1-2 jam waktu belajarnya tetapi efektif, itu lebih baik daripada belajar lama tetapi jenih dan tidak semangat. Misalnya belajar ketika mau ulangan saja atau ujian saja, maka yang didapat hanya ujiannya saja, ilmunya tidak.

Bertanya Jika Belum Paham

jangan malu untuk bertanya

muadzalbanna.blogspot.com

Biasanya setiap guru yang sudah selesai menerangkan suatu pejaran pastinya akan membuka forum bertanya. Gunakanlah momen ini untuk bertanya apa yang belum dipahami dan tidak usah takut untuk bertanya.

Biasanya juga kalo guru sudah membuka forum pertanyaan pastinya yang bertanya sedikit bahkan tidak ada yang bertanya. Kalo sang guru cerdik maka dia akan memberikan perintah laiinya “Oke kalau tidak ada yang bertanya berarti semuanya sudah paham, berarti saya akan bertanya kepada kalian sebagai tes kepahaman.” Hal ini akan memaksa sang murid agar bertanya.

Hindari Sikap Tidak Jujur

menyontek tidak ada manfaatnya

leehaerin1307.wordpress.com

Banyak siswa yang sering membuat contekan ketika ujian berlangsung. Ini akibat dari ketidak siapan dalam menyambut ujian, maka jalan curanglah yang diambil. Berbeda jika sudah siap dalam menghadapi ujian, karena sudah belajar dengan baik dan tidak mendadak belajarnya pasti akan mudah dalam ujian. Makanya belajar bukan ketika mau ujian, tetapi belajarlah karena itu memang kebutuhan seorang pelajar.

Tips Belajar yang Baik

  • Buatlah suasana belajar yang kondusif

Ketika belajar haruslah dapat membuat suasana yang nyaman untuk belajar, tenang dan tidak terganggu dengan aktifitas-aktifitas harian. Cara ini berguna agar terfokus ketika sedang belajar sehingga ilmu akan mudah terserap ke otak. Ketika konsentrasi terganggu oleh sesuatu maka akan berakibat hilang fokus dan belajar menjadi tidak maksimal.

  • Membuat catatan intirsari

Sebuah catatan kecil akan sangat membantu belajar dan mengingat pelajaran-pelajran sudah diajarkan. Usahakan catatan yang dibuat mudah untuk dibawa sehingga kapanpun dan dimanapun dapat dibaca.

  • Tekunlah dalam belajar

Ini kunci utamanya, yang penting adalah mau rajin dan istiqomah dalam belajar. Jika terdapat setitik saja kemalasan dalam belajar maka akan menjadi tidak efektid belajarnya.

  • Latihan mengasah otak.

Seringlah berlatih untuk meningkatkan daya ingat seperti membuat acara kuis, membuat permainan tentang pelajaran tersebut. Ini akan membuat cara belajar menjadi asyik dan akan mudah dalam mengingat pelajaran.

  • Pelan-pelan tapi pasti.

Jangan belajar ketika baru mendekati ujian saja, tetapi dicicil dari sekarang apa yang telah dipelajari. Ini akan membuat tenang ketika ujian sudah dekat dengan para pelajar.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    Sepertinya harus saya coba nih, mau mengubah cara belajar supaya lebih maksimal

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>