Rubrik santri

Cara Unik Santri Belajar

 

Assalamualaikum Wr Wb.

Halo sahabat santri gaul, kali ini saya akan membahas tentang cara-caraunik  para santri belajar. Kenapa saya bilang unik? Karena memang cara belajar santri di beberapa pondok pesantren terasa unik bagi kalangan orang luar, walaupun terlihat unik tetapi masih ada kekurangan dalam metode belajar ini dan metode belajar ini hanya bisa anda dapatkan dikehidupan pesantren dan jarang ditemukan di sekolah-sekolah biasanya. Langsung saja ini dia beberapa diantaranya beserta kekurangannya:

1. Belajar Sendirian

belajar sendiri akan lebih fokus tetapi terkadang kalau lalai mudah mengantuk

www.centerschoolpa.org

Untuk yang satu ini menandakan dia memerlukan perhatian lebih terhadap pelajarannya, fokus adalah kunci utama dalam menghafal dan memahami pelajaran. Biasanya untuk orang yang mempunyai metode belajar seperti ini tidak biasa hidup di tempat yang ramai dan lebih nyaman jika di tempat yang tenang dan sepi. Kekurangannya jika tertidur ketika belajar maka kemungkinan tidak ada yang membangunkan. Karena tidak ada orang di sekitarnya yang dapat membangunkannya.

2. Tidak Bisa Belajar Kecuali Di Tempat Ramai

Berbeda dengan yang diatas, kalau untuk orang yang satu ini dia tidak bias fokus belajar jika tidak ada teman-teman di sekitarnya. Mungkin dia akan lebih merasa tenang dan semangat jika teman-temannya juga belajar sehingga terbentuklah rasa persaingan yang baik diantara mereka. Kekurangannya jika sudah mulai belajar terkadang ada saja yang mengubah haluan dari belajar menjadi mengobrol sehingga niat awalnya untuk belajar terlupakan.

3. Belajar dan Menghafal Pelajaran Sambil Berjalan

www.kompasiana.com 1

www.kompasiana.com

Ini salah satu keunikan yang saya dapati di salah satu pondok pesantren terkenal yaitu Pondok Modern Daussalam Gontor khususnya di hari-hari ujian berlangsung, maka kalian akan mendapati di berbagai belahan pondok para santri belajar dengan sambil berjalan entah itu ke dapur untuk sarapan khususnya ketika pagi hari dan malam hari ketika belajar keliling, ketika menuju ke kamar wali kelas atau sekedar keliling pondok. Karena ketika masa-masa ujian para santri wajib membawa buku kemana-mana untuk dibaca dan bukan sekedar dibawa, tetapi agar terbiasa dengan membaca buku. Merekapun juga mengamalkan sebuah Mahfudzot yag berbunyi خير جليس في الزمان كتاب artinya sebaik-baik teman di waktu duduk adalah buku, tidak harus ketika duduk saja tetapi ketika berjalanpun buku menjadi teman yang paling setia. Kekurangan dalam metode ini hanya akan merasa lelah jika berjalan terus sehingga terkadang butuh istirahat sebentar.

4. Belajar dengan Sambil Bertanya

Untuk menguji seberapa kuat hafalan seseorang tentang suatu pelajaran tertentu maka ia akan memintatolong terhadaptemannya atau gurunya untuk menayakan beberapa pertanyaan tentang pelajaran tersebut. Hasilnya akan ketahuan seberapa kuat hafalannya di akhir pertanyaan dan biasanya teman yang di mintai tolong akan meminta ditanya juga tentang pelajaran tersebut. Kekurangan dalam metode ini tidak semua soal yang pernah dipertanyakan akan keluar nanti ketika ujian sehingga seseorang akan merasa menyesal jika sudah seperti ini.

5. Melantangkan Suara

Dengan metode pengucapan yang keras maka seseorang akan merasa mudah dalam menghafal suatu pelajaran, karena menurut mereka akan lebih mudah masuk ke dalam otak. Tetapi kekurangannya mungkin akan mengganggu orang disekitarnya akibat suaranya yang keras.

6. Belajar dengan Rangkuman atau Catatan.

587869 pappalkautsar.web.id

pappalkautsar.web.id

Metode yang satu ini mengamalkan Mahfudzot tentang cara menjaga ilmu yang baik dan agar tidak cepat hilang dalam ingatan.

العِلْمُ صَيْدٌ وَ الكِتَابَةُ قَيْدِهُ # قَيِّدْ صُيُوْدَكَ بِالحِبَالِ الوَاثِقَةِ.

Perumpamaan ilmu itu bagaikan hewan buruan dan tulisan adalah talinya # maka ikatlah hewan buruanmu dengan tali yang kuat. Dengan mengamalkan metode ini maka kita juga menjaga agar ilmu tidak mudah hilang dalam pikiran kita.

Dan jangan lupa di setiap selesai belajar untuk doa selesai belajar yang berbunyi:

اللَّهُمَّ إِنِّى اسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِهِ فَارْدُدْهُ إِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِي إِلَيْهِ وَلَا تُنْسَنِيْهِ عَنْهُ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ.

Artinya: Ya Allah aku menitipkan ilmu yang telah kupelajarinya dan kembalikanlah kepadaku ketika aku membutuhkannya dan jangan sampai aku melupakannya Allah yang Maha Penyayang.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan.

Wassalamualaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>