Ilmu

Temukan Cara Belajar Efektifmu Disini

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Belajar merupakan salah satu kewajiban bagi setiap manusia di dunia ini khususnya ummat muslim. Kewajiban seorang muslim dalam belajar tersebutkan di dalam hadist disebutkan: (طَلَبُ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ (رواه البخار Artinya: “Menuntuti ilmu itu diwajibkan bagi setiap muslim”. Rasulullah sudah memerintahkan kepada seluruh ummat muslim agar menuntut ilmu karena ilmu merupakan kunci untuk dapat hidup di dunia ini. Jika saja anda seseorang yang tidak memiliki ilmu kehidupan saja, bagaimana kita bisa hidup? Maka dari itu anda akan mendapatkan ilmu melalui belajar, entah belajar dimana saja itu tidak menjadi sebuah masalah.

Cara belajar yang baik adalah yang nanti akan menentukan mudah atau susahnya anda dalam penyerapan ilmu selama belajar. Dengan beberapa metode belajar berikut mungkin anda akan dapat menemukan cara belajar anda yang efektif dan tentu saja nyaman bagi anda:

1. Buatlah Sesuatu yang Anda Pelajari Terlihat Menarik

Sesulit apapun pelajaran yang harus anda pelajari, jika anda bisa membuatnya terasa menarik sehingga akan lebih efektif dalam penyerapan ilmu. Contohnya pelajaran Matematika dengan konsep penggambaran yang baik dan penempatan rumus dengan menarik, maka pelajaran Matematika akan terasa mudah dan menyenangkan. Contoh lainnya adalah pelajaran Sejarah, coba kau anggap pelajaran Sejarah itu merupakan cerita zaman dahulu yang menarik, maka akan terasa mudah untuk dipelajari.

2. Makan Cemilan selama Proses Pembelajaran

dengan memakan cemilan membuat belajar terasa nyaman

www.gratitudegoodies.com

Dengan makan makanan kecil selama proses pembelajaran sehingga tidak membuat perut terlalu kenyang terbukti akan meningkatkan daya konsentrasi. Maka dari itu sediakan makanan kecil atau ringan untuk menemani anda belajar, jika mulai terasa bosan dalam proses belajar dan konsentrasi menurun, ambil segenggam makanan kecil dan luangkan diri anda untuk menikmatinya. Tidak harus makanan kecil, tetapi minuman juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi selama proses belajar.

3. Cari Tempat yang Nyaman

Tempat yang nyaman meningkatkan fokus setika belajar

www.themalaysianinsider.com

Dengan tempat belajar yang nyaman maka akan membentuk suasana nyaman juga dalam proses belajar, jauh dari suara berisik dan kotoran. Hal ini sangat membantu anda dalam fokus pada objek pembelajaran sehingga akan membuat anda lebih mudah menyerap materi pelajaran. Jangan memakasakan untuk belajar di tempat yang berisik atau berantakan, usahakan rapikan terlebih ruangan tersebut dan tenangkan suasana.

4. Belajarlah Saat Badan Dalam Kondisi Bugar

Cobalah metode yang satu ini, setelah bangun dari tidur atau sehabis mandi. Disaat tubuh anda dalam keadaan bugar atau segar, secara otomatis pikiran juga akan ikut segar. Dalam kondisi tubuh yang optimal maka pikiran anda akan lebih cepat dalam pemahaman dan penyerapan pelajaran. Terdapat satu point penting, hindari melakukan kegiatan yang melelahkan sebelum dimulainya proses belajar, secara fisik maupun mental. Persiapakanlah diri anda sesegar mungkin untuk menghadapi pelajaran.

5. Jangan Belajar Terlalu lama

belajar yang terlalu lama akan membuat jenuh

7-themes.com

Setiap dalam diri manusia pasti ada rasa sifat bosan jika melakukan suatu hal dalam tempo yang sangat lama. Sama seperti belajar, jika belajar terlalu lama maka akan timbul rasa bosan. Itu karena anda belajar anda hanya duduk sambil mendengarkan penjelasan dari guru, jika hal itu terjadi dalam kurun waktu yang lama, pastinyamakin lama akan terasa bosan. Jadi standar waktu pembelajaran adalah 30 – 45 menit, jika lebih dari waktu tersebut maka mulai akan terasa jenuh, kecuali jika guru yang mengajarkan dapat membuat proses pembelajaran terasa menarik.

6. Buatlah Flashcard

Flashcard mempermudah proses pembelajaran

www.wikihow.com

Flashcard merupakan sebuah media yang sedang populer yaitu untuk membantu anda mengingat-ingat poin tertentu dalam suatu pelajaran. Hanya dengan memotong-motong kertas seukuran kartu remi, buatlah sesuai kebutuhan anda. Dalam flashcard tersebut anda dapat menuliskan sebuah pertanyaan, menuliskan point-point penting pembelajaran, atau pengingat tugas. Jika sudah selesai dituliskan maka flashcard tersebut dapat ditempel pada tempat- tempat yang mudah terlihat dan dicari.

7. Belajarlah dengan Teman-Teman Anda

Belajar bersama sangat mengasyikkan

amizarra.wordpress.com

Belajar dengan teman sekelas atau anggota keluarga bisa menjadi metode untuk mempermudah dan penyerapan pelajaran dengan mudah. Karena dengan belajar bersama anda bisa saling bertukar pendapat, tanya jawab, dan bahkan saling mengajari untuk menjawab suatu soal yang belum diketahui. tetapi satu hal yang perlu diwaspadai dari belajar bersama, jika tidak fokus dalam belajar maka akan berakibat bukan belajar lagi niatnya melainkan malah menngobrol tidak jelas atau yang lainnya.

Kalau yang tadi menjelaskan tentang bagaimana cara membuat suasana belajar yang nyaman, kalau sekarang tentang tips agar belajar lebih fokus:

1. Menandai bagian yang penting

Ini adalah salah satu tips belajar yang paling sederhana dan banyak dipakai, dengan membaca sebuah teks yang banyak terlebih dahulu, kemudian tandai kata-kata yang menjadi kata kunci utama. Dengan begitu anda akan mudah dalam mengolah informasi yang dibutuhkan tanpa harus bersusah payah.

2. Membuat Buku Catatan

Pada dasarnya mencatat adalah untuk meringkas bahan-bahan pembelajaran dalam bentuk kata-kata buatan sendiri, sehingga akan mudah dalam mengingat hasil dali pemikiran yang di tulis. kunci utama dalam meringkas adalah agar menulis secepat mungkin sementara ridak meninggalkan info-info penting.

3. Membuat Peta Pikiran

pemetaan otak untuk rencana efektif belajar

ilmupendidikankedokteran.com

Keuntungannya adalah anda dapat banyak menghemat waktu belajar dan lebih memperkuat pengetahuan dalam belajar. Peta pikiran berguna untuk menguraikan topik dalam suatu mata pembelajaran dan untuk persiapan ujian nanti. Bila sudah terbiasa maka kemampuan anda dalam menggunakan peta pikiran semakin mudah dan cepat, sehingga petaan pikiran akan menjadi alat yang sangat ideal dalam menghadapi ujian.

Semoga dengan itu semua dapat bermanfaat bagi anda, semoga dengan info itu semua anda dapat menemukan jati diri anda dalam belajar. Aamin.

Selamat Belajar!

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>