Ilmu

Cara Mudah Belajar Bahasa Arab

Santrigaul – Bahasa arab termasuk di antara bahasa-bahasa terpenting di dunia. Lebih dari 300 juta manusia dari lebih dari 20 negara berbicara menggunakan bahasa arab.

Bahasa arab sendiri sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Berawal dari semanjung arab, bahasa arab semakin lama semakin banyak dan tersebar luas. Karena tiap daerah memiliki cara dan logatnya masing-masing, terkadang penutur bahasa arab tidak bisa memahami perkataan orang lain walaupun sama-sama berbahasa arab.

Ketertarikan pada bahasa arab juga sudah meningkat dalam kurun beberapa tahun terakhir ini. Banyak yang menganggap bahwa sistem penulisan bahasa arab sangatlah menarik, yaitu ditulis dari kanan ke kiri. Jika ingin belajar bahasa arab maka harus melakukan urutan tertentu yaitu, pertama pengucapan, keuda tata bahasa, kemudian sistem penulisan. Jika sudah berpegang pada urutan tersebut, maka sudah dipastikan tinggal menikmati belajar bahasa arab.

Bahasa arab itu mudah.Skali lagi, bahasa arab itu MUDAH,  jika mengetahui kunci -kunci dari mempelajari bahasa arab maka akan menjadi mudah.

Dalam hal ini, metode yang akan digunakan adalah metode SAM’AN.

Metode Sam’an ini diharapkan bisa membantu setiap orang yang mau mempelajari bahasa arab, menggali kosakata bahasa arab dan terjemahnya. Penyajian dengan 12 jurus jitu belajar bahasa arab dengan mudah sampai setiap orang akan merasa senang telah mengenal dan mempelajari bahasa arab.

Apa saja 12 Jurus jitu itu? Ini dia:

  • Mengawali dengan Kata Ganti

Kata-kata ganti dalam bahasa arab berupa harf (huruf penyambung),isim (nama benda) dan fi’il (kata kerja).

  • Ringkasan dari Kata Ganti

Harf memiliki 3 cabang dalam bahasa arab yaitu harf jar, harf nasbi, harf jazm. Sementara isim memiliki pembagian berupa jenis kelamin, pembagian jumlah, isim lima. Untuk fi’il dibagi menjadi 4 yaitu fi’il madhi (kata kerja pasif), fi’il mudhori’ (kata kerja aktif), Fi’il amar (kata perintah) dan fi’il nahyi (kata penolak).

  • Memahami fi’il madhi
  • Memahami fi’il mudhori
  • Memahami fi’il amar
  • Memahami fi’il nahyi
  • Adawatul istifham
  • Objek fi’il berupa isim dhomir.
  • Kepemilikan
  • Kata benda
  • Mencari kata dasar

Inshaa Allah dengan 12 jurus tadi dapat membantu dalam proses pembelajran bahasa arab. Jika susah untuk belajar otodidak ada lebih baiknya untuk mencari seorang guru yang pandai dalam berbahasa arab atau dengan belajar dari orang yang pernah pergi langsung ke tanah arab disana. Semoga metode ini bermanfaat bagi kita semua yang ingin mempelajari bahasa Al-Qur’an ini.

Berdasarkan pengamatan, bahwa terkadang terdapat orang yang sudah belajar bahasa arab dasar dalam kurun wakru yang cukup lama, tetapi masih belum bisa mengerti kaidah-kaidah dasar bahasa arab. Apa penyebabnya? Terdapat 4 faktor yang mempengaruhinya, yaitu:

  1. Faktor orang yang belajar.
  2. Faktor cara belajar.
  3. Faktor buku panduan yang dipelajari.
  4. Faktor pendamping.

Maka dari itu, jika ingin cepat dalam menguasai bahasa arab maka yang harus dilakukan adalah:

Beradab Dalam Menuntut Ilmu

menghormati ilmu  adalah cara mudah belajar bahasa arab

mahadhuffaazhussunnah.wordpress.com

Ditegaskan bahwa seorang yang memiliki keinginan yang kuat dan kesungguhan dalam mempelajari bahasa arab, tentu akan mengerahkan segala cara untuk dapat segera menguasainya. Mulai dari membeli banyak macam buku berbahasa arab, bertanya, membeli kamus, hingga seacrhing di internet. Maka hormatilah ilmu yan dipelajari dan jangan sampai diduakan dengan pekerjaan dan aktifitas lainnya.

Cara Belajar Efektif

belajar mudah bahasa arabJika belajar bahasa arab seminggu sekali, mungkin akan terasa sulit. Usahakan jadikan lingkungan sekitar menjadi berbahasa arab (minimal dirumah) dan biasakan untuk mengucapkan bahasa arab kapanpun dam dimanapun (ini efektif di kalangan lembaga pendidikan). Luangkanlah waktu 1-2 jam untuk menghafal dan mempraktekan bahasa arab dengan bersungguh sungguh.

Memilih Buku Panduan yang Tepat

buku panduan bahasa arab

www.huffingtonpost.com

Ada yang belajar bahasa arab selama 2 tahun tetapi belum juga menguasai dengan baik. Bisa jadi ini faktor dari buku panduan yang dipakai. Usahakan mencari buku panduan yang mengedepankan percakapan dan memiliki banyak kosakata.

Carilah Guru atau Pendamping

belajar bahasa arab  dengan cepat

id.wikipedia.org

Jika mempelajari bahasa arab sendiri melalui buku-buku panduan kurang efektif, maka tidak ada salahnya jika mencari pendamping yang mau mengajari belajar bahasa arab. Karena jika mengalami kesulitan dan ada yang salah ketika belajar, maka patinya akan diperbaiki oleh si pendampng tadi.

Demikian yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    Wah, terimakasih informasinya. Sangat membantu…. bisa lebih semangat lagi belajarnya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>