Bisnis Santri, Ilmu

Peluang Bisnis Usaha Franchise Makanan | Modal Kecil Untung Besar

Santrigaul.net – Sebenarnya banyak sekali cara untuk membuka peluang usaha dan bisa dikerjakan oleh siapa saja. Untuk mahasiswa, ibu rumah tangga atau bagi kamu yang memiliki kerjaan di kantorpun bisa membuka peluang usaha.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga, pasti ingin mencari sebuah bisnis yang cocok dengan diri kamu sendiri, melihat dari segi keahlian, kemampuan dan tentu saja modal yang sekarang dimiliki. Untuk kamu yang sedang dalam masa pencarian bisnis yang cocok untuk menjadi kerjaan sampingan, bisa dibaca 6 usaha sampingan di rumah yang paling banyak diminati ibu rumah tangga.

Kalo yang tadi itu untuk ibu rumah tangga, ada juga peluang usaha yang bisa dijalankan untuk kamu yang sekarang masih seorang mahasiswa atau pekerja kantoran, baca Ini dia 12 Usaha Sampingan yang Paling Banyak Diminati. Semua itu sudah terbukti dengan usaha yang giat dan kesabaran, bisnis-bisnis tadi menjadi peluang besar dalam menambah keuntungan bagi keluarga atau uang jajan bagi para mahasiswa.

Bisnis franchise yang menguntungkan

franchiseindonesia.info

Tetapi untuk saat ini, kali ini yang akan dibahas adalah bisnis franchise atau yang biasa dikenal juga sebagai waralaba. Bisnis ini cukup populer di Indonesia karena mudah dikerjakan dan mudah dalam pengembangannya. Bisnis ini juga bisa dikelola secara kelompok besar ataupun kelompok kecil.


Sebelum itu, Mari Kita Bahas Dulu Apa Sih Bisnis Franchise atau Waralaba


Franchise atau waralaba artinya hal atau kebebasan, secara umumnya masyarakat lebih mengenal dengan sistem distribusi barang atau jasa kepada konsumen dengan pengwaralaba (hak paten pemilik barang) yang diberikan kepada perorangan atau badan usaha yang terkait, unutk melaksanakan bisnis dengan nama, sistem, merek, dengan prosedur yang sudah ditentukan sebelumnya dengan jarak dan waktu tertentu.

Waralaba sendiri sudah dikenal sejak tahun 1850-an yang dikenalkan oleh Isaac Singer (Pembuat mesin jahit yang produknya cukup terkenal di Indonesia) yang kemudian diikuti oleh industri-industri motor besar. Tetapi untuk saat ini, franchise atau waralaba sendiri lebih banyaknya dibidang kuliner daripada produk dalam bentuk barang.

Dalam bidang kuliner sendiri, bisnis franchise yang sudah terkenal seperti MCDonald, Hoka-hoka Bento, Kentucky Fried Chicken. Untuk di Indonesia yang sudah terkenal seperti Alfamart dan Indomaret, Haji bebek slamet dan masih banyak lainnya.


Apakah Benar Bisnis Franchise itu Modalnya Kecil tapi Keuntungannya Besar?


Agak susah menjawab pertanyaan kayak begini. Sebenarnya jawabannya bisa iya dan juga bisa tidak, adanya kedua jawaban yang berbeda tersebut pastinya memiliki alasan tertentu tidak asal dalam menjawabnya.

Yang menyebabkan jawabannya menjadi “ya” karena ada faktor-faktor yang mendukung, seperti modal yang cukup, tempat yang strategis, persaingan yang masih sedikit, produk yang dijual bagus dan memikat, dan memiliki keahlian dalam mengelola bisnis tersebut dan masih banyak alasan lainnya. Bisa jadi juga jawabannya menjadi “tidak” apabila bisnis franchise yang akan kamu jalankan belum memenuhi faktor-faktor diatas.

Bisnis franchise yang menguntungkan

maxmagz.com

Jadi, bagi kamu yang ingin terjun dalam bisnis franchise, harus diperhatikan betul-betul faktor yang diatas tadi. Karena hal ini sangat menentukan sukses atau tidak bisnis yang akan kamu jalankan nantinya, sehingga kamu tidak mendapatkan kerugian yang besar nanti. Sekarang sudah banyak dijual booth portable murah untuk kamu yang ingin berbisnis franchise.


Tips Buat Kamu yang Ingin Bisnis Franchise


Bila kamu sudah membulatkan tekad untuk berbisnis di dunia franchise, maka kamu perlu tips-tips yang jitu untuk dapat menjalankannya dengan mudah. Kami memberikan beberapa saran terbaik untuk kamu yang ingin terjun di dunia bisnis franchise.

1. Walaupun Bisnis franchise itu sudah dapat dipastikan kesuksesannya dengan sistem yang bagus atau cara lainnya atau seperti meniru mitra lainnya, kamu harus menjalankan bisnis tersebut sesuai dengan kemampuan kamu. Apabila kamu memang tidak mampu untuk berbisnis franchise, maka tidak ada salahnya kamu berhenti dari bisnis franchise.

2. Pilihlah bisnis sesuai “isi hati” kamu, bukan asal memilih bisnis yang akan dijalankan atau sekedar ikut-ikutan hanya karena bisnis ini sedang boomingnya. Misalkan saja kamu sebenarnya mempunyai bakat dalam menulis, tetapi karena kamu hanya sekedar penasaran dan ikut-ikutan dengan bisnis franchise, sudah dapat dipastikan kegagalan yang akan segera datang.

3. Menyebarkan promosi tentang produk kepada masyarakat menjadi salah satu kunci utama dalam suksesnya bisnis franchise, karena ini akan membuat masyarakat penasaran dan ingin mencoba produk yang kamu jual.

4. Kamu harus paham tentang kelebihan dan kekurangan dalam bisnis franchise. Seperti apa contohnya? Contohnya seperti bahwa produk yang kamu jual itu harganya lebih mahal dibandingkan toko-toko biasa, lingkungan kamu mungkin tidak terlalu tertarik dengan produk kamu. Jika dari segi kelebihan misalnya seperti bisnis franchise ini dapat berkembang jika promosi dan kualitas produk terus ditingkatkan dan masih banyak lainnya.

Untuk sementara ini saja yang dapat kami sampaikan. Segala sesuatu tidak akan pernah tercapai jika tidak diseriusi dan diusahakan. Walaupun mengalami kegagalan, itu bukanlah akhir. Akhir yang sesungguhnya adalah ketika kamu sudah berusaha, kemudian gagal dan kamu tidak mau melanjutkan usaha tadi.

Kalo kamu lagi cari-cari tempat grosir yang murah, bisa dicek disini grosir murah

Jika kamu mengalami kegagalan, itu merupakan ujian dari Allah SWT agar kamu mengevaluasi diri tentang apa yang sudah kamu lakukan, positif ataupun negatif. Allah SWT tahu apa yang kita inginkan, maka Allah SWT akan mengabulkannya jika kamu meminta dan berusaha.

Barakallah semuanya!!!

You Might Also Like

2 Comments

  1. 1

    kalo kios-kios di desa itu juga termasuk waralaba ya min.. soalnya saya punya warung.

  2. 2

    Iya termasuk, selama itu menghasilkan dana, memberikan layanan kepada publik itulah yang disebut waralaba

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>