Ilmu

10 Cara Terbaik Berbakti Kepada Orangtua

Ketika sudah mulai dewasa maka jangan pernah tinggalkan orangtua begitu saja.

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Santrigaul – Kita lahir ke dunia ini berkat siapa? Pastinya berkat orangtua kita. Kita dapat tumbuh hingga dewasa sampai sekarang berkat siapa? pastinya berkat orangtua. Jika kita adalah seorang anak yang sering diajarkan orangtua tentang berbuat baik, tentunya pasti orang yang paling harus diutamakan dalam mengamalkan kebaikan adalah kepada mereka berdua, ya mereka adalah ayah dan ibu kita.

Dalam ajaran islam, berbakti kepada orangtua merupakan amalan yang paling utama. Dalam menempuh hidup di dunia ini, pastinya setiap orang ingin menjadi orang yang berhasil, di dunia maupun di akhirat nanti kelak. Maka dari itu salah satu untuk mendapatkan keduanya dengan cara berbakti kepada orangtua. Jika kita mendurhakai orangtua maka pasti kita akan tahu adzab yanng akan diberikan.

Berikut 10 tata cara sederhana dalam berbakti kepada orangtua:

1. Lemah Lembut Dalam Bertutur Kata Kepada Orangtua

Senantiasalah berkata secara lemah lembut tatkala berbicara dengan keduanya dan jauhilah berkata dengan nada tinggi, apalagi dengan kata-kata yang kasar.

www.new-muslims.info

Jagalah setiap tutur kata kepada mereka berdua. Senantiasalah berkata secara lemah lembut tatkala berbicara dengan keduanya dan jauhilah berkata dengan nada tinggi, apalagi dengan kata-kata yang kasar. Kepada bos tempat kerja atau pimpinan saja berbicara dengan sopan santun, seharusnya ketika berbicara kepada orangtua lebih sopan lagi. Dalam Al-Qur’an disebutkan:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kalian tidak menyembah kecuali hanya kepada-Nya dan kepada kedua orangtua berbuat baiklah. Jikalau salah satu dari mereka telah memeliharamu dengan benar sampai usia tua atau kedua-duanya maka janganlah engkau mengatakan kepada keduanya “ah” (menolak perintah mereka dengan menyebutkan suara tersebut) dan janganlah engkau bentak kepada keduanya dan berkatalah kepada keduanya dengan perkataan yang mulia.” (Q.S Al Isra’ : 23)

2. Membantu Meringankan Pekerjaan Rumah

Siapa yang tahu apa saja pekerjaan orangtua ketika di rumah? Untuk yang belum tahu, mulai dari urusan kebersihan rumah, kerapihan rumah, urusan perut, dan lainnya sebagai yang kalau disebutkan pastinya banyak. Apalagi seorang ibu yang hampir setiap hari tugas hariannya berada di rumah. Jika kita bertanya kepada ibu kita tentang aktivitasnya di rumah pasti dia akan bingung menjawabnya. Kenapa bingung? Karena pekerjaan di rumah sangatlah banyak. Apakah ibu kita akan mengeluh akan pekerjaannya yang banyak? Tentu tidak, tetapi dia akan sangat senang jika anaknya mau membantu dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumahnya.

3. Gampang-Gampang Di Suruh Membantu Orangtua

Jika orangtua memerintahkan sesuatu kepada kita, yang mana perintah itu mudah untuk dikerjakan oleh kita, maka janganlah menolak atau menunda-nunda perintah tersebut jika memang kita tidak memiliki permasalahan atau urusan lain.

news.byu.edu

Jika orangtua memerintahkan sesuatu kepada kita, yang mana perintah itu mudah untuk dikerjakan oleh kita, maka janganlah menolak atau menunda-nunda perintah tersebut jika memang kita tidak memiliki permasalahan atau urusan lain. Dulu waktu kita masih kecil, kita meminta apa saja kepada orang tua (selama itu baik buat kita) pastinya orangtua tidak akan menolaknya begitu saja. Sekarang kita yang sudah menjadi dewasa ketika oeangtua meminta sesuatu atau meminta tolong masihkah mau menolak?

4. Senantiasa Bersikap Sabar dan Sopan Santun

Tidak hanya sekedar lemah lembut dalam tutur kata, tetapi kelakuan kita haruslah juga sopan santun terhadap mereka. Semisalnya memjawab salam kepada mereka ketika mereka pulang dari suatu tempat, mencium tangan mereka jika hendak pergi ke suatu tempat dan lain-lain. Jauhilah sikap keterlaluan dan kurang ajar kepada mereka berdua.

5. Bersikap Sabar Dalam Merawat Orangtua

Dengan mendengar dan melihatnya langsung kita dapat berpikir bahwa orangtua kita semakin lama semakin bertambah usia mereka, mereka akan kembali lagi ke masa yang mana akan rewel kembali, seperti anak kecil. Ini dipicu oleh kondisi kesehatan yang mulai sudah tidak prima, terkadang semakin rentanya seseorang maka ia akan menjadi lebih sensitiv dan cepat marah. Dalam masa-masa ini kita harus menyikapi dengan sabar dan berusaha untuk menahan diri. Layaknya orangtua kita yang bersabar dalam membesarkan kita ketika kita masih kecil, mereka pun sabar dalam menghadapi kebandelan anak mereka.

6. Berilah Hadiah Terbaik Untuk Mereka

Memberi hadiah bisa berbagai macam, bisa dalam berbentuk barang bisa juga dalam bentuk sebuah yang tidak berbentuk, misalkan prestasi atau kesuksesan ketika sudah dewasa. Hadiah itu tidak harus mahal ataupun susah, cukuplah orangtua itu bangga kepadamu maka itu merupakan sebuah hadiah. Orangtua kita sudah memberikan banyak untuk kita, sekarang apa yang dapat kita berikan kepada mereka, carilah yang terbaik untuk mereka.

7. Tidak menyia-nyiakan Kerja Keras Orangtua

Di zaman sekarang, sudah sering kita temui anak yang tidak menghargai perjuangan orangtuanya dalam mencari nafkah dan menafkahi anak mereka, menyekolahkan, memberikan makan dan pakaian. Namun apa daya masih banyak anak yang maih membolos ke sekolah, menghambur-hamburkan uang, malas belajar, dan lain sebagainya. Sudah sepatutnya sebagai anak untuk tidak menyia-nyiakan itu semua dengan begitu saja. Orangtua akan senang jika usaha mereka dalam mencari nafkah tidak sia-sia berkat prestasi dan kesuksesanmu.

8. Mendoakan Mereka Di Setiap Ibadah

Sudahkah kita mendoakan orangtua hari ini? Jika belum maka doakanlah mereka yang sudah mendoakan di setiap malam katika kita sedang tertidur pulas di atas kasur. Ini dia doanya:

Doa ini merupakan doa untuk meminta ampunan kepada Allah untuk kita dan untuk orangtua kita yang telah mendidik kita sejak kita masih dalam rahim.

www.youtube.com

Doa ini merupakan doa untuk meminta ampunan kepada Allah untuk kita dan untuk orangtua kita yang telah mendidik kita sejak kita masih dalam rahim. Walaupun mereka nanti sudah dipanggil untuk menghadap kepada sang maha pencipta maka doa tersebut tidak akan pernah terputus hingga sampai hari kiamat.

9. Menjaga Silaturrahmi dengan Orantua Ketika Sudah Dewasa

Ketika sudah mulai dewasa maka jangan pernah tinggalkan orangtua begitu saja. Mereka akan merasakan rindu yang sangat jika tidak bertemu dengan anaknya dengan kurun waktu yang lama. Dengan kedatanganmu ke rumah orangtua, kapanpun dan dimanapun itu merupakan sebuah hadiah yang terbaik bagi mereka, apalagi dengan membawa kesuksesan dan prestasi tentunya kesenangan orangtua akan bertambah.

10. Perbanyak Interaksi dengan Orangtua

Jika kita perlu teman untuk mengobrol maka mereka pun juga membutuhkan teman untuk mengobrol. Teman terbaik mereka ketika mengobrol adalah anak-anak mereka. Sempatkanlah untuk mereka berbicara ria, menanyakan tentang keadaan, dan lainnya. Tidak harus menatap mukanya langsung, via telepon juga sudah cukup bagi mereka. Dengan mendengar suaramu yang jauh disana mereka sudah cukup merasa senang.

Untuk selengkapnya klik di sini

Mungkin dari ini semua marilah kita untuk tidak lupa akan jasa-jasa mereka dalam menghidupi kita, memberi semangat kita ketika sedang berjuang, mendoakan kita setiap malam, dan yan paling terpenting ialah tidak mungkin kita bisa hidup di dunia ini tanpa ada mereka berdua, ayah dan ibu.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    kadang ga sengaja ngomong dengan nada tinggi. astagfirullah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>