Agama

Kapan Batas Waktu Sholat Subuh? Ini dia Penjelasannya

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Santrigaul – Sebenarnya kapan ya waktu dimulainya sholat subuh itu? Dan kapan terakhir untuk mendirikan sholat subuh? Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kami saya ajak untuk mengetahui fakta menarik tentang sholat subuh.

Waktu subuh merupakan waktu tersulit bagi setiap orang di dunia ini. Bagi mereka yang mengerti akan manfaat sholat subuh, pasti tidak ingin meninggalkan sekalipun sholat subuh. Sebaliknya jika orang-orang yang tidak mengerti faedah dari sholat subuh, mereka akan dengan sengaja mencari-cari alasan terbaik mereka untuk dapat bangun telat subuh.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya sholat itu merupakan kewajiban yang ditetapkan waktunya bagi kaum yang beriman.” (An-Nisaa: 30)

Istilah lain yang digunakan dalam menyebutkan shalat shubuh ialah shalat fajar. Rasulullah SAW menganjurkan agar mengerjakan sholat subuh di awal waktu dan jangan mengundurkan waktu untuk sholat subuh dengan berbagai macam alasan. Jangan sampai karena hal yang sebenarnya tidak bermanfaat dapat menggeser hal yang wajib.

Keutamaan Sholat Subuh

sholat subuh berjamaah

bujangmasjid.blogspot.com

2 rakaat sebelum shalat subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya

Rasulullah SAW bersabda: “Dua rakaat fajar (sholat sunnah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (H.R Muslim)

Baca juga Sebelum Shalat Shubuh Lakukanlah Satu Amalan Dahsyat Ini

Kapan Dimulainya Sholat Shubuh?

Dalam sebuah hadits, dari Abdullah bin Amir ibnul ‘Ash R.A berkata, Rasulullah SAW ditanya tentang waktu sholat (yang lima), beliau menjawab: “Waktu sholat fajar adalah selama belum terbinya matahari yang awal….” (H.R Muslim no. 1388)

Jadi dapat disimpulkan bahwa sholat subuh atau sholat fajar dapat didirikan sebelum terbitnya matahari dari ufuk timur. Ditandai dengan ufuk timur sudah semakin terang yang bertanda juga berakhirnya sholat shubuh.

Untuk lebih baiknya lagi mendirikannya dan selesainya hari masih terasa gelap. Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah R.A, nabi SAW biasa mengerjakan shalat diwaktu ghalas (sisa waktu malam). Bahkan terkadang beliau selesai sholat fajar dalam keadaan alam sekitar masih dalam keadaan gelap. Sebagaimana ditunjukkan dalam hadits: Aisyah R.A:

“Kami wanita-wanita mukminah ikut menghadiri sholat fajar bersama Rasulullah SAW dalam keadaan berselimut dengan kain-kain kami. Kemudian mereka para wanita-wanita kembali ke rumah-rumah mereka ketika mereka selesai menunaikan sholat dalam keadaan tidak seorang mengenali sekitar mereka karena waktu ghalas (sisa gelapnya malam). (H.R Bukhari no. 578 dan Muslim no. 1455)

Batas Waktu Sholat Subuh

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Dan waktu sholat adalah terbitnya fajar sampai sebelum terbitnya matahari. Maka apabila matahari sudah terbit berhentilah dari shalat karena matahari itu terbit diantara dua tanduk syaitan.” (H.R Muslim)

Jadi batas untuk mendirikan sholat subuh ialah ketika matahari mulai terbit. Untuk laki-laki sangat ditekankan untuk dapat mendirikan sholat 5 waktu di masjid. Banyak yang bertanya, bagaimana jika bangunnya telat?

matahari terbit

af-vendiant.blogspot.com

Jika bangun telat bersegeralah untuk mendirikan sholat dan jangan menunda-nunda dan usahakan agar tidak telat bangun lagi dikeesokan harinya. Hitungan sholat pada pukul 5 atau bahkan 5.30 itu sudah terhitung telat dalam mendirikan sholat. Hindari pekerjaan lembur jika takut akan bangun subuh telat, karena lembur, karena lembur dapat mengakibatkan penyakit insomnia.

Baca juga 9 Cara Mengatasi Susah Tidur

Jika benar-benar tidak sengaja bangun pagi telat, maka tidak mengapa sholat waktu habis bangun tersebut dengan niat sholat subuh, walaupun matahari sudah terbit.

Semoga dengan ini dapat memberitahu kita agar tidak telat dalam sholat, tidak terlalu awal dalam mendirikan sholat dan tidak meninggalkan sholat fajar begitu saja. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

You Might Also Like

7 Comments

  1. 1

    Apakah Anda ingin mencari JAM untuk MASJID anda? Spek :
    1. JADWAL ABADI
    2. “BEEP” TIAP MASUK WAKTU SHOLAT
    3. ADA JEDA IQOMAH
    4. ADA RUNNING TEXT
    Di sini Kami menyediakannya.
    Silakan kunjungi website kami di :

    http://www.tauqolyabadi.com/

  2. 2

    Terima kasih penawarannya, semoga nanti jualannya banyak yang minat 😀

  3. 3
    [email protected]

    Assalamu’alaikum ustad. Maaf mau nanya, apakah shalat subuh pada pukul 5 atau selesainya subuh pada pukul 05.17wib, sedangkan waktu terbit adalah 05.28wib. Apakah itu sudah telat dan shalat subuhnya tidak terhitung? Terima kasih

  4. 4

    Wa’alaikumsalam Wr Wb
    Inshaallah belum terhitung telat kok, selama niatnya sholat shubuh, maka inshaallah akan tetap terhitung sebagai sholat shubuh. Untuk masalah diterima atau tidaknya sholat shubuh tersebut, itu urusan sang Ilahi.

    Ada juga kasus telat bangun sampai pukul 6 pagi lebih, bolehkah tetap melaksanakan sholat shubuh? Tetap boleh kok, tetapi kembali dari awal, untuk masalah diterima atau tidaknya sholat tersebut, itu urusana sang Ilahi. Selama niatnya sholat shubuh, maka akan terhitung sebagai sholat shubuh. Dan ingat, jangan sampai tidak sholat walaupun sudah terhitung telat, walaupun begitu ini hanyalah rukhsoh (keringanan) bagi yang secara tidak sengaja telat bangun. Jangan sampai karena ada rukhsoh tersebut, sengaja telat shubuh. Maka hal itu kembali kediri masing2, bangun shubuh aja masih susah apalagi bangun keluarga 😀

  5. 5

    Alhamdulillah. Sukron ustad atas jawabanya

  6. 6

    Saya mau tanya. saya kan lagi belajar solat namun saya tidak hafal baca qunut. lalu gimana itu. apa saya tidak membaca nya

  7. 7

    Doa qunut itu sunnah kok, jadi tidak perlu dipermasalahkan. Yang paling penting adalah mengerjakan rukun-rukunnya beserta yang wajibnya itu sudah cukup. Kalaupun bacaan qunut ada beberapa golongan yang mewajibkan bukan berarti ketika tidak membaca mendapatkan dosa ya, ada juga beberapa golongan agama yang tidak menganjurkan membaca qunut.

    Wallahu a’lam bisshowab

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>