Cerita, Ilmu

Arti Kata Baper di Dalam Kamus Gaul Anak Muda

Santrigaul.net -Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan kata baper, seperti penjelasan diatas tadi bahwa kata ini sudah sangat umum di media sosial atau percakapan pada umumnya. Yang menjadi pertanyaan besar adalah apa maksud dari pengucapan baper itu? Apa sih funsi kata baper dalam sebuah percakapan? Itu bahasa diambil dari bahasa mana? Dan masih banyak pertanyaan lainnya. Yang penting pertanyaan tadi itu yang paling umum ditanyakan.

Arti Baper Secara Singkatan

Kali ini santrigaul.net akan menjelaskan tentang arti dari baper secara detail. Baper sendiri merupakan singkatan dari “Bawa Perasaan”. Maksudnya disini adalah kamu melakukan sebuah percakapan tetapi dengan cara bicara yang dibuat sedih, marah, atau lainnya. Yang penting bawa perasaan deh.

Ada juga tingkatan dalam pengertian dari baper sendiri. Terdapat 4 tingkatan dalam pengertian baper, yaitu dalam segi bahasa, istilah, contoh-contoh percakapan yang baper, dan yang terakhir video yang baper. Untuk video tidak ditampilkan karena terdapat beberapa adegan yang tidak pantas untuk ditonton, udah dicari tapi kebanyakan mengumbar aurat dan lebih cenderung ke masalah pacaran, padahal dalam islam pacaran itu tidak boleh.

Baca juga: Mengapa Dalam Islam Melarang Pacaran? Ini Jawabannya.

Arti Baper dalam Segi Bahasa

Penjelasan arti baper dalam berbagai macam segi

www.youthmanual.com

Disini lebih terinci lagi nih. Baper itu bawa perasaan, sehingga dalam percakapan nanti akan timbul hal seperti terlalu serius, sensitif, melebih lebihkan, menyepelekan hal kecil, dan memaknai sesuatu dengan perasaan.

Arti Baper dalam Segi Istilah

Mungkin yang diatas tadi belum bisa dicerna dengan baik di dalam otak, oke ini ada penjelasan yang lebih detail lagi.

Dalam bahasa sehari-hari, terjemahan baper adalah dimana keadaan seseorang yang menanggapi sesuatu secara berlebihan, padahal itu merupakan hal yang sepele. Contohnya seperti ketika kamu memberikan candaan kepada teman kamu, tetapi ternyata teman kamu ini nganggapnya sebuah ejekan sehingga teman kamu itu merasa sakit hati dan mulai menjauhi kamu. Kemudian setiap mendengar kalimat tadi, kamu merasa seperti tertindas dan tidak terima atas ejekan tadi, padahal cuma bercanda.

arti dari baper beserta penjelasannya lengkap

4.bp.blogspot.com

Intisarinya adalah “Terlalu diambil hati”. Maksudnya setiap ucapan yang terdengar membuat seseorang teringat akan masa lalu yang pedih ataupun senang. Hanya dengan melihat suatu benda seperti foto membuat seseorang teringat masa lalunya.

Orang yang suka serius dalam menanggapi sesuatu akan mudah terkena penyakit baper, karena akan mudah diambil hatinya hanya karena masalah sepele. Contohnya aja ketika teman kamu yang ingin bertanya masalah pelajaran ke teman cewek, ketika didekati eh ternyata muka cewek tadi jadi memerah. Mungkin saja dikira teman kamu tadi pengen PDKT sama cewek yang ingin ditanya tadi, padahal cuma pengen nanya pelajaran doang.

Contoh Baper Dalam Percakapan

Mungkin kamu masih belum paham ya apa itu baper. Berikut contoh-contohnya dalam percakapan sehari-hari.


Dhimas : Hai Rizal, kenapa ente?
Rizal : Lagi sedih mas, galau banget ane!
Dhimas : Emangnya kenapa? Nyampe galau gitu.
Rizal : Itu lho, kemarin ane lihat tunangan ane jalan bareng sama laki-laki lain. Sakit tau ngelihatnya.
Dhimas : Ah, masa?
Rizal : Iya, ini ane foto dari belakang (sambil nunjukin gambar).
Dhimas : (Ngelihat foto tersebut, sambil fokus ke laki-laki tadi).Yaelah, baper banget sih ente tuh, dia itu kakaknya. Wajarlah kalo jalan bareng.


 


Raka : Gue pusing mikirin istri gue, kemarin sempet bertengkar kecil dirumah.
Dhika : Emangnya kenapa elo sama istri?
Raka : Kemarin pas di dapur gue bercanda sama pembantu masalah kebersihan rumah. Bercanda doang aja, tapi entah mengapa kayaknya istri gue merasa kesindir gitu.
Dhika : Berarti istri elo baper banget tuh.


 


Anto : Panji, ane pinjem duit nte dong, 50 ribu doang.
Panji : Doang-doang, doangnya itu lho.
Anto : Yaelah pelit banget nte, lagian ane juga butuh tuh duit.
Panji : Nyantai bro, gak baper gitu. Bercanda doang tadi. Nih duitnya, balikin lho.


Mungkin ini saja yang bisa disampaikan. Sedikit pesan yaitu bahwa jangan mudah serius dalam menghadapi segala perkara. Cerna terlebih dahulu permasalahan tersebut dan jangan sampai salah langkah dalam menyelesaikan masalah. Sifat baper sendiri sebenarnya banyak tidak suka, maka dari itu hindari sifat mudah untuk terlalu berlebihan dan terlalu dimasukkan dihati. Barakallah semuanya.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    thanks infonya, sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>