Cerita, Ilmu, Rubrik santri

Apa Itu Sebenarnya Cinta? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Santrigaul.net – Cinta itu apa sih?

Mungkin bagi orang yang sudah beranjak dewasa agak susah dalam menjawab pertanyaan tersebut. Biasanya yang bertanya adalah anak-anak yang merasakan perasaan yang berbeda ketika bertemu dengan lawan jenis.

Dulu saya pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini dari salah satu teman Facebook, dia seorang perempuan dan umurnya lebih tua 4 tahun dari saya. Ketika itu saya masih umur 17 tahun dan masih termasuk polos dan belum mengenal apa itu cinta. Pertanyaan yang diajukan langsung 3 berturut-turut,

  • Apa itu cinta?
  • Bolehkah kita sebagai seorang muslim merasakan cinta?
  • Apa yang harus dilakukan jika kita merasakan cinta?

Baiklah kali ini akan dicoba dijelaskan satu persatu.

Apa Itu Cinta?

Cinta adalah emosi yang berawal dari rasa kasih sayang yang sangat kuat dan ada ketertarikan pada suatu objek, bisa manusia, hewan, tumbuhan, dan berbagai macam benda lainnya. Cinta itu akan menyebabkan kamu memiliki rasa untuk empati, perhatian, kasih sayang, dan cenderung ingin berkorban dan selalu ingin mengikuti apapun yang diinginkan oleh objek yang dicintai.

Apa itu sebenarnya cinta

www.msruntheus.com

Sebenarnya cinta itu sendiri sangatlah susah untuk didefinisikan, karena cinta itu merupakan sifat yang subjektif dan setiap orang pastinya memiliki penjelasan yang berbeda-beda, itu tergantung dari pengalaman yang pernah dialami dan cara menghayatinya.

Tetapi, umumnya cinta itu merupakan sebuah perasaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada sepasang manusia agar mereka saling memiliki, saling mengerti, saling memenuhi dan saling mencintai.

Karena kita sebagai manusia, maka definisi apa itu cinta tidak jauh dari perasaan seseorang terhadap lawan jenisnya karena ketertarikan terhadap sesuatu. Sesuatu disini maksudnya bisa melalui wajah, sifat atau lainnya.

Pada umunya juga, perasaan cinta itu diungkapkan kepada:

  • Keluarga
  • Teman-teman
  • Kekasih yang lawan jenis
  • Sesama manusia
  • Terhadap dirinya sendiri
  • Terhadap agamanya
  • Terhadap sebuah konsep tertentu
  • Terhadap negaranya
  • Dan masih banyak lagi
Cinta itu karunia dari Allah

commons.wikimedia.org

Seperti yang disebutkan diatas bahwa cinta itu tidak bisa dijelaskan begitu saja, akan ada banyak sekali definisi dari cinta. Tetapi ada juga yang menyetujui tentang apa itu cinta yang sebenarnya.

  1. Cinta itu merupakan karunia Allah SWT yang diberikan kepada sepasang manusia agar saling memiliki, saling memenuhi ketika ada yang kurang, saling pengertian dan tentu saja saling mencintai.
  2. Cinta adalah perasaan seseorang terhadap lawan jenis, penyebab ketertarikan tersebut karena ada sesuatu yang dimiliki oleh lawan jenis tersebut (seperti wajah, sifat dan lainnya).
  3. Cinta itu merupakan sebuah perasaan yang hangat sehingga membuat kamu sadar bahwa berharganya kamu, sehingga kita juga sadar ada berharga juga yang harus dilindungi.
  4. Rasa cinta tidak ada yang tahu kapan dia datang dan kapan dia pergi, bahkan sang pemilik perasaan tersebut.
  5. Cinta itu banyak sekali artinya, yang penting adalah bagaimana kamu menempatkan rasa cinta itu dalam kehidupan sehari-hari.

Arti Cinta dalam Ilmu Psikologi

Apa itu cinta menurut pandangan psikologi

pijarpsikologi.org

Dalam ilmu yang resmi yaitu psikologi, cinta itu dibagi menjadi 3 bagian yaitu cinta karena nafsu, cinta pragmatis dan altruistik.

Cinta Karena Nafsu

Cinta itu mengakibatkan ada perasaan yang membuat kamu tidak bisa mengontrol emosi, sehingga emosi tersebut mengontrol akal sehat seseorang yang menyebabkan terjadinya kelakuan-kelakuan secara spontan hasil dari rangsangan emosi yang berlebihan.

Cinta Pragmatis

Cinta pragmatis adalah cinta yang menyeimbangkan antara dua orang, rasa suka maupun duka menjadi penyeimbang rasa cinta.

Cinta Altruistik

Cinta ini terjadi biasanya antara seorang ibu dengan anaknya, antara rasa cinta disertai dengan rasa kasih sayang yang tidak ada batasnya. Walaupun ibu kita selalu terlihat kesusahan mengurusi kita, tetapi dia tetap sayang kepada kita.

Cinta ini datang dari rasa emosional dan rasional, cinta ini tidak bisa diperkirakan kedatangannya. Permisalan lainnya adalah rasa cinta yang datang karena pandangan pertama, walaupun kamu belum tentu bisa memilikinya bahkan membuatnya bahagia tetapi kamu masih dapat mencintainya.

Bolehkah Kita Sebagai Seorang Muslim Merasakan Cinta?

Tentu saja, seperti yang dijelaskan diatas bahwa cinta itu karunia yang diberikan kepada Allah SWT kedapa setiap hambanya yang ada di dunia.

apa itu arti cinta sesungguhnya

www.majorleaguedating.com

Ada sebuah cerita tentang mahasiswi disebuah universitas di Mesir yang mengirimkan surat kepada Syeikh Buty Rahimahullah. Mahasiswi tersebut curhat kepadanya bahwa dia sedang tertarik keapda seorang mahasiswa dan dia siap menikahi mahasiswa tersebut.

Yang membuat dia gelisah adalah, apakah dia berdosa jika dia sering membayangkan pujaan hatinya?

Beliau Syeikh Buty Rahimahullah menjawab:

“Cinta itu adalah perasaan yang masuk dalam hati tanpa sengaja, persis seperti lapar, haus dan perasaan lainnya, perasaan seperti itu tidak masuk dalam halal-haram, selama tidak ada implementasi dengan tindakan-tindakan negatif.

Dan menurut saya, daripada kamu galau, lebih baik kamu meminta keluargamu atau sahabat dekatmu yang kamu percayai untuk menyampaikan perasaan itu kepada pemuda yang kamu sukai itu. Hal demikian bukanlah sesuatu yang hina atau dosa selama cara penyampaiannya baik dan sopan.

Kalau kamu berat, atau tidak berani, saya siap menjadi perantara, silahkan kamu kirim nama dan alamat pemuda itu beserta nama dan alamat kamu ke saya, nanti akan saya sampaikan perasaan kamu”.

“Ingat, Islam itu tidak melarang jatuh cinta, yang dilarang adalah tindakan-tindakan negatif yang kamu lakukan atas nama cinta”.

Dari kisah diatas, bisa kamu ambil intisarinya adalah bahwa islam tidak melarang jatuh cinta, tetapi yang dilarang adalah kamu melakukan hal-hal yang negatif dengan mengatas namakan cinta. Cinta itu karunia Allah SWT, maka jangan kamu kotori karunia tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kita Merasakan Cinta?

Nah jika kita memang sudah merasakah cinta, jangan sampai kita melakukan hal-hal yang negatif ya.

Apa arti dari cinta

play.google.com

Jika memang kita tidak sanggup untuk menyatakan cinta, cukuplah kita menyimpannya dalam hati. Perbanyaklah berdoa agar suatu saat nanti dia yang kita cintai dapat benar-benar membawa kita keatas pelaminan. Kita juga bisa berkonsultasi dengan keluarga atau teman apa yang harus dilakukan dengan perasaan cinta tersebut.

Semoga artikel diatas bisa menambah pemahaman kita tentang apa itu cinta. Kesimpulan umumnya adalah cinta itu dapat mempengaruhi emosi jika kita tidak mengendalikan emosi tersebut. Cinta itu tidak dilarang selama tidak melakukan hal-hal yang negatif dengan atas nama cinta.

Tetapi, ingatlah Zat yang harus pertama kali kamu cintai adalah Allah SWT. Dialah yang telah memberikan karunia cinta, maka sepatutnya kita mencintai Allah SWT untuk yang pertama. Yang kedua adalah Utusan terakhirnya yaitu Rasulullah SAW, jika beliau tidak ada, mungkin sekarang arti cintamu tidak akan didasari atas nama Allah SWT yang Esa.

Dengan ini semoga kita semua dapat mendapatkan pemahaman yang cukup dan pasangan yang pantas untuk masa depan kita nanti. Karena cinta yang dimaksudkan di atas cinta kepada sesama manusia. Barakallah semuanya.

You Might Also Like

5 Comments

  1. 1

    Sebwlumnya saya ingin meninta maaf,saya mendapati satu kata yang salah pada artikel anda yaitu anda menulis bahwa makhluk pertama yang kita cintai adalah allah,jadi disitu ditulis seolah olah bahwa bahwa allah itu makhluk,padahal seperti yang kita ketahui bahwa allah adalah tuhan kita,seharusnya anda dapat menuliskan bahwa yang kita seharusnya nomor satu yang harus kita cintai didunia ini adalah tuhan kita allahswt,
    Terima kasih
    Mungkin masukan ini dapat membuat anda lebih dapat di terima oleh penulis
    Barakallah fii umrik

  2. 2

    Terima kasih atas nasihatnya, akan segera saya perbaiki

  3. 3

    Apa daya, org yg Ana sukai tepat hari ini sdg melagsungkan pernikahan. 🙁

    Semoga mereka bahagia…
    *maaf ya… Curcol sedikit.

    Tapi, tulisan anda mmg keren. Terimakasih banyak ^_^

    Cuma yg kurang ‘sreg’ menurut Ana ya… Sama seperti pengomentar yg pertama 😀
    Sekali lagi terimakasih ^_^

  4. 4

    Terima kasih gan atas koreksiannya, segera saya revisi

  5. 5

    thanks gan gan already cation solution.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>